Comscore Tracker

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto Carlos

Tak banyak yang tahu bahwa mereka pernah berkarier di Rusia!

Russian Premier League alias Liga Primer Rusia adalah divisi teratas liga sepak bola di Rusia. Liga ini sudah berlangsung sejak 1992, setelah bubarnya Uni Soviet. Liga ini sempat berubah nama pada tahun 2001 dari Top League menjadi Premier League, tapi tetap bertajuk Liga Rusia.

Secara popularitas, Liga Rusia memang masih kalah jauh dari liga-liga top Eropa seperti Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis. Akan tetapi, bukan berarti liga ini tak punya daya tarik. Buktinya ada sejumlah pemain top dunia yang pernah bermain di liga ini. Inilah 6 pemain top yang pernah bermain di Liga Rusia selama ini.

1. Samuel Eto'o

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosSamuel Eto'o (goal.com)

Samuel Eto'o adalah striker top yang pasti dikenal semua pencinta sepak bola, khususnya fans Barcelona. Pemain asal Kamerun ini pernah jadi striker andalan Barcelona dari tahun 2004 hingga 2009. Ia mencetak 130 gol selama membela Barca, serta meraih 8 trofi. Selain Barcelona, Eto'o juga pernah berseragam Inter Milan dan Chelsea.

Nah, tahukah kamu bahwa Eto'o ternyata pernah bermain di Liga Rusia? Itu terjadi pada 2009 hingga 2011 dengan membela Anzhi Makhackhala. Statistiknya bersama Anzhi cukup mentereng, yaitu 36 gol dan 16 assists dalam 73 laga. Sayangnya, Eto'o tak berhasil meraih trofi selama 2 musim berkarier di Rusia.

2. Nemanja Vidic

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosNemanja Vidic (twitter.com/afcstuff)

Sementara Nemanja Vidic adalah bek tangguh asal Serbia yang pasti dikenal betul oleh fans Manchester United. Vidic pernah meraih sukses luar biasa selama membela United pada 2006 hingga 2014. Ia meraih 15 trofi selama berseragam Setan Merah, dan bahkan pernah 2 kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League.

Kehebatan Vidic selama di United ternyata tak lepas dari peran Liga Rusia. Itu karena Vidic sempat bermain untuk Spartak Moscow, klub Liga Rusia yang dibela Vidic sebelum hijrah ke Inggris. Bersama Spartak, Vidic menimba ilmu dari 2004 hingga 2006, tampil 41 kali di semua ajang dan mencetak 4 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Antarkan Zenit St Petersburg Juara Liga Rusia

3. Branislav Ivanovic

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosBranislav Ivanovic (bleacherreport.net)

Ada pula Branislav Ivanovic, bek yang juga berasal dari Serbia. Ivanovic mencuat namanya kala membela Chelsea pada 2008 hingga 2017. Ia meraih sukses luar biasa selama membela The Blues, dengan raihan tak kurang dari 10 trofi. Sebagai bek yang sering maju membantu serangan, Ivanovic juga sukses mencatat 34 gol dan 34 assists selama berbaju Chelsea.

Sama seperti Vidic, Ivanovic pun sempat bermain di Liga Rusia sebelum hijrah ke Inggris. Ia membela Lokomotiv Moscow pada 2006 hingga 2008. Setelah meninggalkan Chelsea Ivanovic kembali ke Liga Rusia dan membela Zenit Saint Petersburg selama 3 musim. Saat ini, Ivanovic berstatus tanpa klub setelah musim lalu membela West Bromwich Albion.

4. Andre Schurrle

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosAndre Schurrle (newsbeezer.com)

Pemain yang satu ini juga paling terkenal kala membela Chelsea. Andre Schurrle adalah pemain asal Jerman yang bisa berposisi winger atau striker. Ia bermain untuk Chelsea pada 2013 hingga 2015, tampil 65 kali di semua ajang dan mencetak 14 gol serta 3 assists. Schurrle juga sukses meraih 1 trofi Premier League selama membela The Blues.

Schurrle pensiun tahun lalu, pada usia yang sebenarnya masih terbilang muda yaitu 30 tahun. Klub terakhirnya adalah Borussia Dortmund, dan ia sempat dipinjamkan ke Spartak Moscow pada musim terakhirnya. Schurrle tampil 18 kali bagi Spartak dan mencetak 2 gol serta 4 assists.

5. Hulk

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosHulk (90min.com)

Ada pula Givanildo Vieira de Sousa, penyerang asal Brasil yang terkenal dengan nama Hulk. Hulk pernah membela dua klub Eropa sepanjang kariernya, yaitu FC Porto di Liga Portugal dan Zenit Saint Petersburg di Liga Rusia. Ia cukup sukses bersama kedua klub tersebut, terutama bersama Porto karena berhasil meraih 11 trofi dalam 4 musim.

Bersama Zenit pun Hulk cukup sukses. Statistiknya cukup luar biasa, yaitu 148 penampilan di semua ajang dengan 76 gol dan 60 assists. Ia juga berhasil meraih 3 trofi, termasuk 1 trofi Premier League Rusia. Saat ini, Hulk sudah kembali ke kampung halamannya dan bermain untuk Atletico Mineiro.

6. Roberto Carlos

6 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Rusia, Ada Roberto CarlosRoberto Carlos (planetfootball.com)

Terakhir, ada Roberto Carlos, bek kiri asal Brasil yang dikenal sebagai legenda Real Madrid. Roberto Carlos membela Madrid selama 11 musim, tampil 527 kali di semua ajang dan mencetak 70 gol serta 89 assists. Plus, ia juga sukses meraih 13 trofi, termasuk 4 LaLiga dan 3 Liga Champions.

Selain Madrid, Roberto Carlos juga pernah membela Inter Milan. Tapi tak banyak yang tahu bahwa ia juga pernah bermain di Liga Rusia, tepatnya bersama Anzhi Makhackhala di musim 2011/12. Bersama Anzhi, Roberto Carlos bermain 28 kali di semua ajang dan mencetak 5 gol serta 3 assists.

 

Meski tak sepopuler liga-liga lain, Liga Rusia ternyata pernah menarik perhatian pemain-pemain top dunia seperti 6 pemain di atas. Adakah dari antara mereka yang merupakan pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Striker Liga Rusia yang Layak Pindah ke Klub Liga Top Eropa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya