5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah Juara

Ada legenda Liverpool

English Premier League (EPL) adalah format divisi utama Liga Inggris yang dimulai sejak 1992/1993. Selama lebih dari 30 tahun berjalan, sudah ada banyak rekor yang tercipta. Salah satunya rekor penampilan terbanyak yang saat ini masih dipegang Gareth Barry dengan 653 laga.

Tak hanya banyak tampil, Gareth Barry juga pernah mengangkat trofi juara Premier League. Begitu pula dengan banyak pemain lain yang mengoleksi ratusan penampilan di EPL. Namun, jumlah penampilan memang tak selalu berbanding lurus dengan prestasi.

Di daftar sepuluh besar pemain dengan penampilan terbanyak di EPL, lima di antaranya tak pernah jadi juara. Siapa saja mereka?

1. David James (572 penampilan)

5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah JuaraDavid James (mancity.com)

David James adalah penjaga gawang dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Premier League. Kiper asal Inggris itu punya koleksi total 572 penampilan di EPL. Jumlah itu ia ukir bersama lima klub, termasuk Liverpool dan Manchester City.

Sayangnya, James tak pernah berhasil membawa klubnya juara Premier League. Capaian terbaiknya di EPL hanyalah peringkat ketiga saat membela Liverpool. Namun, setidaknya James pernah meraih trofi Piala FA dan Piala Liga dalam kariernya.

Baca Juga: Perjalanan Manchester City Salip Arsenal Menuju Gelar Premier League

2. Gary Speed (535 penampilan)

5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah JuaraGary Speed (twitter.com/NUFC)

Gary Speed adalah gelandang asal Wales yang melegenda bersama Leeds United. Selain itu, Speed juga pernah berseragam Everton, Newcastle United, dan Bolton Wanderers. Total 535 penampilan dimainkan Speed di EPL, tetapi ia tak pernah jadi juara.

Sebenarnya, Speed sempat juara divisi utama Liga Inggris bersama Leeds United pada 1991/1992. Namun, format Premier League baru dimulai pada musim berikutnya. Alhasil, meski pernah juara liga, Speed tak punya gelar juara Premier League dalam kabinet trofinya.

3. Emile Heskey (516 penampilan)

5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah JuaraEmile Heskey (liverpoolfc.com)

Berikutnya ada Emile Heskey, striker top Inggris yang pernah membela Liverpool. Heskey memperkuat Liverpool pada 2000–2004 dan turut memenangi enam trofi. Sayangnya, itu tidak termasuk trofi EPL karena pada masa itu The Reds kesulitan bersaing di liga domestik.

Di samping Liverpool, Heskey pernah membela empat klub lain di EPL. Total penampilan Heskey di EPL adalah 516 laga dengan 110 gol. Dengan demikian, Heskey juga tercatat sebagai salah satu pemain tertajam EPL yang tak pernah jadi juara.

4. Mark Schwarzer (514 penampilan)

5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah JuaraMark Schwarzer (premierleague.com)

Ada lagi kiper yang pernah tampil ratusan kali di Premier League tanpa juara. Ia adalah Mark Schwarzer, eks penjaga gawang asal Australia. Dengan total 514 penampilan, Schwarzer adalah pemain non-Britania Raya yang paling banyak bermain di EPL.

Sayangnya, Schwarzer tidak pernah tercatat sebagai peraih trofi EPL. Padahal, ia sempat dua kali jadi anggota skuad tim juara EPL. Schwarzer bermain untuk Chelsea pada musim 2014/2015 dan Leicester City pada 2015/2016.

Pada kedua musim tersebut, klub yang dibela Schwarzer sukses juara EPL. Namun, ia tidak turut memenangi gelar karena sama sekali tidak bermain di EPL. Schwarzer pun hanya punya raihan satu trofi di Inggris, yaitu Piala Liga 2003/2004 bersama Middlesbrough.

5. Jamie Carragher (508 penampilan)

5 Pemain Penampilan Terbanyak di EPL yang Tak Pernah JuaraJamie Carragher (liverpoolfc.com)

Terakhir, ada Jamie Carragher, bek pengoleksi 508 penampilan di Premier League. Seluruh catatan itu dimainkan Carragher bersama Liverpool medio 1996–2013. Dengan total 737 laga di semua ajang, Carragher bahkan menjadi pemain Liverpool dengan penampilan terbanyak kedua sepanjang masa.

Selama berseragam Liverpool, Carragher berhasil memenangi sebelas trofi. Sayangnya, ia tak pernah bisa merengkuh trofi Premier League. Raihan terbaik Carragher di EPL adalah membawa Liverpool jadi runner-up pada 2001/2002 dan 2008/2009.

Meski tampil hingga ratusan kali, lima pemain di atas tak pernah menjuarai EPL. Namun, setidaknya jumlah penampilan mereka di EPL bisa jadi bukti kualitas mereka yang luar biasa.

Baca Juga: 6 Pelatih dengan Trofi Liga Inggris Terbanyak Sepanjang Sejarah

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya