6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munich

David Alaba terbaru

Real Madrid dan Bayern Munich adalah dua klub besar yang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menjadi klub tersukses di liga domestik. Real Madrid menguasai LaLiga Spanyol dengan 35 gelar, sementara Bayern Munich punya 32 trofi Bundesliga Jerman.

Oleh karena itu, wajar jika banyak pemain yang pernah membela Real Madrid, pernah pula merasakan gelar juara liga. Begitu pula dengan Bayern Munich. Enam pemain berikut ini pernah membela Real Madrid dan Bayern Munich sekaligus menjuarai liga domestik bersama kedua klub.

1. Xabi Alonso

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret Xabi Alonso berseragam Real Madrid (marca.com)

Xabi Alonso adalah mantan gelandang top Spanyol yang membela Real Madrid pada 2009—2014. Saat itu adalah periode Barcelona sangat dominan di LaLiga. Namun, Alonso bersama Real Madrid sempat menyela dominasi Barca dengan menjuarai LaLiga 2011/2012.

Setelah 5 musim mengabdi, Xabi Alonso hijrah ke Bayern Munich pada 2014. Bayern Munich ternyata menjadi klub terakhirnya. Ia bertahan selama 3 musim. Ketiga musim tersebut selalu diakhiri dengan gelar juara Bundesliga. Alonso pun pensiun pada 2017 dengan koleksi empat trofi liga domestik sepanjang kariernya.

2. Hamit Altintop

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret Hamit Altintop berseragam Bayern Munich (skysports.com)

Sementara, Hamit Altintop terlebih dahulu membela Bayern Munich, baru Real Madrid. Gelandang asal Turki ini memang lahir dan memulai kariernya di Jerman. Setelah tampil apik bersama Schalke 04, Altintop diboyong Bayern Munich pada 2007 dan turut memenangi trofi Bundesliga 2007/2008 dan 2009/2010.

Setelah itu, Altintop sempat membela Real Madrid pada 2011/2012. Meski minim kesempatan bermain bersama Los Blancos, ia tetap bagian skuad juara liga pada musim tersebut. Selain Liga Jerman dan Spanyol, Altintop juga pernah juara Liga Turki bersama Galatasaray.

3. Arjen Robben

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret Arjen Robben berseragam Real Madrid (skysports.com)

Arjen Robben adalah winger asal Belanda yang terkenal sebagai legenda Bayern Munich. Robben setia membela Bayern Munich selama 1 dekade, tepatnya pada 2009—2019. Ia sukses membawa mereka meraih 20 trofi, termasuk 8 trofi Bundesliga.

Robben sendiri sempat lebih membela Real Madrid sebelum berseragam Bayern Munich. Ia hanya menghabiskan 2 musim di Spanyol, tetapi sukses berbuah trofi LaLiga pada 2007/2008. Robben baru saja pensiun pada akhir musim 2020/2021 lalu setelah membela Groningen di Liga Belanda.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

4. James Rodriguez

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret James Rodriguez berseragam Bayern Munich (skysports.com)

James Rodriguez juga pernah membela Real Madrid dan Bayern Munich. Namun, ia berseragam Bayern Munich hanya sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid pada 2017—2019. Selama dipinjam, James turut memenangi trofi Bundesliga 2017/2018 dan 2018/2019.

Bersama Real Madrid, James dua kali menjuarai liga domestik, yaitu 2016/2017 dan 2019/2020. Ia saat ini membela Al-Rayyan di Liga Qatar. Namun, dikabarkan ingin kembali berkompetisi di Eropa mulai musim depan.

5. Toni Kroos

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret Toni Kroos berseragam Real Madrid (skysports.com)

Toni Kroos adalah gelandang top Jerman yang merupakan lulusan akademi Bayern Munich. Ia membela tim senior Bayern Munich pada 2007—2014. Kroos berhasil meraih sembilan trofi. Itu termasuk 3 gelar Bundesliga dan 1 trofi Liga Champions.

Setelah sukses bersama Bayern Munich, Kroos hijrah ke Real Madrid pada 2014. Ia masih setia membela Real Madrid hingga kini. Sejauh ini sudah mengangkat tiga trofi LaLiga. Trofi LaLiga 2021/2022 adalah raihan terbarunya bersama Real Madrid. Ia berpeluang melengkapinya dengan gelar Liga Champions musim ini.

6. David Alaba

6 Pemain yang Pernah Juara Liga Bersama Real Madrid dan Bayern Munichpotret David Alaba berseragam Bayern Munich (fcbayern.com)

David Alaba jadi pemain terbaru yang memenangi liga domestik bersama Bayern Munich dan Real Madrid. Bek asal Austria ini juga merupakan lulusan akademi Bayern Munich. Alaba membela Bayern Munich pada 2009—2021 dan meraih total 27 trofi, termasuk 10 gelar Bundesliga.

Pada 2021/2022 ini, Alaba untuk pertama kalinya meninggalkan Bayern Munich. Ia bergabung dengan Real Madrid. Pada musim pertamanya di Spanyol, kiprahnya langsung berbuah gelar LaLiga. Alaba sendiri memiliki kontrak hingga 2026 bersama Real Madrid, sehingga berpeluang terus menambah koleksi trofi Liga Spanyol.

Enam pemain di atas pernah membela Real Madrid dan Bayern Munich serta menjuarai liga domestik bersama kedua klub. Adakah pemain lain yang bisa menyusul raihan mereka?

Baca Juga: Bayern Munich Berniat Bajak Sadio Mane dari Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya