Comscore Tracker

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade Terakhir

Banyak pemain top Belanda yang sudah gantung sepatu

Arjen Robben belum lama ini mengumumkan gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain sepak bola. Winger asal Belanda itu mengakhiri kariernya di lapangan hijau yang dimulai tahun 2000. Terkenal sebagai legenda Bayern Munchen, Robben pensiun di Groningen, klub Belanda yang juga merupakan klub pertamanya.

Dengan pensiunnya Robben, dunia sepak bola kembali ditinggal pemain top asal Belanda. Robben menyusul para bintang Belanda yang lebih dulu pensiun. Dalam sedekade terakhir, setidaknya ada 6 pemain top Belanda yang pensiun sebelum Robben. Masih ingat siapa saja? Ini dia keenam pemain tersebut.

1. Ruud van Nistelrooy

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirRuud van Nistelrooy (strettynews.com)

Ruud van Nistelrooy adalah salah satu striker top Belanda yang paling terkenal di abad ke-21. Itu karena ia pernah membela dua klub paling populer di dunia yaitu Manchester United dan Real Madrid. Ia juga cukup sukses di kedua klub tersebut, dengan meraih 4 trofi di MU dan 3 trofi di Madrid.

Terkenal sebagai striker tajam, Nistelrooy mencetak total 327 gol di level klub di sepanjang kariernya. Bersama Timnas Belanda pun Nistelrooy jadi andalan, dengan koleksi 70 caps dan 35 gol, sehingga menjadi top skor ke-7 sepanjang masa Belanda. Nistelrooy pensiun di usia 35 tahun pada tahun 2012 setelah membela Malaga sebagai klub terakhirnya.

2. Clarence Seedorf

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirClarence Seedorf (skysports.com)

Sementara Clarence Seedorf pasti dikenal oleh fans AC Milan karena ia merupakan pemain legendaris Rossoneri. Seedorf adalah gelandang versatile yang bisa mengambil berbagai peran di lini tengah. Klub yang terlama ia bela adalah Milan, namun Seedorf juga pernah membela Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan Inter Milan.

Di level klub, Seedorf sukses meraih banyak trofi sepanjang kariernya. Ia bahkan tercatat sebagai satu-satunya pemain hingga kini yang menjuarai Liga Champions bersama 3 klub berbeda, yaitu Ajax, Real Madrid, dan Milan. Setelah berkarier selama 22 tahun, Seedorf pensiun pada 2014 setelah membela Botafogo, klub asal Brasil, sebagai klub terakhirnya.

3. Dirk Kuyt

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirDirk Kuyt (liverpoolfc.com)

Dirk Kuyt adalah pemain top Belanda yang terkenal saat bermain di Premier League bersama Liverpool pada 2006 hingga 2012. Meski tak memenangi Premier League, Kuyt sempat meraih trofi Piala Liga di Liverpool, serta masuk final Liga Champions meski tak jadi juara. Selama membela The Reds, Kuyt tampil dalam 285 laga dan mencetak 71 gol serta 40 assist.

Sementara bersama timnas, Kuyt mencatat 104 caps dengan sumbangan 23 gol. Setelah 20 tahun berkarier, Kuyt akhirnya pensiun pada 2018. Klub terakhirnya adalah Quick Boys, sebuah klub amatir Belanda yang juga merupakan klub pertamanya saat ia memulai karier pada tahun 1998 silam.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Ini Tampil Kurang Memuaskan di Piala Eropa 2020

4. Rafael van der Vaart

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirRafael van der Vaart (teamtalk.com)

Rafael van der Vaart juga pensiun pada 2018 seperti Kuyt. Selama berkarier, van der Vaart pernah membela beberapa klub top, seperti Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Selain itu, ia juga pernah bermain di Bundesliga bersama Hamburg SV selama total 6 musim.

Selama berkarier, van der Vaart memang tak banyak meraih trofi bersama klub. Namun ia pernah jadi bagian penting Timnas Belanda, termasuk turut membawa Tim Oranye lolos ke final Piala Dunia 2010. Secara total, van der Vaart mengoleksi 109 caps bersama Belanda dan mencetak 25 gol dan 29 assist.

5. Robin van Persie

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirRobin van Persie (justarsenal.com)

Sementara Robin van Persie pensiun belum lama ini, tepatnya pada 2019 lalu. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Premier League, dengan membela Arsenal selama 8 musim dan Manchester United selama 3 musim. Van Persie meraih 1 trofi Premier League, 1 Piala FA, dan 2 Community Shield selama berkarier di Inggris.

Selain MU dan Arsenal, van Persie juga pernah membela Fenerbahce, serta Feyenoord sebagai klub pertama dan terakhirnya. Sebagai striker, van Persie punya catatan gemilang bersama Timnas Belanda. Ia masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Belanda dengan 50 gol dalam 102 caps di semua ajang.

6. Wesley Sneijder

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirWesley Sneijder (sempreinter.com)

Wesley Sneijder adalah salah satu pemain terbaik Belanda di abad ke-21. Itu terbukti dari banyak hal, misalnya jumlah trofinya yang mencapai 19 trofi di level klub, termasuk treble winners bersama Inter Milan pada musim 2009/10. Ditambah kesuksesan mencapai final Piala Dunia 2010, Sneijder pun sempat diunggulkan jadi pemenang Ballon d'Or 2010.

Ballon d'Or 2010 sendiri akhirnya dimenangi Lionel Messi, namun banyak pihak yang merasa bahwa Sneijder sebenarnya lebih pantas jadi pemenang. Pada 2014 ia tampil hebat lagi bersama Timnas Belanda hingga akhirnya jadi juara ketiga Piala Dunia 2014. Setelah 17 tahun berkarier, Sneijder pensiun pada 2019 setelah membela klub Qatar, Al-Gharafa.

7. Klaas-Jan Huntelaar

Selain Robben, 7 Pemain Top Belanda yang Pensiun Sedakade TerakhirKlaas-Jan Huntelaar (deepersport.com)

Klaas-Jan Huntelaar adalah striker yang saat ini berada di posisi kedua pencetak gol terbanyak bagi Timnas Belanda dengan 42 gol. Namun Huntelaar baru saja pensiun pada akhir musim lalu setelah selesai membela Schalke 04 di Bundesliga Jerman. Sebelumnya, Huntelaar juga sempat membela Ajax, Real Madrid, dan AC Milan.

Berusia 37 tahun, Huntelaar masih sempat memecahkan rekor musim lalu sebagai pencetak gol tertua bagi Schalke di Bundesliga. Sepanjang kariernya, Huntelaar terkenal dengan ketajamannya hingga mengoleksi total 366 gol di level klub. Ia juga sempat dua kali menjadi top skor Eredivisie Belanda dan sekali menjadi top skor Bundesliga.

Itulah 7 pemain top Belanda yang sudah pensiun dari lapangan sepak bola sebelum Arjen Robben. Dunia sepak bola tak akan dihiasi aksi mereka lagi, namun generasi baru pemain top Belanda pasti akan bermunculan untuk menggantikan mereka.

Baca Juga: 6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum Terbaru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya