4 Pemain Swedia dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim EPL, Isak Teratas

Ada yang sukses membawa klubnya juara

Alexander Isak adalah salah satu striker paling menarik perhatian di English Premier League (EPL) saat ini. Isak baru bermain di EPL sejak didatangkan Newcastle United pada 2022. Segera, striker asal Swedia itu tampil tajam bersama The Magpies. Musim debutnya di Premier League diakhiri dengan torehan sepuluh gol.

Ketajaman Isak bahkan makin meningkat pada 2023/2024. Ia sudah mencetak 19 gol dalam 26 penampilan di EPL musim ini. Jumlah itu membuka peluang baginya untuk merebut gelar top skor.

Bahkan, dalam waktu singkat Alexander Isak langsung memimpin daftar pemain Swedia dengan gol terbanyak dalam 1 musim EPL. Ia langsung mengungguli deretan pemain Swedia ini!

1. Alexander Isak sudah mencetak 19 gol di EPL 2023/2024

4 Pemain Swedia dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim EPL, Isak TeratasAlexander Isak (instagram.com/alex_isak)

Musim 2023/2024 adalah musim yang spesial bagi Alexander Isak. Torehan 19 gol membuat Isak resmi menjadi pemain Swedia tersubur dalam 1 musim EPL. Selain itu, ia juga memecahkan rekor gol pribadinya dalam semusim selama berkarier. Sebelumnya, catatan terbaik Isak adalah 17 gol pada 2020/2021 saat membela Real Sociedad.

Newcastle United masih memiliki empat laga sisa di EPL 2023/2024. Isak pun masih bisa terus mempertajam rekornya. Apalagi, tren ketajaman Isak memang sedang menanjak. Pria 24 tahun itu sukses mencetak 9 gol dalam 8 penampilan terakhir di Premier League. Besar kemungkinan, Isak akan jadi pemain Swedia pertama yang membuat 20 gol dalam 1 musim EPL.

Baca Juga: 5 Manajer dengan Kemenangan Terbanyak dalam 300 Laga Awal di EPL

2. Zlatan Ibrahimovic mencetak 17 gol bagi Manchester United di EPL 2016/2017

4 Pemain Swedia dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim EPL, Isak TeratasZlatan Ibrahimovic (manutd.com)

Sebelum dipecahkan Isak, rekor pemain Swedia tertajam dalam 1 musim EPL dipegang Zlatan Ibrahimovic. Rekor tersebut tercipta pada 2016/2017. Saat itu, Ibrahimovic yang membela Manchester United membuat 17 gol di Premier League. Padahal, itu adalah musim perdana Ibrahimovic bermain di Inggris.

Tak hanya di EPL, Ibrahimovic juga tajam di semua ajang lain musim tersebut. Manchester United pun dibawanya memenangi tiga trofi. Sayangnya, cedera lutut parah akhirnya membunuh karier Ibrahimovic di Manchester United. Ia minim penampilan pada musim berikutnya dan akhirnya dilepas pada 2018.

3. Freddie Ljungberg membuat 12 gol di EPL 2001/2002 sekaligus membawa Arsenal juara

4 Pemain Swedia dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim EPL, Isak TeratasFreddie Ljungberg (twitter.com/premierleague)

Sementara, pemain Swedia dengan koleksi gol terbanyak di EPL adalah Freddie Ljungberg. Winger legendaris Swedia itu mencetak total 48 gol dalam 241 penampilan di Premier League. Sebagian besar golnya ia ciptakan bagi Arsenal yang ia bela pada 1998–2007.

Ketajaman Ljungberg bersama Arsenal turut membuahkan 6 trofi, termasuk 2 trofi EPL. Salah satunya diraih pada 2001/2002 saat Ljungberg mencetak 12 gol dan membawa The Gunners juara. Itu sekaligus menjadi musim tersubur Ljungberg selama bermain di Premier League.

Ljungberg meninggalkan EPL pada 2008. Sejak itu, rekornya sebagai pemain Swedia tertajam masih terus bertahan. Namun, Alexander Isak punya kans untuk menyalipnya. Isak kini punya koleksi total 29 gol, alias berselisih 19 gol dengan Ljungberg. 

4. Johan Elmander menjadi top skor Bolton Wanderers di EPL 2010/2011 dengan sepuluh gol

4 Pemain Swedia dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim EPL, Isak TeratasJohan Elmander (twitter.com/OfficialBWFC)

Ada satu lagi pemain Swedia yang pernah membuat setidaknya dua digit gol dalam semusim EPL. Ia adalah Johan Elmander, eks striker yang sudah pensiun sejak 2017. Elmander sempat bermain di EPL bersama Bolton Wanderers pada 2008–2011.

Selama 2 musim pertamanya di Premier League, ketajaman Elmander terbilang tidak istimewa. Namun, ia bersinar pada musim ketiganya dengan torehan sepuluh gol. Sayangnya, Elmander tak lanjut membela Bolton Wanderers setelah itu. Ia menerima pinangan Galatasaray dan akhirnya sukses memenangi dua trofi Super Lig Turki.

Alexander Isak berhasil membuat catatan spesial berkat ketajamannya di EPL 2023/2024. Ia bahkan berpeluang menyempurnakan musim ini dengan menjadi top skor Premier League. Akankah Isak menjadi pemain Swedia pertama yang merebut gelar tersebut?

Baca Juga: Alexander Isak, Bintang Swedia yang Tak Lupa dengan Tanah Leluhurnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya