5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub Lain

Mereka sedang dipinjamkan saat klubnya juara

Dalam dunia sepak bola, peminjaman pemain adalah hal yang biasa. Seorang pemain biasanya dipinjamkan ke klub lain demi mendapatkan waktu bermain lebih banyak. Umumnya, hal itu disebabkan sang pemain memang tidak menjadi pilihan utama di klub asalnya.

Namun, meski peminjaman bisa menguntungkan bagi pemain, ada pula kerugiannya. Ada beberapa pemain yang tak pernah merasakan gelar juara English Premier League (EPL) karena sedang dipinjamkan ke klub lain saat klubnya juara. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Emmanuel Adebayor

5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub LainEmmanuel Adebayor (mancity.com)

Emmanuel Adebayor pernah membela tiga klub besar EPL, yaitu Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Ia juga tercatat sebagai salah satu pemain Afrika tertajam di EPL dengan total 97 gol. Namun, striker asal Togo ini ternyata tak pernah meraih trofi apa pun selama bermain di Inggris.

Padahal, Adebayor sempat membela Manchester City pada 2009–2012. Namun, ia tidak turut mengangkat trofi EPL 2011/2012 yang dimenangi Manchester City karena sedang dipinjamkan ke Tottenham Hotspur. Sepanjang kariernya, Adebayor hanya pernah meraih satu trofi, yaitu Copa del Rey 2010/2011 bersama Real Madrid.

2. Fernando Torres

5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub LainFernando Torres (chelseafc.com)

Fernando Torres juga adalah mantan striker yang pernah bersinar di EPL. Ketajaman Torres terutama nyata ketika ia membela Liverpool. Performa Torres kemudian sempat menurun setelah ia pindah ke Chelsea. Namun, bersama Chelsea, ia lebih sukses dalam hal raihan trofi.

Torres meraih tiga trofi selama membela Chelsea pada 2011–2015, termasuk Liga Champions. Sayangnya, ia melewatkan trofi EPL yang diraih Chelsea pada 2014/2015 karena sedang dipinjam AC Milan. Pada akhirnya, Torres bahkan tak sekali pun pernah mengangkat trofi liga domestik sepanjang kariernya.

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di Liverpool

3. Andreas Christensen

5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub LainAndreas Christensen (instagram.com/andreaschristensen3)

Andreas Christensen juga tidak turut memenangi trofi EPL 2014/2015 yang diraih Chelsea. Pasalnya, Christensen saat itu baru lulus dari akademi Chelsea dan hanya sempat tampil sekali di EPL. Setelah itu, Christensen mulai berkembang ketika dipinjamkan ke Borussia Monchengladbach selama dua musim pada 2015–2017.

Meski bisa mengembangkan diri, peminjaman ke Monchengladbach akhirnya juga membuat Christensen tak pernah memenangi EPL. Ia tidak termasuk skuad Chelsea yang memenangi EPL pada 2016/2017. Hingga hengkang dari Chelsea pada 2022, Christensen pun tak pernah merasakan mengangkat trofi EPL.

4. Ben Chilwell

5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub LainBen Chilwell (lcfc.com)

Berikutnya ada Ben Chilwell, bek kiri Inggris yang kini membela Chelsea. Sebelumnya, Chilwell lebih dulu berseragam Leicester City, bahkan ia merupakan lulusan akademi The Foxes. Chilwell lulus dari akademi Leicester pada 2015, tetapi setelah itu langsung dipinjamkan ke Huddersfield Town.

Akibatnya, Chilwell tidak turut memenangi trofi EPL yang diraih Leicester pada 2015/2016. Chilwell baru meraih gelar setelah pindah ke Chelsea, yaitu Liga Champions 2020/2021. Ia turut berperan besar dalam keberhasilan Chelsea, bahkan masuk skuad terbaik Liga Champions musim tersebut.

5. Loris Karius

5 Pemain yang Tak Pernah Juara EPL karena Dipinjamkan ke Klub LainLoris Karius (liverpoolfc.com)

Saat menjuarai EPL 2019/2020, Liverpool juga sedang meminjamkan beberapa pemainnya. Salah satunya adalah Loris Karius, kiper yang sebelumnya sempat jadi pilihan utama di bawah mistar The Reds. Namun, blunder fatal Karius di final Liga Champions 2017/2018 seketika membunuh kariernya di Liverpool.

Sejak itu, Karius tak pernah lagi tampil sekali pun bersama Liverpool. Ia memang masih menjadi pemain Liverpool hingga 2022, tetapi selalu dipinjamkan ke klub lain. Alhasil, Karius tak pernah memenangi trofi apa pun bersama The Reds.

 

Peminjaman ke klub lain bisa dibilang membawa kesialan bagi para pemain di atas. Pasalnya, mereka jadi tak memenangi trofi EPL gara-gara dipinjamkan. Beruntung, sebagian besar dari mereka belakangan tetap bisa menghiasi kariernya dengan trofi bergengsi lain.

Baca Juga: Newcastle Berani Banget, Rekrut Karius Si Kiper Gagal Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya