4 Pemain Portugal Tersubur di Primeira Liga 2023/2024 hingga Pekan 21

Ada yang sudah pernah menjadi top skor

Meski bertajuk Liga Portugal, Primeira Liga justru jarang memunculkan pemain Portugal sebagai peraih gelar top skor. Dalam 1 dekade terakhir, hanya ada dua pemain lokal yang menjadi pencetak gol terbanyak. Selebihnya, predikat itu selalu diraih pemain asing, bahkan sering kali pemain dari luar Eropa.

Catatan itu tampaknya masih akan berlanjut musim ini. Pasalnya, hingga pekan ke-21, daftar top skor Premiera Liga 2023/2024 masih dikuasai pemain asing. Viktor Gyokeres, striker Sporting CP asal Swedia, memimpin dengan koleksi 16 gol. Tiga pemain terdekat di bawah Gyokeres pun berasal dari luar Portugal.

Sementara, para pemain Portugal masih tertinggal cukup jauh dari persaingan. Empat nama berikut ini adalah yang tertajam, tetapi koleksi gol mereka belum sampai dua digit. Butuh usaha ekstra jika mereka berambisi menyabet gelar top skor pada akhir musim.

1. Paulinho mencetak 9 gol dalam 18 penampilan bareng Sporting CP

4 Pemain Portugal Tersubur di Primeira Liga 2023/2024 hingga Pekan 21Paulinho (instagram.com/sportingcp)

Sportin CP memiliki beberapa pemain yang tajam di Primeira Liga 2023/2024. Selain Viktor Gyokeres, mereka juga punya Joao Paulo Dias Fernandes alias Paulinho. Ia adalah penyerang asal Portugal yang berseragam Sporting CP sejak 2021. Meski berposisi asli striker, Paulinho lebih sering ditempatkan di pos sayap kiri Sporting.

Posisi Paulinho digeser ke kiri demi memberi tempat bagi Gyokeres sebagai ujung tombak. Paulinho pun lebih sering tampil sebagai pemain pengganti. Meski demikian, ia tetap produktif. Paulinho sudah mencetak 13 gol di semua ajang musim ini. Itu termasuk torehan 9 gol dalam 19 penampilan di liga.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Mencetak 20 Gol Semusim bagi Sporting CP

2. Rafa Silva menjadi top skor sementara Benfica dengan 14 gol, termasuk 9 gol di liga

4 Pemain Portugal Tersubur di Primeira Liga 2023/2024 hingga Pekan 21Rafa Silva (instagram.com/slbenfica)

Sementara, Benfica paling mengandalkan Rafa Silva sebagai pendulang gol utama mereka musim ini. Rafa Silva pun menjadi top skor sementara Benfica pada 2023/2024 dengan 14 gol, termasuk 9 gol di liga. Selain itu, ia juga piawai membuat assist dengan catatan 12 assist di semua ajang.

Saat ini, tren produktivitas Rafa Silva sedang menanjak. Ia sukses membuat 5 gol dan 5 assist dalam 7 pertandingan terakhir di Primeira Liga. Andil Rafa Silva turut membuat Benfica memuncaki klasemen liga setelah 21 pekan. Namun, posisi mereka masih bisa disalip Sporting CP yang baru bertanding 20 kali.

3. Pedro Goncalves juga tajam bersama Sporting CP dengan torehan tujuh gol di Primeira Liga

4 Pemain Portugal Tersubur di Primeira Liga 2023/2024 hingga Pekan 21Pedro Goncalves (instagram.com/sportingcp)

Pedro Goncalves melengkapi daftar amunisi Sporting CP yang produktif pada 2023/2024. Sejauh ini, Goncalves sudah mencetak 12 gol dan 12 assist di semua ajang. Di Primeira Liga, torehannya adalah 7 gol dan 9 assist. Hebatnya, gol-gol Goncalves tercipta dari berbagai posisi. Ia membuat gol saat menjadi winger, gelandang serang, bahkan gelandang bertahan. 

Ketajaman Pedro Goncalves sebenarnya tak mengherankan. Ia sudah berpengalaman menjadi top skor Primeira Liga pada 2020/2021 dengan 23 gol. Goncalves pun menjadi pemain Portugal terakhir yang merebut gelar tersebut. Namun, musim ini kans Goncalves untuk kembali menjadi top skor terbilang tipis.

4. Ricardo Horta sudah membuat tujuh gol di liga, tetapi mandek dalam 2 bulan terakhir

4 Pemain Portugal Tersubur di Primeira Liga 2023/2024 hingga Pekan 21Ricardo Horta (instagram.com/ricardohorta21)

Sejajar dengan Pedro Goncalves, Ricardo Horta juga sudah membuat tujuh gol di Primeira Liga 2023/2024. Horta adalah winger andalan sekaligus kapten SC Braga. Selain tajam, Horta juga piawai membuat assist. Namun, Horta sudah absen mencetak gol maupun asisst dalam 9 pertandingan di liga selama 2 bulan terakhir.

Alhasil, SC Braga pun sempat mengalami naik-turun performa di liga selama periode tersebut. Beruntung, mereka masih bisa memertahankan peringkat keempat klasemen. SC Braga juga sudah meraih trofi pada 2023/2024. Mereka menjuarai Piala Liga Portugal usai mengalahkan Estoril Praia di final pada akhir Januari 2024.

Empat pemain Portugal di atas cukup tajam di Primeira Liga 2023/2024. Namun, torehan gol mereka masih kalah jauh dari Viktor Gyokeres yang memuncaki daftar top skor sementara. Kemungkinan besar, gelar top skor Primeira Liga musim ini lagi-lagi akan dimenangi pemain asing.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di Liga Portugal pada Paruh Pertama 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya