4 Pemain Polandia Penampilan Terbanyak di Serie A, Semua Masih Aktif

Dipimpin dua penjaga gawang

Polandia bukanlah negara dengan kualitas kelas satu di dunia sepak bola. Namun, ada banyak pemain hebat yang pernah dihasilkan negara Eropa Tengah tersebut. Mereka turut meramaikan persaingan di liga-liga top Eropa, salah satunya Serie A Italia. Beberapa dari mereka bahkan mencatat hingga ratusan penampilan di Serie A.

Kiprah para pemain Polandia di Serie A terus berlanjut hingga kini. Malah, empat pemain yang mencatat penampilan terbanyak masih aktif bermain di Serie A pada 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Lukasz Skorupski telah mengoleksi 274 penampilan di Serie A sejak 2013

4 Pemain Polandia Penampilan Terbanyak di Serie A, Semua Masih AktifLukasz Skorupski (instagram.com/lukaszskorupski28)

Pemain Polandia dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A sejauh ini adalah Lukasz Skorupski. Kiper Bologna tersebut sudah tampil 274 kali sejak mulai berkarier di Serie A pada 2013. Skorupski awalnya berseragam AS Roma selama 5 tahun. Namun, ia minim kesempatan bermain hingga dilepas ke Bologna pada 2018.

Bersama Bologna, nasib Skorupski jauh membaik. Ia langsung menjadi kiper inti Bologna sejak musim pertamanya hingga sekarang. Sejauh ini, Skorupski sudah melakoni 202 laga Serie A bersama Bologna. Itu termasuk 26 penampilan di Serie A 2023/2024 dengan torehan 10 clean sheet.

Aksi Skorupski di Serie A 2023/2024 pun sukses menarik perhatian. Ia berperan penting membawa Bologna menjelma menjadi kuda hitam. Hingga pekan ke-29, Bologna bertengger di empat besar klasemen sementara. I Rossoblu pun berpeluang untuk lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak 1999/2000.

Baca Juga: 5 Pemain Albania yang Memenangi Trofi Bersama Klub Serie A

2. Wojciech Szczesny telah bermain 264 kali di Serie A dan meraih 3 scudetto

4 Pemain Polandia Penampilan Terbanyak di Serie A, Semua Masih AktifWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Pemain Polandia dengan penampilan terbanyak kedua di Serie A juga berposisi penjaga gawang. Ia adalah Wojciech Szczesny, kiper utama Juventus sejak 2017. Sebelumnya, Szczesny juga sempat menjadi andalan AS Roma saat dipinjam dari Arsenal selama 2 musim.

Secara total, Szczesny telah bermain 264 kali di Serie A sejauh ini. Prestasi Szczesny di Italia mencakup 7 trofi, termasuk 3 scudetto yang semuanya diraih bareng Juventus. Szczesny juga pernah terpilih sebagai kiper terbaik Serie A pada 2019/2020. Dikontrak Juventus hingga 2025, catatan apik Szczesny di Serie A pun masih bisa terus bertambah.

3. Karol Linetty melakoni 219 laga di Serie A bersama dua klub

4 Pemain Polandia Penampilan Terbanyak di Serie A, Semua Masih AktifKarol Linetty (instagram.com/linetty_7)

Berikutnya, ada Karol Linetty, gelandang pengoleksi 219 penampilan di Serie A sejauh ini. Karier Linetty di Serie A bermula bareng Sampdoria pada 2016. Ia menetap selama 4 musim di Sampdoria sebelum hijrah ke Torino. Bersama Torino, Linetty konsisten menjadi salah satu andalan sampai saat ini.

Linetty belum pernah meraih prestasi berarti di Italia karena hanya membela klub-klub semenjana. Namun, ia beberapa kali membawa klubnya finis di sepuluh besar klasemen. Capaian itu bisa berulang pada 2023/2024. Hingga pekan ke-29, Torino sedang bertengger di peringkat ke-11 klasemen sementara.

4. Bartosz Bereszynski bermain 198 kali dan turut memenangi scudetto 2022/2023

4 Pemain Polandia Penampilan Terbanyak di Serie A, Semua Masih AktifBartosz Bereszynski (empolifc.com)

Satu pemain lagi adalah Bartosz Bereszynski, bek kanan Polandia yang membela Sampdoria sejak 2017. Bereszynski sudah melakoni 198 penampilan di Serie A, sebagian besar bersama Sampdoria. Ia juga masih tercatat sebagai penggawa Sampdoria hingga kini. Namun, Bereszynski sedang dipinjamkan ke Empoli pada 2023/2024.

Pada 2022/2023 lalu, Bereszynski juga sempat dipinjam Napoli pada paruh kedua musim. Meski hanya tampil tiga kali, ia turut mengangkat trofi Serie A yang dimenangi Napoli. Musim ini sendiri Bereszynski sudah bermain 15 kali di Serie A bersama Empoli. Kontrak peminjamannya mencakup opsi pembelian yang mungkin akan diambil Empoli pada akhir musim.

Empat pemain Polandia di atas memiliki jumlah penampilan terbanyak di Serie A Italia sejauh ini. Karena semuanya masih aktif di Serie A, catatan mereka pun masih bisa bertambah. Bukan mustahil, beberapa bakal mencapai lebih dari 300 penampilan di Serie A.

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Lazio dan Juventus di Serie A, Siapa Dominan?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya