6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen Terbaru

Dua pemain masih berkarier di Serie A

Napoli bermain imbang 1-1 dengan Torino pada pekan ke-28 Serie A Italia 2023/2024. Hasil itu mengecewakan bagi Napoli yang bertindak sebagai tuan rumah. Apalagi, I Partenopei sedang berusaha kembali ke empat besar klasemen. Namun, laga itu tetap bermakna spesial bagi bintang Napoli asal Nigeria, Victor Osimhen.

Osimhen mencatat penampilan ke-100 di Serie A pada laga kontra Torino tersebut. Sang striker berusia 25 tahun itu pun menjadi pemain Nigeria terbaru yang tampil seratus kali di Serie A. Sejauh ini, sudah ada enam pemain Nigeria yang pernah mencapai jumlah tersebut.

Inilah 6 pemain Nigeria dengan 100 penampilan di Serie A.

1. Christian Obodo tampil 196 kali di Serie A, terbanyak di antara semua pemain Nigeria

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruChristian Obodo (instagram.com/obodo.5)

Christian Obodo adalah pemain Nigeria dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A Italia. Obodo yang merupakan eks gelandang bertahan memang mengawali kariernya di Serie A. Ia mulanya membela Perugia pada 2001–2004. Kemudian, Obodo lanjut membela Fiorentina dan Udinese. Ada pula Lecce yang sempat ia bela sebagai pemain pinjaman.

Secara keseluruhan, Obodo berkarier di Italia selama 11 tahun. Ia mencatat total 196 penampilan di Serie A dengan sumbangsih 9 gol dan 10 assist. Namun, karena hanya membela klub-klub semenjana, Obodo tak meraih prestasi berarti di Serie A.

2. Joel Obi mencatat 142 penampilan di Serie A, termasuk 50 laga bersama Inter Milan

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruJoel Obi (instagram.com/joelobi22)

Berikutnya, ada Joel Obi, gelandang Nigeria jebolan akademi Inter Milan. Obi berseragam Inter Milan pada 2010–2015 dan mencatat 50 penampilan di Serie A. Bersama Nerazzurri, Obi turut memenangi tiga trofi. Ketiga trofi itu adalah Coppa Italia 2010/2011, Piala Super Italia 2010, dan Piala Dunia Antarklub 2010.

Selain Inter Milan, Obi juga sempat berseragam Parma, Torino, Chievo Verona, dan Salernitana. Ada total 142 laga yang dilakoni Obi di Serie A bersama lima klub. Kini, Obi yang berusia 32 tahun masih aktif bermain di Serie C Italia.

3. Stephen Makinwa mengoleksi 120 penampilan di Serie A bersama enam klub

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruStephen Makinwa (instagram.com/stephen_makinwa)

Sementara, Stephen Makinwa pernah berseragam enam klub di Serie A. Salah satunya adalah Lazio, yang ia bela pada 2006–2012. Sebagian besar penampilan Makinwa di Serie A pun terjadi bareng Lazio. Selain itu, Makinwa juga pernah membela Palermo, Atalanta, Modena, Chievo Verona, dan Reggina.

Bersama enam klub, Makinwa mengoleksi total 120 penampilan di Serie A. Sayangnya, catatan gol Makinwa terbilang minim meski berposisi striker. Ia hanya pernah membuat 16 gol di Serie A dalam 9 musim. Makinwa juga tak mendapat prestasi berarti selama bermain di Italia.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Pekan Ke-28 Serie A 2023/2024

4. Nwankwo Simy sudah tampil 111 kali di Serie A dan masih bisa bertambah

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruNwankwo Simy (instagram.com/simy_official_99)

Daftar ini juga mencakup dua pemain Nigeria yang masih aktif di Serie A 2023/2024. Selain Victor Osimhen, ada Nwankwo Simy, striker Salernitana. Simy malah sudah lebih dulu mencapai seratus penampilan di Serie A dibanding Osimhen. Sejauh ini, Simy telah melakoni 110 laga di Serie A.

Sebagai striker, Simy juga pernah bersinar karena ketajamannya di Serie A. Pada 2020/2021, Simy mencetak 20 gol di Serie A bersama klubnya saat itu, Crotone. Sayangnya, sejak mulai membela Salernitana pada 2021, catatan gol Simy menurun drastis. Sejauh ini, ia baru mencetak 2 gol bagi Salernitana di Serie A, termasuk 1 gol pada 2023/2024.

5. Ola Aina mencatat 102 penampilan di Serie A, semuanya bersama Torino

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruOla Aina (instagram.com/olaaina)

Ola Aina juga belum lama ini aktif bermain di Serie A. Ia berseragam Torino pada 2019–2023, awalnya sebagai pinjaman dari Chelsea. Karena sukses jadi andalan selama dipinjam, Aina pun dipermanenkan Torino.

Selama berseragam Torino, Aina mencatat 113 penampilan, termasuk 102 laga di Serie A. Ia juga sempat menyumbang 2 gol dan 6 assist bagi Il Toro. Kini, Aina sudah kembali ke Inggris dan memperkuat Nottingham Forest.

6. Victor Osimhen sudah genap melakoni seratus laga di Serie A

6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen TerbaruVictor Osimhen (instagram.com/officialsscnapoli)

Victor Osimhen menjadi pemain Nigeria terbaru yang sukses menembus seratus penampilan di Serie A. Ia mencapai jumlah itu dalam waktu yang cukup singkat, yaitu tak sampai 4 tahun. Sejak bergabung ke Napoli pada musim panas 2020, Osimhen memang langsung menjadi andalan di lini depan.

Hasilnya luar biasa. Osimhen sukses menghiasi 100 penampilan di Serie A dengan 61 gol dan 16 assist. Ia juga membawa Napoli juara Serie A 2022/2023 sembari meraih gelar top skor. Osimhen pun menjadi pemain Afrika pertama yang pernah menjadi top skor Serie A.

Jumlah penampilan dan gol Osimhen di Serie A kemungkinan besar akan terus bertambah. Ia masih memiliki kontrak hingga 2026 dengan Napoli. Jika terus bertahan, bukan mustahil Osimhen bakal melewati rekor penampilan Christian Obodo di Serie A.

Sudah ada enam pemain Nigeria yang berhasil mencapai seratus penampilan di Serie A Italia. Adakah nama lain yang mampu menyusul mereka?

Baca Juga: 5 Klub Serie A Italia yang Terancam Degradasi per Awal Maret 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya