5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada satu pemain yang masih aktif bermain

Banyak sekali pemain berposisi gelandang yang berkiprah di English Premier League (EPL). Beberapa berkarier lama sekali di sana. Performa apik membuat mereka bisa berkarier lama hingga mengukir prestasi individu.

Sepanjang sejarah, ada sederet gelandang yang memiliki catatan pertandingan terbanyak di Premier League. Itu termasuk James Milner yang masih aktif bermain bersama Liverpool.

1. Gareth Barry (653)

5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueGareth Barry (mancity.com)

Gareth Barry merupakan pemain berposisi gelandang bertahan. Pemilik 53 caps bersama Timnas Inggris ini berasal dari akademi Aston Villa. Barry juga mengabdi cukup lama bersama Aston Villa.

Klub-klub lain yang pernah dibela Gareth Barry di antaranya Manchester City, Everton, dan West Bromwich Albion. Ia sukses menorehkan 653 pertandingan dengan mencetak 53 gol dan 66 assist di Premier League bersama mereka.

2. Ryan Giggs (632)

5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueRyan Giggs (manutd.com)

Ryan Giggs menjadi satu-satunya pemain loyal yang ada dalam daftar ini. Pasalnya, Giggs hanya berkiprah bersama Manchester United di sepanjang kariernya.

Ia mulai naik kasta ke tim utama pada 1991 lalu. Berposisi gelandang kiri, Giggs sukses tampil impresif dan mempersembahkan sejumlah prestasi untuk Manchester United. Di Premier League, ia mampu membukukan 632 pertandingan dengan mencetak 108 gol dan 161 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

3. Frank Lampard (611)

5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueFrank Lampard (uefa.com)

Meski membela West Ham United dalam waktu yang lama, Frank Lampard lebih dikenal sebagai legenda Chelsea. Pemain asal Inggris ini telah memberikan sejumlah trofi bergengsi untuk The Blues.

Kiprahnya di Premier League juga terbilang ciamik. Pemain berposisi gelandang tengah ini mengoleksi 611 pertandingan dengan mencetak 177 gol dan 112 assist.

4. James Milner (607)

5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueJames Milner (liverpoolfc.com)

James Milner menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif dalam daftar ini. Ia bermain di Premier League 2022/2023 bersama Liverpool. Milner sempat membela beberapa klub Inggris sebelum bergabung ke Liverpool pada 2015.

Berposisi gelandang tengah, catatan Milner di Premier League tak kalah dengan legenda lainnya. Pemilik 61 caps bersama Timnas Inggris ini telah membukukan 607 pertandingan dengan mencetak 55 gol dan 89 assist di Premier League.

5. Gary Speed (535)

5 Gelandang dengan Catatan Penampilan Terbanyak di Premier LeagueGary Speed (nufc.co.uk)

Terakhir, ada nama Gary Speed. Pemain berkebangsaan Wales ini menghabiskan kariernya di Premier League. Performa terbaik Gary Speed terjadi saat masih membela Leeds United. Ia berhasil meraih gelar juara Liga Inggris bersama Leeds United.

Selain bersama Leeds United, Gary Speed memiliki performa apik saat membela Newcastle United. Secara statistik, ia mampu membukukan 535 pertandingan dengan mencetak 80 gol dan 32 assist di Premier League.

James Milner menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang memiliki kesempatan melewati rekor Gareth Barry. Apalagi mengingat ia belum memikirkan waktu pensiun. Mampukah Milner mengejar rekor tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Serbabisa Terbaik saat Ini, David Alaba hingga James Milner

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya