4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023

Tiga pemain mencetak gol bagi Senegal

Piala Afrika 2023 diramaikan oleh banyak pemain dari klub-klub Ligue 1 Prancis. Salah satu klub Ligue 1 yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Piala Afrika 2023 adalah Olympique Marseille. Tak tanggung-tanggung, ada tujuh pemain Marseille yang dibawa serta negaranya ke turnamen tersebut.

Pemanggilan para pemain tersebut memang tidak mengherankan. Sebagian besar dari mereka adalah andalan di timnas negaranya masing-masing. Terbukti, di fase grup Piala Afrika 2023, hampir semua pemain Marseille tersebut sudah tampil. Bahkan, ada empat pemain yang sukses mencetak gol.

1. Pape Gueye mencetak gol perdana Senegal di Piala Afrika 2023

4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023Pape Gueye (instagram.com/fsfofficielle)

Dari tujuh penggawa Marseille yang dibawa ke Piala Afrika 2023, tiga di antaranya adalah pemain Timnas Senegal. Hebatnya, ketiganya sukses mencetak gol di fase grup. Yang pertama melakukannya adalah Pape Gueye, gelandang bertahan andalan Senegal. Gueye tampil sebagai starter dalam tiga laga Senegal di fase grup dan sempat menyumbang satu gol.

Gueye bahkan menjadi pencetak gol perdana Senegal di Piala Afrika 2023. Ia merobek gawang Gambia pada matchday pertama Grup C saat laga baru berjalan 4 menit. Bagi Gueye, itu adalah gol pertamanya bersama timnas sejak mulai debut pada 2021. Senegal sendiri mencetak dua gol tambahan pada laga tersebut hingga akhirnya menang 3-0.

2. Ismaila Sarr membuka kemenangan Senegal atas Kamerun

4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023Ismaila Sarr (instagram.com/fsfofficielle)

Pada matchday kedua Grup C, Senegal kembali meraih kemenangan. Kali itu, mereka menundukkan Kamerun dengan skor 3-1. Gol pembuka Senegal pada laga tersebut terjadi pada menit ke-16. Uniknya, pencetaknya pun adalah pemain Marseille, yaitu Ismaila Sarr.

Sarr melakukan tembakan keras yang menembus jala Kamerun usai terkena pemain belakang lawan. Itu menjadi gol ketiga Sarr di ajang Piala Afrika. Sebelumnya, Sarr sudah berpengalaman mencetak gol di Piala Afrika dalam dua edisi. Saat Senegal juara Piala Afrika 2021, Sarr membuat satu gol meski saat itu tak menjadi pemain inti.

Kini, Sarr sudah menjadi pemain kunci Senegal. Kontribusi winger 25 tahun itu amat penting, tak hanya dalam membuat gol tetapi juga assist. Terbukti, selain 1 gol, Sarr juga membuat 2 assist di fase grup Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 5 Pengoleksi Caps Terbanyak yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2023

3. Iliman Ndiaye turut membawa Senegal mengalahkan Guinea pada laga terakhir grup

4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023Iliman Ndiaye (instagram.com/fsfofficielle)

Berikutnya ada Iliman Ndiaye, gelandang serang Senegal berusia 23 tahun. Ndiaye baru mulai membela Timnas Senegal sejak pertengahan 2022. Masih minim pengalaman, Ndiaye pun belum banyak diandalkan Senegal. Ia tampil dalam tiga partai fase grup Piala Afrika 2023, tetapi selalu sebagai pemain pengganti.

Meski demikian, Ndiaye sempat unjuk gigi pada matchday terakhir grup melawan Guinea. Ia mencetak gol di pengujung laga yang mengunci kemenangan Senegal dengan skor 2-0. Hasil tersebut sekaligus memastikan Senegal menjadi satu-satunya tim yang selalu menang di fase grup Piala Afrika 2023.

4. Azzedine Ounahi mencetak gol pertamanya di Piala Afrika saat Maroko melibas Tanzania

4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023Azzedine Ounahi (instagram.com/azzedine_ounahi)

Satu lagi pemain Marseille yang sempat mencetak gol di fase grup Piala Afrika 2023 adalah Azzedine Ounahi. Ounahi cukup diandalkan di lini tengah Marseille meski baru bergabung pada 2023/2024. Di Timnas Maroko, peran Ounahi malah lebih krusial lagi. Ia menjadi starter dalam ketiga partai Maroko di Grup F Piala Afrika 2023.

Ounahi pun sempat mencetak gol pada matchday pembuka grup kontra Tanzania. Gol Ounahi menjadi torehan kedua timnya malam itu. Sementara, bagi Ounahi sendiri, itu adalah gol pertamanya di ajang Piala Afrika. Pada akhirnya, kontribusi Ounahi dalam tiga laga turut mengantarkan Maroko lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F.

Empat pemain Marseille di atas sukses mencetak gol di fase grup Piala Afrika 2023. Mereka juga meloloskan timnya ke babak 16 besar sekaligus membuka kans juara. Jika mampu berprestasi di Piala Afrika 2023, keberhasilan mereka pasti juga akan berimbas positif bagi Marseille.

Baca Juga: Profil Azzedine Ounahi, Pemain Maroko yang Diincar Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya