5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus Terbaru

Mereka mencetak dua digit gol pada musim perdana di West Ham

Mohammed Kudus terbukti sebagai pembelian efektif bagi West Ham United pada 2023/2024. Kudus didatangkan West Ham pada musim panas 2023 dengan mahar 43 juta euro atau Rp732 miliar. Harga itu menjadikannya pemain termahal kedua dalam sejarah West Ham. Namun, sejauh ini Kudus sukses membuktikan bahwa harga mahalnya tidak sia-sia.

Sejauh ini, Kudus sudah mencetak 10 gol dalam 24 penampilan di semua ajang. Gelandang Ghana berusia 23 tahun itu pun untuk sementara menjadi top skor kedua West Ham United pada 2023/2024. Kudus juga terbukti bisa langsung tajam pada musim debutnya membela West Ham. Termasuk Kudus, inilah lima penggawa The Hammers terakhir yang mampu melakukannya.

1. Diafra Sakho mencetak 12 gol bagi West Ham pada 2014/2015

5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus TerbaruDiafra Sakho (whufc.com)

Mohammed Kudus bukanlah pemain Afrika pertama yang subur pada musim debut di West Ham United. Diafra Sakho lebih dulu melakukannya pada 2014/2015. Sakho adalah striker asal Senegal yang didatangkan West Ham dari FC Metz. Ia cepat beradaptasi dan langsung mencetak 12 gol dalam 26 penampilan sepanjang musim tersebut.

Saat itu, Sakho bahkan sempat mencetak gol dalam enam partai beruntun di English Premier League (EPL). Sayangnya, ia gagal mempertahankan konsistensi karena rentan cedera. Sakho terus bertahan membela West Ham hingga 2018, tetapi hanya menambah total sebelas gol di semua ajang.

2. Dimitri Payet menciptakan 12 gol pada musim pertamanya di luar Prancis

5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus TerbaruDimitri Payet (whufc.com)

Pada musim berikutnya alias 2015/2016, West Ham United kembali mendatangkan pemain dari klub Prancis. Ia adalah Dimitri Payet, gelandang serang atau winger yang diboyong dari Olympique Marseille. Bagi Payet, West Ham adalah klub pertama yang ia bela di luar Prancis. Namun, ternyata Payet langsung tampil memukau bersama The Hammes.

Sepanjang 2015/2016, Payet bermain 38 kali dan mencetak 12 gol serta 15 assist. Kontribusinya turut membawa West Ham finis di peringkat ketujuh EPL, salah satu raihan terbaik mereka pada era Premier League. Sayangnya, Payet tak bertahan lama di West Ham. Ia hengkang pada Januari 2017 dan kembali ke Marseille.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 8 Inter Milan sebelum Marko Arnautovic

3. Marko Arnautovic tajam dalam 2 musim membela West Ham

5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus TerbaruMarko Arnautovic (premierleague.com)

Berikutnya, ada Marko Arnautovic, striker Austria yang membela West Ham pada 2017–2019. Meski hanya 2 musim, kehadiran Arnautovic cukup berkesan bagi The Hammers. Pasalnya, ia sukses menjadi top skor West Ham dalam kedua musim tersebut dengan torehan masing-masing sebelas gol.

Total statistik Arnautovic bersama West Ham adalah 65 penampilan dengan 22 gol dan 12 assist. Arnautovic bahkan terpilih jadi pemain terbaik West Ham pada 2017/2018 alias musim debutnya. Sementara itu, pada musim keduanya, ia sukses membawa West Ham finis di sepuluh besar Premier League.

4. Felipe Anderson membuat sepuluh gol pada 2018/2019, tetapi menurun pada musim berikutnya

5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus TerbaruFelipe Anderson (premierleague.com)

Pada 2018/2019, ada lagi pemain West Ham United yang mencetak dua digit gol selain Arnautovic. Ia adalah Felipe Anderson, gelandang serang atau winger asal Brasil. Felipe Anderson saat itu baru didatangkan West Ham dari Lazio. Namun, ia langsung tajam dengan catatan 10 gol dalam 40 penampilan di semua ajang.

Sayangnya, Felipe Anderson tidak konsisten bersama West Ham. Pada 2019/2020, ia hanya mampu mencetak 1 gol dalam 28 penampilan. Felipe Anderson pun dipinjamkan ke FC Porto pada musim berikutnya. Ketajamannya baru kembali setelah ia pulang ke Lazio pada 2021.

5. Mohammed Kudus sudah mencetak sepuluh gol pada 2023/2024

5 Pemain West Ham yang Langsung Tajam pada Musim Debut, Kudus TerbaruMohammed Kudus (twitter.com/WestHam)

Mohammed Kudus menjadi pemain terbaru yang langsung tajam pada musim debutnya di West Ham United. Ia sukses melanjutkan performa apiknya bersama Ajax Amsterdam sebelum diboyong West Ham. Pada 2022/2023, Kudus mencetak 18 gol di semua ajang bagi Ajax. Ia pun sempat diincar beberapa klub Eropa, tetapi West Ham yang beruntung mendapatkannya.

Ketajaman Kudus turut mengangkat performa West Ham pada 2023/2024. The Hammers bercokol di peringkat keenam EPL hingga pekan ke-20. Mereka juga sudah lolos ke babak knockout Liga Europa sebagai juara grup. Namun, untuk sementara Kudus belum bisa berkontribusi lagi bagi West Ham. Pasalnya, ia akan tampil bersama Timnas Ghana di Piala Afrika 2023.

West Ham United tentu berharap Mohammed Kudus bisa kembali dari Piala Afrika 2023 tanpa masalah. Ketajaman Kudus masih akan dibutuhkan The Hammers pada lanjutan musim ini. Berapa total gol yang akan dikoleksi Kudus bersama West Ham sepanjang 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Ghana dengan Gol Terbanyak di EPL, Kudus Bisa Mengejar?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya