5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier League

Son Heung Min terbaru

Son Heung Min baru saja mencatat sejarah di English Premier League (EPL). Ia mencetak satu gol ke gawang Brighton & Hove Albion pada laga pekan ke-30 musim 2022/2023.

Itu adalah gol ke-100 Son di Premier League. Ia pun menjadi pemain Asia pertama yang mencetak seratus gol di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Son Heung Min juga menyusul 33 pemain lain yang lebih dahulu melakukannya. Termasuk pemain Korea Selatan itu, inilah lima pemain terakhir yang mencapai seratus gol di Premier League.

1. Mohamed Salah

5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier LeagueMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Ada empat pemain yang mencetak gol ke-100 di Premier League pada 2021/2022. Pemain pertama adalah Mohamed Salah.

Penyerang Liverpool itu melakukannya pada laga pekan keempat melawan Leeds United. Laga itu sendiri akhirnya dimenangi Liverpool 3-0.

Salah menjadi pemain Afrika kedua yang membuat seratus gol di EPL. Nama pertama adalah Didier Drogba. Namun, Salah melakukannya jauh lebih cepat daripada Drogba.

Drogba butuh 254 penampilan untuk mencapai 100 gol di EPL. Sementara, Salah hanya butuh 162 laga.

Salah bahkan menjadi pemain tercepat kelima yang mencetak seratus gol di kasta teratas Liga Inggris. Ia hanya kalah dari Alan Shearer, Harry Kane, Sergio Aguero, dan Thierry Henry.

2. Sadio Mane

5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier LeagueSadio Mane (liverpoolfc.com)

Sadio Mane menyusul capaian Salah sebulan kemudian. Ia mencetak gol ke-100 di Premier League pada pekan ke-8 musim 2021/2022.

Gol Mane menjadi pembuka kemenangan Liverpool atas Watford dengan skor 5-0. Ia pun menjadi pemain Afrika ketiga yang mencapai seratus gol di EPL.

Selain itu, Mane juga menjadi pemain ketiga yang melakukannya tanpa gol penalti. Sebelum sang pemain, ada Les Ferdinand dan Emile Heskey yang lebih dahulu melakukannya.

Mane saat ini sudah tidak bermain di EPL. Ia hijrah ke Bayern Munich pada musim panas 2022. Secara keseluruhan, ia mencetak 111 gol dalam 263 penampilan di EPL.

Baca Juga: Son Heung Min Cetak Sejarah di Premier League

3. Raheem Sterling

5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier LeagueRaheem Sterling (mancity.com)

Raheem Sterling mencetak gol ke-100 di Premier League pada musim yang sama dengan Salah dan Mane. Ia melakukannya saat Manchester City melawan Wolverhampton Wanderers pada pekan ke-16.

Gol penalti Sterling jadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut. Sejak saat itu, sang pemain sudah mencetak tambahan 13 gol di EPL. Itu termasuk empat gol bagi Chelsea pada 2022/2023 ini.

Selain Manchester City dan Chelsea, sebagian gol Sterling di EPL tercipta saat membela Liverpool. Ia bermain bersama The Reds pada 2012—2015.

4. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier LeagueCristiano Ronaldo (premierleague.com)

Cristiano Ronaldo menjadi pemain berikutnya yang mencapai seratus gol di Premier League. Gol ke-100 CR7 tercipta saat melawan Arsenal pada pekan ke-34 musim 2021/2022.

Sayangnya, gol Ronaldo tak bisa mencegah Manchester United kalah 1-3 dari The Gunners. Kariernya di EPL juga memburuk.

Ronaldo dilepas pada paruh musim 2022/2023 setelah berkonflik dengan Manchester United. Namun, secara keseluruhan, ia mampu mencetak 103 gol dalam 236 penampilan di EPL.

5. Son Heung Min

5 Pemain Terakhir yang Mencapai 100 Gol di Premier LeagueSon Heung Min (premierleague.com)

Son Heung Min menjadi pemain terbaru yang mencapai seratus gol di Premier League. Ia mesti melewati 260 penampilan untuk mencapai jumlah gol tersebut. Son menciptakan semuanya bersama Tottenham Hotspur sejak 2015.

Catatan seratus gol Son Heung Min menambah deretan rekornya di EPL. Selain seratus gol itu, ia juga sempat menjadi pemain Asia pertama yang merebut gelar top skor di kasta teratas Liga Inggris.

Son memang punya beberapa penghargaan individual selama berkarier di Inggris. Sayangnya, ia belum pernah meraih trofi kolektif bersama Tottenham.

Son Heung Min sudah mencapai seratus gol di Premier League. Pemain yang paling berpeluang menyusulnya adalah Riyad Mahrez. Winger Manchester City itu sudah membuat 82 gol di EPL. Mungkinkah Mahrez bisa mencapai seratus gol itu dalam waktu dekat?

Baca Juga: Son Heung Min Ngaku Jadi Biang Kerok Dipecatnya Conte

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya