6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier League

Ada yang masih aktif bermain saat ini

Finlandia adalah sebuah negara Skandinavia yang sedang mengalami perbaikan prestasi di dunia sepakbola saat ini. Mereka baru saja tampil untuk pertama kalinya di turnamen mayor, yaitu Piala Eropa 2020. Meski langsung gugur di fase grup, Finlandia membuktikan bahwa mereka sudah mulai bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Meski baru belakangan ini meningkat, bukan berarti Finlandia tak pernah punya pemain hebat sejak dulu. Sejumlah pemain mereka pernah bermain di Premier League, dan ada yang bahkan sukses meraih trofi bergengsi. Siapa saja mereka? Inilah dia 6 pemain top Finlandia yang pernah bermain di Premier League.

1. Mikael Forssell

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueMikael Forssell (chelseafc.com)

Pertama ada Mikael Forssell, striker Finlandia yang berkarier di Premier League selama 10 musim dari 1998 hingga 2008. Forssell membela Chelsea dari 1998 hingga 2005, namun ia banyak dipinjamkan ke klub lain sehingga hanya bermain 52 kali di semua ajang dan mencetak 10 gol.

Setelah itu Forrsell bergabung dengan Birmingham City selama 3 musim dan mencetak 34 gol dalam 102 laga. Sayangnya ia tak sempat meraih trofi selama bermain di Inggris. Forssell sendiri adalah pemain penting bagi Timnas Finlandia, karena ia merupakan pencetak gol terbanyak ketiga negaranya itu dengan 29 gol.

2. Sami Hyypia

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueSami Hyypia (liverpoolfc.com)

Sami Hyypia juga berkarier di Premier League selama 10 musim, tepatnya dari 1999 hingga 2009. Hyypia hanya membela satu klub di Inggris yaitu Liverpool, sehingga ia menjadi legenda klub tersebut. Selama membela The Reds, Hyypia bermain 464 kali di semua ajang dan mencetak 35 gol serta 11 assist.

Pemain berposisi bek tengah ini juga membawa Liverpool meraih 10 trofi, termasuk Liga Champions 2004-05 yang fenomenal. Plus, Hyypia juga pernah dipercaya jadi kapten The Reds pada musim 2002-03. Bersama Timnas Finlandia, Hyypia jadi pemain dengan caps terbanyak kedua, yaitu 106 caps di semua ajang.

3. Jari Litmanen

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueJari Litmanen (liverpoolfc.com)

Jari Litmanen adalah striker legendaris Finlandia yang saat ini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa negaranya dengan 32 gol. Litmanen terutama populer saat berseragam Ajax Amsterdam, namun ia juga pernah bermain di Premier League meski hanya selama 1,5 musim.

Litmanen bergabung dengan Liverpool pada Januari 2001 dan ia menetap hingga akhir musim 2001-02. Selama periode tersebut, Litmanen bermain 43 kali di semua ajang dan mencetak 9 gol serta 5 assist. Meski singkat, pengabdian Litmanen di Liverpool sukses berbuah 5 trofi, termasuk Piala FA, Piala UEFA, dan Piala Super UEFA.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah Wijnaldum

4. Jonatan Johansson

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueJonatan Johansson (90min.com)

Ada pula Jonatan Johansson, striker yang pernah bermain di Premier League selama 6 musim dari 2000 hingga 2006. Johansson hanya membela satu klub yaitu Charlton Athletic, dan ia bermain total 160 kali dengan catatan 28 gol. Johansson sendiri juga merupakan pemain penting Finlandia, karena ia merupakan top skor keempat bagi negaranya dengan 22 gol.

5. Jussi Jaaskelainen

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueJussi Jaaskelainen (thesun.co.uk)

Sementara Jussi Jaaskelainen adalah kiper Finlandia yang berkarier di Premier League selama 18 tahun. Ia pun jadi kiper dengan penampilan terbanyak keenam di Premier League, yaitu 436 kali, dan mencatat 110 clean sheet. Jaaskelainen paling lama membela Bolton Wanderers, yaitu selama 15 musim dari 1997 hingga 2012.

Selama membela Bolton, Jaaskelainen mencatat 431 laga di semua ajang dan membuat 109 clean sheet. Sementara bersama Timnas Finlandia, ia mengoleksi 51 caps. Jaaskelainen pensiun dari timnas pada 2010, alias sekitar 10 tahun sebelum Timnas Finlandia berlaga di Piala untuk pertama kalinya.

6. Teemu Pukki

6 Pemain Top Finlandia yang Pernah Bermain di Premier LeagueTeemu Pukki (skysports.com)

Satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif bermain. Teemu Pukki saat ini membela Norwich City sejak 2018. Pada musim pertamanya, ia langsung sukses membawa Norwich juara divisi Championship sekaligus promosi ke Premier League. Namun Norwich tampil buruk di Premier League dan harus kembali terdegradasi di musim berikutnya.

Musim lalu, untuk kedua kalinya Pukki berhasil membawa Norwich juara Championship sekaligus kembali ke Premier League. Sebagai top skor klub dalam 3 musim terakhir, pastilah ia akan jadi tumpuan lagi musim depan. Sejauh ini Pukki sudah mengoleksi 67 gol bagi Norwich. Sedangkan saat bermain di Premier League musim 2019-20, ia mencetak 11 gol.

Tak hanya bagi klub, saat ini Pukki juga jadi striker andalan Timnas Finlandia. Ia adalah top skor kedua sepanjang masa timnas dengan 30 gol, alias hanya selisih 2 gol dari rekor Jari Litmanen. Pukki juga sukses membawa Finlandia debut di Piala Eropa 2020, meski akhirnya harus tersingkir di fase grup.

Itulah 6 pemain top Finlandia yang pernah bermain di Premier League. Kualitas sepakbola Finlandia terus mengalami perbaikan, maka bukan mustahil akan ada lagi pemain Finlandia yang tampil di Premier League pada masa depan. Siapa yang bisa melakukannya?

Baca Juga: 9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang Sama

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya