5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan Atas

Mereka bermain untuk Arsenal dan Liverpool

Yunani adalah negara yang kurang ternama di dunia sepak bola. Timnas Yunani memang pernah membuat kejutan luar biasa dengan menjuarai Piala Eropa 2004. Meski begitu, ternyata ada sederet pemain Yunani di Premier League.

Beberapa nama bahkan sukses memperkuat klub-klub papan atas. Berkut kelima pemain tersebut yang terbagi menjadi pemain Arsenal dan Liverpool.

1. Stathis Tavlaridis

5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan AtasStathis Tavlaridis (arsenal.com)

Pemain Yunani pertama yang pernah bergabung dengan klub besar Premier League adalah Stathis Tavlaridis. Tavlaridis merupakan mantan bek tengah yang kini sudah pensiun. Semasa aktif bermain, Tavlaridis pernah membela beberapa klub, termasuk Arsenal pada 2001–2004.

Meski berseragam The Gunners selama tiga musim, Tavlaridis hanya mendapat kesempatan bermain delapan kali di semua ajang. Ia juga sempat dua kali dipinjamkan ke klub lain. Meski gagal di Arsenal, Tavlaridis sebenarnya sempat cukup bersinar kala bermain di Ligue 1 Prancis.

2. Sotirios Kyrgiakos

5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan AtasSotirios Kyrgiakos (skysports.com)

Berikutnya ada Sotirios Kyrgiakos, pemain Yunani yang juga berposisi bek tengah. Kyrgiakos pernah bermain membela klub besar Premier League, yaitu Liverpool medio 2009–2011. Nasib Kyrgiakos pun lebih baik dibanding Tavlaridis karena ia cukup sering tampil bareng The Reds.

Dua musim berseragam Liverpool, Kyrgiakos mencatat 49 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 3 gol dan 4 assists. Selain Liverpool, Kyrgiakos juga sempat membela Sunderland di Premier League selama setengah musim. Karier Kyrgiakos pun sempat diwarnai sejumlah trofi saat membela Panathinaikos dan Rangers FC.

Baca Juga: Mengintip Momen Latihan Pramusim Klub Top EPL, Antonio Conte Brutal!

3. Sokratis Papastathopoulos

5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan AtasSokratis Papastathopoulos (arsenal.com)

Sejauh ini, Arsenal sudah pernah memiliki tiga bek tengah asal Yunani. Selain Mavropanos, mereka juga sempat dibela oleh Sokratis Papastathopoulos. Sokratis mulai bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2018.

Saat itu, Sokratis sudah berpengalaman menjuarai Serie A bersama AC Milan serta meraih trofi bareng Borussia Dortmund. Bersama Arsenal pun akhirnya Sokratis sukses memenangi trofi, yaitu Piala FA 2019/2020. Namun, pada musim 2020/2021 ia malah tak mendapat kesempatan bermain sekalipun.

Sokratis pun hengkang pada Januari 2021 ke Olympiakos. Secara total, ia membela Arsenal selama 2,5 musim dengan catatan 69 penampilan di semua ajang. Sokratis pun menjadi salah satu pemain Yunani dengan penampilan terbanyak di Premier League, yaitu 44 kali.

4. Konstantinos Mavropanos

5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan AtasKonstantinos Mavropanos (instagram.com/dinos_mavropanos)

Satu lagi bek tengah Yunani yang pernah berseragam Arsenal adalah Konstantinos Mavropanos. Mavropanos membela tim Meriam London pada 2018–2022. Sayangnya, ia sempat beberapa kali diganggu cedera selama membela Arsenal. Plus, ia juga dipinjamkan ke VfB Stuttgart selama dua musim terakhirnya.

Alhasil, Mavropanos hanya mencatat delapan penampilan saja di semua ajang bersama Arsenal. Saat ini pun ia sudah dilepas secara permanen ke Stuttgart. Musim 2021/2022 lalu, Mavropanos turut menyelatkan Stuttgart dari ancaman degradasi ke Bundesliga 2.

5. Konstantinos Tsimikas

5 Pemain Yunani di Premier League, Sukses Bersaing di Klub Papan AtasKostas Tsimikas (instagram.com/tsimikas21)

Saat ini, ada satu pemain Yunani yang tengah membela klub besar Premier League. Ia adalah Konstantinos Tsimikas atau biasa disapa Kostas Tsimikas. Bek kiri berusia 26 tahun mulai bergabung dengan Liverpool pada 2020 setelah didatangkan dari Olympiakos.

Pada musim pertamanya membela The Reds, Tsimikas hanya mendapat kesempatan bermain tujuh kali di semua ajang. Namun, musim 2021/2022 lalu ia mulai sering diandalkan hingga mencatat 26 penampilan dan menyumbang 6 assists. Ia pun turut andil membawa Liverpool memenangi Piala FA dan Piala Liga.

Kostas Tsimikas kini jadi satu-satunya pemain Yunani yang membela klub besar Premier League. Sudah berkembang pesat, Tsimikas bisa jadi salah satu aset berharga Liverpool musim depan. Bukan mustahil, Tsimikas bakal jadi pemain Yunani tersukses yang pernah bermain di Premier League.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya