4 Pemain yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama AC Milan

Bisa jadi ada yang bisa menyusul pada 2023/2024

AC Milan bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Rossoneri sejauh ini sudah mendatangkan tujuh pemain secara permanen. Empat di antaranya memiliki karakter menyerang, yaitu Noah Okafor, Christian Pulisic, Samuel Chukwueze, dan Luka Romero.

Sejumlah pemain anyar AC Milan sudah tampil dalam laga pramusim yang sedang mereka jalani. Luka Romero bahkan sukses mencetak gol ke gawang Real Madrid pada laga persahabatan di Amerika Serikat. Namun, gol itu memang tak berarti signifikan karena terjadi di partai tak resmi.

Tentu menarik menantikan kiprah para pemain baru AC Milan saat melakoni debut resmi nanti. Bukan mustahil salah satu dari mereka bakal menghiasi debutnya dengan gol. Itu akan sama seperti torehan empat pemain berikut ini, yang sukses mencetak gol pada debut resmi bersama AC Milan.

1. George Weah

4 Pemain yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama AC MilanGeorge Weah (twitter.com/acmilan)

George Weah adalah eks striker Liberia yang melegenda. Ia merupakan satu-satunya pemain Afrika yang pernah memenangi Ballon d'Or. Weah mendapatkannya pada 1995, alias tahun di mana ia baru pindah dari Paris Saint-Germain ke AC Milan.

Tentu, kiprah Weah pada musim pertamanya di Milan turut menentukan keberhasilan itu. Laga debutnya bersama Rossoneri bahkan langsung berbuah 1 gol dan 1 assist ke gawang Padova. Berkat Weah, AC Milan memenangi partai pekan pembuka Serie A Italia itu dengan skor 2-1.

Weah mencetak total 15 gol dan 16 assist bagi AC Milan sepanjang musim 1995/1996. Hasilnya, AC Milan sukses keluar sebagai juara Serie A. Weah terus bertahan membela mereka hingga 2000. Ia mencatat 147 penampilan dengan 58 gol dan turut meraih dua scudetto.

2. Alexandre Pato

4 Pemain yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama AC MilanAlexandre Pato (acmilan.com)

Alexandre Pato juga berhasil mencetak gol pada debutnya bersama AC Milan. Pato bergabung dengan mereka pada musim panas 2007 saat masih berusia 17 tahun. Namun, ia harus menunggu hingga Januari 2008 alias hingga usianya genap 18 tahun untuk melakoni debut resmi bareng Rossoneri.

Penantian panjang itu ternyata tidak sia-sia. Pato langsung mencetak gol pada penampilan perdananya. Striker asal Brasil itu membuat gol penutup dalam kemenangan AC Milan 5-2 atas Napoli di Serie A. Itu adalah yang pertama dari total sembilan gol Pato hingga akhir musim tersebut.

Sejak itu, Pato terus bersinar bersama AC Milan. Ia mencatat total 150 penampilan dengan 63 gol di semua ajang. Sayangnya, karier Pato belakangan rusak karena cedera menahun yang ia alami. Masalah itu pula yang akhirnya membuat Pato dilepas AC Milan pada 2013.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dipermanenkan AC Milan dari Klub EPL

3. Sulley Muntari

4 Pemain yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama AC MilanSulley Muntari (twitter.com/acmilan)

Ada pula gelandang yang langsung mencetak gol saat debut membela AC Milan. Ia adalah Sulley Muntari, gelandang asal Ghana. Muntari pertama kali membela AC Milan pada paruh kedua musim 2011/2012. Saat itu, ia hanya berstatus pinjaman dari Inter Milan.

Sebagai gelandang, Muntari sebenarnya lebih berkarakter bertahan. Namun, ia sukses menghiasi debutnya bareng AC Milan dengan gol saat melawan Cesena. Bahkan, golnya itu terjadi hanya 29 menit setelah laga babak pertama dimulai.

Sejak itu, Muntari makin sering diandalkan AC Milan. Ia pun dipermanenkan pada musim berikutnya. Muntari terus membela mereka hingga 2015. Ia melakoni 83 penampilan dan mencetak 13 gol, tetapi sayangnya tak berhasil mempersembahkan trofi bagi Rossoneri.

4. Mario Balotelli

4 Pemain yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama AC MilanMario Balotelli (instagram.com/mb459)

Satu nama lagi adalah Mario Balotelli, striker Italia yang terkenal berkualitas, tetapi bengal. Balotelli pernah membela banyak klub dalam kariernya, termasuk AC Milan. Ia pertama kali berseragam AC Milan pada Januari 2013. Balotelli diboyong setelah mulai menurun bersama Manchester City.

Ternyata, kepindahan ke Milan sukses membangkitkan karier Balotelli. Ia langsung mencetak 12 gol dalam 13 laga hingga akhir musim 2012/2013. Itu termasuk torehan dua gol pada laga debutnya bareng AC Milan melawan Udinese di Serie A.

Balotelli kembali tampil tajam bersama Milan pada 2013/2014. Namun, setelah itu ia hengkang ke Liverpool dan malah flop bersama The Reds. Balotteli terus gonta-ganti klub sejak itu dan kini tengah memperkuat FC Sion di Liga Super Swiss.

Empat pemain di atas sukses mencetak gol pada debutnya bersama AC Milan. Gol debut seolah jadi pembuka karier mereka bersama AC Milan yang terbilang cukup sukses. Adakah pemain baru AC Milan pada 2023/2024 yang akan menghiasi debutnya dengan gol?

Baca Juga: 6 Rekrutan Termahal AC Milan dari Klub LaLiga, Ada Chukwueze!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya