Comscore Tracker

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Dunia

Italia gagal lolos ke Piala Dunia dua kali beruntun

Timnas Italia telah dipastikan absen di Piala Dunia 2022. Mereka gagal melewati babak kualifikasi setelah dikandaskan Makedonia Utara. Dengan demikian, Tim Azzurri untuk pertama kalinya gagal lolos ke dua edisi Piala Dunia beruntun karena mereka juga tak tampil di Piala Dunia 2018.

Akibatnya, sejumlah pemain top Italia pun masih harus menunda mimpi mereka berlaga di Piala Dunia. Termasuk sederet pemain yang menjadi kunci keberhasilan Italia menjuarai Piala Eropa 2020, berikut adalah sederet pemain top Italia yang harus menunggu untuk bisa mencicipi gelaran Piala Dunia.

1. Gianluigi Donnarumma

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Duniapotret Gianluigi Donnarumma berseragam Timnas Italia (skysports.com)

Pertama ada Gianluigi Donnarumma, pemain yang dianggap bisa dianggap meneruskan tradisi kiper hebat Italia. Donnarumma berperan besar membawa Italia juara Piala Eropa 2020. Penjaga gawang 23 tahun ini bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Sayangnya, penampilan Donnarumma setelah itu mulai menurun. Ia bahkan dianggap salah satu biang kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia karena gagal mencegah gawangnya dibobol pemain Makedonia Utara. Karena baru mulai membela timnas sejak 2016, Donnarumma pun belum pernah merasakan tampil di Piala Dunia.

2. Jorginho

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Duniapotret Jorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Jorginho juga merupakan salah satu pemain terbaik Italia di Piala Eropa 2020. Ditambah penampilan apiknya bersama Chelsea pada musim 2020/2021, Jorginho bahkan masuk tiga besar pemilihan Ballon d'Or 2021. Namun, kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2022 pun memastikan Jorginho belum pernah tampil di Piala Dunia.

Jorginho sebenarnya sudah berusia cukup senior, yaitu 30 tahun. Namun, pemain kelahiran Brasil ini baru mulai membela timnas Italia sejak 2016. Piala Eropa 2020 pun menjadi satu-satunya turnamen mayor yang pernah dimainkan Jorginho bersama timnas Italia.

Baca Juga: Grup B Piala Dunia 2022: Diwarnai Tensi Politik AS, Inggris, dan Iran

3. Manuel Locatelli

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Duniapotret Manuel Locatelli berseragam Timnas Italia (instagram.com/locamanuel73)

Ada pula Manuel Locatelli, gelandang Italia yang naik daun sejak tampil apik bersama Sassuolo. Locatelli juga bersinar bersama Italia di Piala Eropa 2020. Ia tampil 5 kali di sepanjang turnamen serta sempat mencetak 2 gol pada laga fase grup melawan Swiss.

Locatelli sendiri baru mulai membela timnas Italia sejak 2020 lalu. Maka, ia pun tentunya belum pernah tampil di Piala Dunia. Namun, ia masih punya banyak kesempatan melakukannya karena saat ini baru berusia 24 tahun.

4. Nicolo Barella

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Duniapotret Nicolo Barella berseragam Timnas Italia (instagram.com/nicolo_barella)

Sementara Nicolo Barella sempat mencetak 1 gol dan 2 assist di Piala Eropa 2020 yang turut membawa Italia berjaya. Sukses bersama timnas pun membuat Barella meraih dua trofi bergengsi di tahun 2021. Sebelumnya, ia sukses membawa Inter Milan menjuarai Serie A 2020/2021.

Sejauh ini, Barella sudah mencatat 36 caps bersama timnas dan menyumbang 7 gol. Ia juga tampil 8 kali di kualifikasi Piala Dunia 2022, termasuk pada laga semi final kualifikasi Piala Dunia melawan Makedonia Utara. Apa daya, kali ini Barella gagal mengantarkan negaranya meraih sukses.

5. Federico Chiesa

5 Pemain Top Italia yang Belum Pernah Bermain di Piala Duniapotret Federico Chiesa berseragam Timnas Italia (skysports.com)

Satu lagi pemain top Italia yang belum pernah tampil di Piala Dunia adalah Federico Chiesa. Chiesa sendiri masih berusia muda, yaitu 24 tahun. Ia baru membela timnas sejak 2018. Maka, Piala Dunia 2022 seharusnya menjadi Piala Dunia pertamanya.

Sayangnya, Chiesa tidak bisa turut berjuang membawa negaranya lolos. Ia tidak tampil saat Italia dikalahkan Makedonia Utara karena sedang mengalami cedera ligamen. Untuk sementara Federico pun belum bisa menyamai capaian ayahnya, Enrico Chiesa, yang sempat tampil di Piala Dunia 1998.

Gara-gara tidak lolos ke Piala Dunia dua kali beruntun, para pemain top Italia di atas pun belum pernah merasakan tampil di Piala Dunia. Akankah mereka berkesempatan tampil di Piala Dunia 2026 mendatang?

Baca Juga: 6 Striker Termahal di Piala Dunia 2022, Termasuk Mbappe dan Vlahovic

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya