5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier League

Ada yang mencatat rekor jumlah penampilan

Pemain asal Prancis telah melanglang buana ke berbagai liga top Eropa, termasuk English Premier League (EPL). Ada banyak pemain top Prancis yang pernah bersinar di EPL. Beberapa nama di antaranya adalah Thierry Henry, Patrick Vieira, Eric Cantona, dan N'Golo Kante.

Meski begitu, para pemain tersebut bukanlah pemain Prancis yang paling lama berkarier di EPL. Masih ada nama lain yang lebih lama bertualang di EPL, meski mungkin tak sepopuler mereka.

Inilah lima pemain Prancis yang paling lama bermain di Premier League.

1. Sylvain Distin (15 musim)

5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier LeagueSylvain Distin (mancity.com)

Nama Sylvain Distin mungkin tak begitu populer di kalangan fans sepak bola. Namun, mantan bek ini adalah pemain Prancis paling lama bermain di Premier League. Distin pernah bermain di EPL selama 15 musim bersama 5 klub.

Distin mengawali karier di EPL bersama Newcastle United pada 2001/2002 sebagai pinjaman. Setelah itu, ia menghabiskan 5 musim bersama Manchester City, 2 musim bersama Portsmouth, 6 musim bersama Everton, dan 1 musim bersama Bournemouth sebelum pensiun pada 2016.

Secara keseluruhan, Distin mencatat 469 penampilan di EPL. Itu adalah rekor penampilan terbanyak untuk pemain asing selain penjaga gawang. Soal trofi, Distin juga sempat menjuarai Piala FA pada 2007/2008 bareng Portsmouth.

2. Gael Clichy (14 musim)

5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier LeagueGael Clichy (arsenal.com)

Posisi kedua ditempati Gael Clichy, bek kiri asal Prancis yang pernah sukses di Premier League bersama dua klub. Clichy awalnya membela Arsenal selama 8 musim pada 2003–2011. Ia sukses jadi andalan The Gunners dan turut memenangi 1 trofi EPL, 1 Piala FA, dan 1 Community Shield.

Setelah itu, Clichy hijrah ke Manchester City selama 6 musim. Ia memenangi masing-masing 2 trofi EPL dan Piala Liga bersama Manchester City plus 1 Community Shield. Saat ini, Clichy yang sudah berusia 37 tahun masih aktif bermain bersama Servette FC di Liga Super Swiss.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

3. Louis Saha (13 musim)

5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier LeagueLouis Saha (manutd.com)

Berikutnya, ada Louis Saha, penyerang yang pernah membela Manchester United pada 2004–2008. Saha sukses memenangi dua trofi Premier League bersama Setan Merah plus trofi Liga Champions dan Piala Liga. Namun, sebelum membela Manchester United, Saha sudah pernah bermain di EPL bersama Newcastle United dan Fulham.

Setelah selesai membela Manchester United, Saha masih berkarier di EPL. Ia sempat berseragam Everton, Tottenham Hotspur, dan terakhir Sunderland. Secara keseluruhan, Saha berkarier selama 13 musim di EPL dengan total 288 penampilan dan 84 gol.

4. William Gallas (12 musim)

5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier LeagueWilliam Gallas (skysports.com)

Ada pula dua pemain Prancis yang pernah bermain selama 12 tahun di Premier League. William Gallas adalah salah satunya.

Ia merupakan bek tengah yang paling sukses saat membela Chelsea pada 2001–2006. Gallas turut meraih 2 trofi EPL, 1 Piala Liga, dan 1 Community Shield bareng The Blues.

Setelah itu, Gallas sempat berseragam Arsenal selama 4 musim, lalu membela Tottenham Hotspur selama 3 musim. Ia pun tercatat sebagai pemain pertama yang pernah bermain untuk Chelsea, Arsenal, dan Tottenham. Sayangnya, Gallas tak berhasil meraih gelar bersama kedua klub terakhir.

5. Nicolas Anelka (12 musim)

5 Pemain Prancis yang Paling Lama Bermain di Premier LeagueNicolas Anelka (premierleague.com)

Pemain Prancis lain yang menghabiskan 12 tahun di Premier League adalah Nicolas Anelka. Terkenal sebagai pemain yang sering berpindah klub, ia pernah membela enam klub EPL.

Mulanya membela Arsenal, Anelka juga sempat berseragam Liverpool, Manchester City, Bolton Wanderers, Chelsea, dan West Bromwich Albion. Secara keseluruhan, ia bermain 364 kali di EPL bersama 6 klub tersebut dengan mencetak 125 gol.

Anelka hanya pernah meraih trofi bersama Arsenal dan Chelsea. Ia mendapat trofi EPL bersama masing-masing klub. Prestasi pemain berposisi striker ini juga mencakup top skor EPL 2008/2009.

Lima pemain Prancis di atas tak sekadar lama berkarier di Premier League. Mereka juga sukses meraih setidaknya satu trofi mayor di Inggris, bahkan ada yang menorehkan rekor.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Klub Top Premier League yang Bermain di MLS 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya