6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada Mane

Tiga pemain hijrah ke Arab Saudi

Bursa transfer Eropa pada musim panas 2023 diwarnai kepindahan banyak pemain. Sebagian besar transfer tentu melibatkan pemain Eropa dan Amerika Selatan. Namun, para pemain asal Afrika pun tak ketinggalan.

Salah satu negara Afrika yang banyak pemainnya berseliweran di bursa transfer adalah Senegal. Ada pemain Senegal yang bergabung dengan klub besar Eropa, ada pula yang memutuskan untuk hijrah ke Asia. Berikut sederet pemain Senegal yang memutuskan pindah klub pada musim panas 2023.

1. Sadio Mane hanya bertahan semusim di Bayern Munich

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeSadio Mane hanya satu musim di Bayern Munich. (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Sadio Mane adalah salah satu pemain Senegal yang kepindahannya paling disorot pada musim panas 2023. Selain karena nama besarnya, kepindahan Mane juga terbilang mengejutkan. Baru satu musim bersama Bayern Munich, Mane langsung hengkang ke klub Arab Saudi, Al Nassr.

Keputusan Mane meninggalkan Bayern Munich sebenarnya cukup beralasan. Performanya kurang apik sepanjang musim 2022/2023 lalu. Sudah begitu, Mane sempat bermasalah dengan rekan setimnya sendiri, Leroy Sane.

Karena itu, ketika tawaran gaji besar datang dari Al Nassr, Mane pun menerimanya. Nilai transfer Mane sendiri mencapai 30 juta euro atau Rp504 miliar. Di Arab Saudi, Mane bakal bertemu dengan banyak pemain top Eropa yang juga telah resmi pindah ke sana.

Baca Juga: Bintang NBA Minta Direkrut Al Hilal, Ngaku Mirip Mbappe

2. Kalidou Koulibaly hengkang setelah musim yang buruk di Chelsea

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeKalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Salah satu pemain top yang bakal ditemui Mane di Arab Saudi adalah Kalidou Koulibaly. Seperti Mane, Koulibaly juga mengalami musim yang buruk pada 2022/2023. Meski cukup diandalkan di lini belakang Chelsea, ia gagal mengangkat performa The Blues yang amburadul sepanjang musim.

Akibatnya, Koulibaly mengambil keputusan yang mirip dengan Mane. Ia meninggalkan Chelsea setelah hanya 1 musim untuk hijrah ke Arab Saudi. Koulibaly merapat ke Al Hilal dengan biaya transfer 23 juta euro atau Rp386 miliar. Bersama Al Hilal, Koulibaly menyepakati kontrak hingga 2026.

3. Edouard Mendy sertai Koulibaly hijrah ke Arab Saudi

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeEdouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Tak hanya Koulibaly, Edouard Mendy pun memutuskan hijrah dari Chelsea ke Arab Saudi pada musim panas 2023. Mendy bergabung dengan klub juara Saudi Pro League 2022/2023, Al Ahli. Ia ditebus dengan mahar 18,5 juta euro atau Rp310 miliar dan dikontrak kontrak 3 tahun.

Bagi Mendy, keputusan untuk pindah perlu diambil karena ia sudah tak jadi kiper nomor 1 Chelsea. Ia kalah bersaing dengan Kepa Arrizabalaga yang musim lalu lebih diandalkan. Ironisnya, setelah Mendy pindah, Kepa justru ikut hengkang dengan status pinjaman ke Real Madrid.

4. Nicolas Jackson diharapkan jadi striker andalan Chelsea

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeNicolas Jackson (instagram.com/jackson.nj11)

Chelsea ditinggal dua pemain Senegal pada musim panas 2023. Namun, ada satu pemain Senegal lain yang baru merapat ke Stamford Bridge. Ia adalah Nicolas Jackson, striker berusia 22 tahun. Jackson menarik minat Chelsea berkat penampilan moncer bersama Villarreal pada musim 2022/2023 lalu.

Selama ini, sudah bukan rahasia bahwa Chelsea kerap kesulitan mencari striker murni yang bisa diandalkan. Jackson pun diharapkan bisa mengisi kekosongan tersebut. Namun, ia mesti bisa mengatasi tekanan berat yang pasti menyertai kehadirannya di tim sebesar Chelsea.

5. Ismaila Sarr gabung klub besar Prancis

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeIsmaila Sarr (instagram.com/ismaila_sarr_18)

Berikutnya, ada Ismaila Sarr, winger Senegal yang membela Watford dalam 4 musim terakhir. Sarr cukup produktif bersama Watford. Ia mengoleksi 34 gol dan 24 assist dalam 131 laga di semua ajang. Meski gagal membawa Watford promosi ke EPL 2023/2024, performa Sarr tetap menarik atensi.

Hal itu membawa Sarr bergabung dengan klub besar Prancis, Olympique Marseille. Ia bahkan langsung dikontrak jangka panjang oleh Marseille, tepatnya hingga 2028. Sejauh ini, Sarr sudah melakoni dua laga resmi bersama Marseille dan menyumbang satu assist.

6. Boulaye Dia dipermanenkan Salernitana

6 Pemain Senegal yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Ada ManeBoulaye DIa (instagram.com/boulaye_dia)

Satu lagi pemain Senegal yang kepindahannya menarik perhatian pada musim panas 2023 adalah Boulaye Dia. Sang striker 26 tahun resmi dipermanenkan oleh Salernitana. Dia sudah memperkuat Salernitana pada musim 2022/2023 lalu, tetapi sebatas sebagai pinjaman dari Villarreal.

Selama dipinjam, Dia gacor bersama Salernitana. Ia mengantongi 16 gol dalam 33 penampilan di Serie A Italia. Tak heran jika Salernitana berani permanenkan status Dia seharga 12 juta euro atau Rp201 miliar. Itu adalah rekor pembelian termahal sepanjang sejarah Salernitana.

Kiprah enam pemain Senegal di atas patut jadi sorotan pada musim 2023/2024. Tak terkecuali mereka yang memutuskan hijrah dari Eropa ke Arab Saudi. Bisakah mereka menampilkan performa terbaik bersama klub barunya masing-masing?

Baca Juga: 10 Potret Boulaye Dia, Penyerang Tangguh Senegal yang Tajam di Serie A

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya