4 Pemain Senegal yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut di EPL

Nicolas Jackson subur meski banyak dikritik

Nicolas Jackson menerima banyak kritikan atas performanya bersama Chelsea pada 2023/2024. Jackson baru didatangkan Chelsea dari Villarreal pada musim panas 2023. Pria Senegal berusia 22 tahun itu lalu didapuk sebagai striker utama The Blues. Namun, ia sempat kesulitan tampil tajam hingga dinilai tak layak mengemban peran tersebut.

Sepanjang 2023/2024, Nicolas Jackson memang kerap mandul di depan gawang lawan. Ia melewatkan banyak peluang bagus untuk mencetak gol. Namun, menilai Jackson sebagai striker gagal sepertinya terlalu berlebihan. Setidaknya, jika dibandingkan dengan para kompatriotnya di EPL, ketajaman Jackson tak terlampau buruk.

Malah, Jackson adalah striker Senegal dengan torehan gol terbanyak pada musim debut di Premier League. Hal itu menunjukkan bahwa ia cukup mampu beradaptasi dalam waktu singkat. Termasuk Jackson, inilah para striker Senegal yang langsung tajam pada musim pertamanya di EPL.

1. Nicolas Jackson menutup 2023/2024 dengan 14 gol di Premier League

4 Pemain Senegal yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut di EPLNicolas Jackson (instagram.com/jackson.nj11)

Nicolas Jackson mengakhiri EPL 2023/2024 dengan torehan 14 gol dalam 35 penampilan. Jumlah itu sebenarnya terbilang cukup baik bagi striker yang baru pertama kali bermain di Inggris. Bahkan, ia menghiasi musim debutnya di EPL dengan sebuah hattrick. Itu terjadi pada pekan ke-11 saat Chelsea membantai Tottenham Hotspur 4-1.

Beberapa kali, ketajaman Jackson bersama Chelsea memang naik turun. Namun, tren terbarunya amat positif. Ia membuat 4 gol dalam 5 laga penutup Chelsea di EPL musim ini. Kelima pertandingan itu berakhir dengan kemenangan bagi The Blues. Chelsea pun menyudahi EPL 2023/2024 di posisi yang cukup bagus, yaitu peringkat keenam.

Baca Juga: 3 Klub yang Mengalahkan Manchester United 2 Kali di EPL 2023/2024

2. Papis Cisse mencetak 13 gol dalam hanya setengah musim debutnya di EPL

4 Pemain Senegal yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut di EPLPapis Cisse (premierleague.com)

Sementara, Papis Cisse sukses membuat 13 gol pada musim debutnya di EPL. Jumlah itu memang kalah dari torehan Nicolas Jackson. Namun, ketajaman Cisse sebenarnya terbilang lebih memukau. Pasalnya, Cisse mampu mencetak 13 gol hanya dalam separuh musim.

Cisse pertama kali bermain di Inggris saat diboyong Newcastle United pada Januari 2012. Ia langsung mencetak gol ke gawang Aston Villa pada laga debutnya bareng Newcastle. Setelah itu, gol-gol terus mengalir dari kaki dan kepalanya. Cisse bahkan sempat mencetak gol dalam enam laga beruntun di Premier League.

Pada akhirnya, Cisse menutup EPL 2011/2012 dengan torehan 13 gol dalam 14 laga. Ia berjasa membawa Newcastle finis di peringkat kelima klasemen. Sayangnya, ketajaman Cisse di EPL pada musim-musim berikutnya cenderung naik turun. Secara total, Cisse bermain dalam 117 laga Premier League dan membuat 37 gol.

3. Sadio Mane membuat sepuluh gol bagi Southampton di EPL 2014/2015

4 Pemain Senegal yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut di EPLSadio Mane (premierleague.com_

Sadio Mane adalah pemain Senegal tersubur dalam sejarah Premier League. Mane menghabiskan total 8 musim di EPL dan mencetak 111 gol dalam 263 penampilan. Sebagian besar golnya tercipta saat membela Liverpool. Namun, Southampton juga berjasa sebagai klub yang memboyong Mane ke Inggris pada 2014/2015.

Musim debut Mane bareng Southampton pun cukup berkesan. Ia langsung tajam dengan torehan sepuluh gol di EPL. Selain itu, Mane sempat membuat hattrick dalam waktu 2 menit 56 detik pada pekan ke-37 musim tersebut. Hingga kini, Mane masih memegang rekor sebagai pencetak hattrick tercepat di Premier League.

4. Diafra Sakho juga mencetak sepuluh gol pada musim debutnya di EPL 2014/2015

4 Pemain Senegal yang Mencetak Banyak Gol pada Musim Debut di EPLDiafra Sakho (premierleague.com)

Sadio Mane bukan satu-satunya striker Senegal yang debut di EPL pada 2014/2015. Ada pula Diafra Sakho, yang saat itu baru bergabung ke West Ham United. Pada laga debutnya di Premier League, Sakho tidak mencetak gol. Namun, setelah itu ia langsung membuat gol dalam enam partai EPL beruntun.

Sensasi ketajaman Sakho memang tidak bertahan lama. Hingga musim berakhir, Sakho hanya membuat tambahan empat gol lagi. Meski demikian, ia tetap mencapai catatan apik sepuluh gol pada musim debutnya di Premier League. Sakho membela West Ham hingga 2018 dan mencetak total 24 gol dalam 71 laga.

Nicolas Jackson sukses menjadi pemain Senegal tersubur pada musim debut di EPL. Hal itu membuktikan bahwa Jackson punya potensi menjadi striker top meski banyak dikritik. Akankah Jackson memenuhi potensi tersebut bersama Chelsea pada musim-musim berikutnya?

Baca Juga: Rapor Chelsea dalam 5 Musim Terakhir di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya