Comscore Tracker

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Ozil

Mereka sukses tampil bagus dan meraih trofi di Spanyol

Jerman adalah salah satu negara terkuat di Eropa dalam hal sepakbola. Hal itu tak mengherankan karena negara ini senantiasa menghasilkan pemain-pemain kelas dunia yang bermain di liga-liga top Eropa.

Salah satu negara tujuan yang pernah disinggahi beberapa pemain Jerman adalah Spanyol. Sejumlah pemain Jerman pernah menjajal LaLiga Spanyol, dan beberapa di antaranya cukup sukses tampil bagus bahkan bisa meraih trofi. Inilah 5 pemain top Jerman yang pernah sukses bermain di LaLiga.

1. Bernd Schuster 

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Ozilthesefootballtimes.co

Bahkan sejak era '80-an, sudah ada pemain Jerman yang bermain di LaLiga dan meraih sukses luar biasa. Ia adalah Bernd Schuster, gelandang yang pernah membela tiga tim besar LaLiga yaitu Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Yang pertama ia bela adalah Barca dari 1980 hingga 1988. Ia bermain 181 kali bagi Barca di semua ajang dan mencetak 61 gol.

Setelah itu Schuster hijrah ke Real Madrid, sebuah langkah yang terbilang kontroversial. Namun selama 2 musim pun ia terbilang cukup sukses, bermain 79 kali dan mencetak 13 gol di semua ajang. Berikutnya ia menyebrang ke Atletico Madrid, memainkan 105 laga dengan sumbangan 17 gol.

Khusus di ajang LaLiga, Schuster bermain total 291 kali dan mencetak 74 gol. Schuster juga selalu berhasil meraih trofi bersama ketiga klub Spanyol yang ia bela. Rinciannya adalah 8 trofi dengan Barca, 4 trofi dengan Real Madrid, dan 2 trofi dengan Atletico. Fantastis!

2. Mesut Ozil 

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Ozilgoal.com

Berikutnya ada Mesut Ozil, gelandang berdarah Jerman-Turki yang pernah membela Real Madrid selama tiga musim dari 2010 hingga 2013. Meski hanya tiga musim, namun statistik Ozil di Madrid cukup menakjubkan. Yang paling luar biasa adalah jumlah assist-nya. Dari 159 laga di semua ajang, Ozi sukses membuat 80 assist!

Selain itu, Ozil juga mencetak 27 gol bagi Los Blancos di semua ajang. Ia memang "hanya" meraih 3 trofi bersama Madrid, yaitu LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol. Namun penampilan hebatnya selama membela Madrid membuatnya diganjar penghargaan pemain terbaik Jerman tiga tahun berturut-turut pada 2011, 2012, dan 2013. Hebat!

Baca Juga: 7 Pemain asal Korea Selatan yang Pernah Berkarier di LaLiga

3. Sami Khedira 

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Ozilthenationalnews.com

Sami Khedira juga adalah pemain Jerman berdarah Turki yang pernah cukup sukses membela Real Madrid. Seperti Ozil, Khedira juga mulai membela Madrid pada 2010. Namun ia bertahan lebih lama yaitu hingga 2015. Secara total, pemain berposisi gelandang tengah ini mencatat 161 penampilan dengan Madrid di semua ajang, serta mencetak 9 gol dan 13 assist.

Khedira memang tak selalu jadi andalan di lini tengah Madrid. Namun ia turut berjasa membawa Madrid meraih 7 trofi. Itu mencakup 1 trofi LaLiga, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Saat ini, Khedira yang sudah berusia 34 tahun masih aktif bermain dan tengah membela Hertha Berlin di Bundesliga.

4. Toni Kroos 

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Oziltribuna.com

Real Madrid rupanya memang cukup sering dibela gelandang asal Jerman. Mereka saat ini masih memiliki sosok gelandang asal Jerman dalam diri Toni Kroos. Kroos sudah membela Madrid sejak 2014 dan hingga kini masih jadi andalan di lini tengah Real Madrid. Itu tidak mengherankan karena penampilan Kroos masih tetap prima hingga saat ini.

Sejauh ini, Kroos sudah bermain 316 kali bagi Madrid di semua ajang, dengan sumbangan 22 gol dan 78 assist, per 12 April 2021. Ia juga sudah mempersembahkan total 14 trofi bagi Madrid, termasuk 2 LaLiga dan 3 Liga Champions. Kroos masih terikat kontrak hingga 2023, sehingga kemungkinan besar masih akan terus mempersembahkan trofi bagi Real Madrid.

5. Marc-Andre ter Stegen 

5 Pemain Top Jerman yang Sukses di LaLiga, Ada Ozilstandard.co.uk

Barcelona pun memiliki pemain top Jerman yang sudah membela Barca sejak 2014. Awalnya ia hanya diberikan jatah tampil di Copa del Rey dan Liga Champions pada dua musim pertamanya, sementara Claudio Bravo jadi andalan di LaLiga. Namun sejak 2016-17 ia sah jadi kiper utama Barca, dan hasilnya sama sekali tak mengecewakan.

Sejauh ini Ter Stegen sudah tampil 270 kali bagi Barca dan baru kebobolan 260 kali serta mencatat 112 clean sheet. Ia juga sukses membawa Barca meraih 13 trofi, termasuk 4 trofi LaLiga, 4 Copa del Rey, dan 1 Liga Champions. Tentunya, Ter Stegen juga berpeluang meraih banyak trofi tambahan karena ia dikontrak hingga 2025.

Itulah 5 pemain top Jerman yang pernah bermain di LaLiga dan sukses tampil bagus serta meraih trofi. Adakah dari antara mereka yang merupakan pemain jagoanmu?

Baca Juga: 5 Pemain Berusia 21 Tahun yang Bersinar di LaLiga Musim Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya