5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub London

Rob Holding terbaru

Crystal Palace adalah salah satu klub English Premier League (EPL) yang berbasis di London. Dibanding klub London lain, popularitas dan prestasi Crystal Palace memang tak istimewa. Namun, mereka selalu bermain di divisi teratas dalam 11 musim terakhir.

Konsistensi Crystal Palace bertahan di EPL tentu tak lepas dari jasa para pemain mereka. Beberapa di antaranya ternyata didatangkan dari sesama klub London. Crystal Palace memang memiliki relasi yang cukup baik dengan klub-klub sekota, khususnya dalam urusan transfer pemain.

Langkah Crystal Palace menggaet pemain dari klub sekota pun masih terus berlanjut. Inilah lima pemain terakhir yang didatangkan Crystal Palace secara permanen dari sesama klub London.

1. Cheikhou Kouyate didatangkan dari West Ham United

5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub LondonCheikhou Kouyate (instagram.com/roilionpapis8)

Pertama, ada Cheikhou Kouyate, bek atau gelandang bertahan asal Senegal. Kouyate bergabung dengan Crystal Palace pada musim panas 2018 dari West Ham United. Uniknya, Kouyate menjadi satu-satunya pemain yang dibeli Crystal Palace pada musim tersebut.

Nilai transfer Kouyate saat itu adalah 10,7 juta euro atau Rp175 miliar. Pembelian itu terbukti tak sia-sia karena Kouyate sukses jadi andalan Crystal Palace. Ia bertahan 4 tahun membela The Eagles dengan catatan 141 penampilan di semua ajang.

2. Gary Cahill gabung Crystal Palace setelah sukses di Chelsea

5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub LondonGary Cahill (cfpc.co.uk)

Semusim setelah kedatangan Kouyate, Crystal Palace berhasil mendapatkan Gary Cahill secara gratis. Cahill merapat setelah menghabiskan kontraknya bersama Chelsea. Ia datang ke Crystal Palace dengan reputasi hebat setelah memenangi delapan trofi bareng Chelsea.

Bersama Crystal Palace, Cahill bertahan selama 2 musim. Ia tak melulu jadi andalan di lini belakang, tetapi jumlah penampilannya cukup banyak yaitu 47 laga. Cahill kini sudah pensiun sejak 2022 setelah terakhir membela Bournemouth.

Baca Juga: 4 Rekrutan Roy Hodgson bersama Crystal Palace pada Musim Panas 2023

3. Eberechi Eze sukses jadi top skor Crystal Palace musim lalu

5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub LondonEberechi Eze (cpfc.co.uk)

Ada pula pemain Crystal Palace yang didatangkan dari Queens Park Rangers (QPR). Ia adalah Eberechi Eze, gelandang serang asal Inggris. Eze dibeli Crystal Palace pada musim panas 2020 dari QPR. Harga pembeliannya cukup mahal 17,8 juta euro atau 292 miliar.

Ternyata, Eze sukses membuktikan kepantasan harganya. Ia jadi andalan di lini tengah dan berhasil tampil produktif. Pada 2022/2023, Eze bahkan menjadi top skor Crystal Palace dengan sepuluh gol. Alhasil, Eze sempat diincar Manchester City pada musim panas 2023, tetapi ia memilih bertahan.

4. Marc Guehi dibeli Crystal Palace dari Chelsea dengan harga mahal

5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub LondonMarc Guehi (twitter.com/CPFC)

Berikutnya, ada Marc Guehi, bek tengah jebolan akademi Chelsea. Guehi nyaris tak pernah mendapat kesempatan bermain di Chelsea, hingga ia memilih hengkang pada musim panas 2021. Crystal Palace memboyongnya dengan mahar 23,34 juta euro atau Rp382 miliar.

Harga itu membuat Guehi tercatat sebagai pemain termahal ketiga dalam sejarah Crystal Palace. Lagi-lagi, keberanian Crystal Palace mengeluarkan dana besar terbukti tak percuma. Guehi langsung menjadi bek andalan sejak bergabung, dan sejauh ini sudah tampil 87 kali bagi The Eagles.

5. Rob Holding tinggalkan Arsenal setelah 7 tahun mengabdi

5 Pemain Terakhir Crystal Palace dari Sesama Klub LondonRob Holding berseragam Arsenal. (instagram.com/rholding95)

Rob Holding adalah pemain terbaru Crystal Palace yang didatangkan dari sesama klub London. Holding baru bergabung pada musim panas 2023. Ia dibeli dari Arsenal dengan harga 1,2 juta euro atau Rp20 miliar. Pengabdian Holding kepada Arsenal yang dimulai pada 2016 pun akhirnya usai.

Selama membela Arsenal, Holding memang hanya kebagian peran pelapis. Namun, bek asal Inggris itu bisa dibilang cukup sukses. Ia mencatat 162 penampilan bareng The Gunners dan meraih lima trofi. Pengalaman Holding bermain di klub besar EPL bakal berguna bagi kariernya bersama Crystal Palace.

Sebagian besar pemain Crystal Palace yang didatangkan dari sesama klub London ternyata sukses jadi andalan. Ada yang bahkan masih jadi pemain kunci The Eagles hingga kini. Apakah Rob Holding yang baru bergabung juga bakal meraih hal yang sama?

Baca Juga: 5 Transfer Terakhir Manchester United dan Crystal Palace

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya