Comscore Tracker

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk Kane

Hanya tinggal Kane yang masih bertahan

Tottenham Hotspur adalah salah satu klub yang termasuk ke dalam golongan The Big Six di Premier League. Mereka memang kalah dalam hal jumlah trofi atau prestasi terkini dibanding kelima klub lain. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa Tottenham adalah tim yang cukup disegani dan memiliki sejumlah pemain berkualitas.

Selain berkualitas, sejumlah pemain yang pernah membela The Lilywhites ternyata juga memiliki loyalitas. Tahukah kamu siapa saja penggawa Spurs yang paling lama mengabdi? Inilah dia 8 pemain yang terlama membela Tottenham di era modern.

8. Aaron Lennon (10 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneAaron Lennon (goal.com)

Pertama ada Aaron Lennon, pemain sayap lincah yang pernah membela Tottenham selama 10 musim. Lennon bermain untuk Spurs sejak 2005 hingga 2015. Selama periode tersebut, Lennon mencatat statistik yang cukup menakjubkan bersama Spurs, yaitu 30 gol dan 78 assist dalam 365 laga di semua ajang.

Lennon juga sempat meraih satu trofi di Spurs, yaitu Piala Liga 2007/2008. Setelah membela Tottenham, Lennon kemudian hijrah ke Everton selama 3 musim, lalu Burnley selama 2 musim. Pada awal musim 2020/2021, Lennon yang sudah berusia 34 tahun untuk pertama kalinya bermain di luar Inggris dengan membela Kayserispor di Super Lig Turki.

 7. Justin Edinburgh (10 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneJustin Edinbrugh (dailymail.co.uk)

Berikutnya ada Justin Edinburgh, mantan bek kiri Tottenham yang membela Spurs selama 10 musim sejak 1990 hingga 2000. Edinburgh mencatat 249 laga bersama Spurs dan turut membawa klubnya meraih 3 trofi, yaitu Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield.

Sayangnya, Edinburgh telah meninggal dunia pada tahun 2019 lalu. Ia meninggal dunia di usia yang ke-49 tahun.

6. Stephen Carr (11 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneStephen Carr (irishtimes.com)

Stephen Carr adalah bek kanan yang membela Tottenham Hotspur sejak 1993 hingga 2004, alias selama 11 musim. Carr memang tak terlalu populer di kalangan fans sepak bola saat ini, namun ia punya sejarah panjang bersama Spurs. Total 250 laga dimainkan untuk Spurs, plus raihan satu trofi berupa Piala Liga pada 1999.

Baca Juga: Hengkang dari Tottenham Hotspur, 7 Pemain Ini Justru Raih Gelar Juara

5. Darren Anderton (12 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneDarren Anderton (football.london)

Darren Anderton juga sangat loyal kepada Tottenham. Ia berbaju The Lilywhites selama 12 musim sejak 1992 hingga 2004. Anderton yang bisa bermain sebagai winger ataupun gelandang tengah ini mencatat 328 penampilan bersama Spurs dan mencetak 42 gol serta 30 assist. Sama dengan Stephen Carr, Anderton juga meraih Piala Liga 1998/1999 bersama Spurs.

4. Ian Walker (12 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneIan Walker (thefightingcock.co.uk)

Pemain yang satu ini juga mungkin tak banyak dikenal oleh para fans sepak bola sekarang. Penjaga gawang asli Inggris ini adalah salah satu pemain Tottenham yang paling setia di era modern ini. Ian Walker membela Tottenham sejak 1989 hingga 2001 alias selama 12 musim.

Statistik Walker selama berseragam Spurs adalah 270 laga di semua ajang dengan total 74 clean sheet. Ia juga turut membantu Spurs meraih 3 trofi, yaitu Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield. Walker juga pernah dipanggil memperkuat Timnas Inggris meski hanya mencatat 4 caps sepanjang kariernya.

3. Harry Kane (12 musim sejauh ini)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneHarry Kane (goal.com)

Harry Kane adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih berstatus pemain Tottenham. Bermain sejak 2009, musim 2020/2021 adalah musim ke-12 Kane bersama Spurs. Tak sekadar setia, kontribusi Kane bagi Spurs pun sangat nyata, terlihat dari statistiknya sejauh ini.

Sejauh ini Kane sudah mencatat 221 gol dan 47 assist dalam 336 laga bagi Spurs di semua ajang. Ia juga 3 kali menjadi top skor Premier League, termasuk musim ini. Namun, sayangnya Kane belum mampu meraih trofi bersama Spurs dan hal itu dikabarkan membuatnya ingin hengkang. Jika benar terjadi, pengabdian Kane bagi Spurs akan berhenti di angka 12 tahun.

2. Ledley King (13 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneLedley King (mirror.co.uk)

Ledley King adalah bek legendaris Tottenham yang merupakan one-club man karena ia menghabiskan seluruh kariernya membela Tottenham. Karier King sendiri terbilang tidak panjang, yaitu hanya 13 musim sejak 1999 hingga 2012. King pensiun di usia yang masih relatif muda, yaitu 32 tahun karena cedera lutut yang parah.

Semasa aktif bermain, King adalah bek tengah yang kokoh. Ia kerap dianggap sebagai salah satu bek terbaik di Premier League pada masanya. King mencatat 318 penampilan di semua ajang dan mencetak 12 gol serta 3 assist. Selain itu, ia juga turut mengantarkan Spurs meraih satu trofi, yaitu Piala Liga 2007/2008.

1. Danny Rose (14 musim)

8 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Tottenham, Termasuk KaneDanny Rose (football.london)

Pemain di era modern yang paling lama mengabdi kepada Tottenham adalah Danny Rose. Rose merupakan bek kiri yang membela Tottenham sejak 2007. Ia bermain hingga musim 2020/2021 kemarin, namun setelah itu hengkang karena tidak memperpanjang kontraknya. Secara total, Rose membela Spurs selama 14 musim.

Selama membela Tottenham, Rose sempat dipinjamkan ke lima klub, termasuk Newcastle United pada musim 2019/2020. Rose sendiri sempat menjadi pilihan utama di lini belakang Spurs, namun belakangan kehilangan tempatnya. Meski demikian, ia tetap setia sampai kontraknya berakhir. Selama 14 musim, Rose bermain 214 kali di semua ajang dan mencetak 10 gol serta 29 assist.

 

Itulah 8 pemain yang paling lama membela Tottenham Hotspur di era modern. Hanya Harry Kane yang masih menjadi pemain Spurs, namun ia pun santer dikabarkan akan hengkang. Menurutmu, apakah Kane akan meninggalkan Spurs pada bursa transfer musim panas ini?

Baca Juga: Resah di PSG, Pochettino Mau Pulang ke Tottenham Hotspur

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya