5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar Eropa

Sebagian besar dari Barcelona

Sporting Lisbon adalah salah satu klub terbesar di Primeira Liga Portugal. Jika dibandingkan dengan liga-liga top Eropa, pamor Liga Portugal memang masih kalah. Namun, Sporting Lisbon tetap punya daya tarik tersendiri, bahkan bagi para pemain di liga-liga top Eropa tersebut.

Buktinya, Sporting Lisbon beberapa kali sukses menggaet pemain dari klub besar Eropa. Terbaru, Sporting mendatangkan Francisco Trinaco dari Barcelona pada musim panas 2023. Termasuk Trincao, inilah lima pemain terakhir yang didapat Sporting Lisbon dari klub besar Eropa.

1. Jeremy Mathieu diboyong dari Barcelona

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar EropaJeremy Mathieu berseragam Barcelona. (fcbarcelona.com)

Sporting Lisbon ternyata cukup sering memboyong pemain dari raksasa Spanyol, Barcelona. Salah satunya Jeremy Mathieu yang didatangkan pada musim panas 2017. Bek asal Prancis itu bergabung ke Sporting dengan status bebas transfer setelah menyelesaikan kontrak di Barcelona.

Selama di Barcelona, Mathieu menjadi bagian kesuksesan klubnya meraih delapan trofi. Setelah pindah ke Sporting, karier Mathieu pun cukup sukses. Ia menetap selama 3 tahun dengan catatan 106 penampilan dan meraih tiga trofi. Mathieu pun pensiun bersama Sporting pada 2020.

2. Luciano Vietto hanya menetap semusim usai bergabung dari Atletico Madrid

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar EropaLuciano Vietto (instagram.com/lucianovietto)

Luciano Vietto bergabung ke Sporting Lisbon dari Atletico Madrid. Kepindahan Vietto terjadi pada 2019 setelah dirinya gagal mendapat banyak kesempatan tampil bersama Atletico. Striker asal Argentina itu hanya bermain 38 kali dalam 4 musim.

Setelah bergabung dengan Sporting, Vietto langsung bermain 35 kali pada musim pertamanya. Namun, ia tak menetap di Sporting untuk waktu lama. Vietto langsung dibeli klub Arab Saudi, Al Hilal, pada 2020. Saat ini, Vietto sedang tanpa klub usai dilepas Al Hilal pada musim panas 2023.

Baca Juga: 11 Fakta Pedro Porro, Pemain Baru Tottenham Hotspur

3. Pedro Porro bergabung setelah tak pernah tampil bersama Manchester City

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar EropaPedro Porro (instagram.com/pedroporro29_)

Pedro Porro juga didapat Sporting Lisbon dari klub besar Eropa, Manchester City. Porro sempat berstatus pemain Manchester City pada 2019–2022. Namun, ia tak pernah dapat kesempatan tampil bersama The Citizens. Porro selalu dipinjamkan ke klub lain, termasuk ke Sporting Lisbon.

Selama dipinjam Sporting pada 2020–2022, Porro sukses jadi andalan. Status bek kanan atau winger asal Spanyol itu pun dipermanenkan Sporting pada musim panas 2022. Namun, setelah setengah musim, Porro memutuskan hijrah kembali ke klub Inggris, Tottenham Hotspur.

4. Hector Bellerin hanya setengah musim di Sporting Lisbon

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar EropaHector Bellerin (instagram.com/hectorbellerin)

Seperti Jeremy Mathieu, Hector Bellerin juga didapatkan Sporting Lisbon dari Barcelona. Bellerin hijrah ke Sporting pada Januari 2023, alias hanya 5 bulan setelah bergabung ke Barcelona. Sang bek kanan asal Spanyol memang kesulitan mendapat menit bermain selama berbaju El Barca.

Bersama Sporting, nasib Bellerin sedikit membaik. Ia sempat 13 kali tampil dan mencetak 1 gol bagi Sporting. Namun, karier Bellerin bersama Sporting pun tak bertahan lama. Ia telah dilepas ke Real Betis pada musim panas 2023.

5. Francisco Trincao baru bergabung pada musim panas 2023

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar EropaFrancisco Trincao (instagram.com/trincao)

Francisco Trincao menjadi pemain teranyar yang didatangkan Sporting Lisbon dari Barcelona. Trincao resmi dipermanenkan pada musim panas 2023 dengan harga 7 juta euro atau Rp116 miliar. Sebelumnya, Trincao telah berseragam Sporting pada 2022/2023, tetapi hanya sebagai pinjaman.

Selama dipinjam, Trincao memang sukses tampil apik bersama Sporting Lisbon. Winger 23 tahun asal Portugal itu bermain 52 kali di semua ajang dan mencetak 13 gol. Oleh Sporting, Trincao diikat dengan kontrak 3 tahun alias hingga 2026.

Sebagian besar pemain di atas cukup diandalkan Sporting Lisbon usai bergabung. Ada yang bahkan sukses meraih trofi. Siapa lagi pemain yang bakal digaet Sporting dari klub besar Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting Lisbon

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya