5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022

Sederet pemain yang merapat ke klub-klub besar Turki

Super Lig Turki memang bukan merupakan salah satu dari liga top Eropa. Namun, liga ini juga menarik diikuti karena turut diramaikan beberapa pemain top. Super Lig Turki juga sangat kompetitif, terbukti dengan adanya empat klub berbeda yang jadi juara dalam lima musim terakhir.

Memasuki musim kompetisi 2022/2023, klub-klub Super Lig Turki tentu sudah berbenah dengan mendatangkan sejumlah pemain baru. Galatasaray, Besiktas, dan Fenerbahce seperti biasa jadi yang terdepan dalam hal belanja pemain. Berikut ini kelima pembelian termahal yang dilakukan klub Super Lig Turki pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Lucas Torriera (6 juta euro)

5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022Lucas Toreira (instagram.com/ltorreira34)

Ada dua pemain yang dibeli klub Super Lig dengan harga 6 juta euro atau Rp89 miliar pada musim panas 2022. Salah satunya adalah Lucas Torreira, gelandang Uruguay yang diboyong Galatasaray dari Arsenal. Torreira sempat jadi andalan Arsenal, tetapi kehilangan tempat di skuad dalam dua musim terakhir.

Torreira dipinjamkan Arsenal ke klub lain dalam dua musim terakhir hingga akhirnya dilepas secara permanen pada bursa transfer musim panas 2022. Sejak bergabung, ia telah bermain sebanyak tiga kali bagi Galatasaray. Kepindahan ke Galatasaray bisa jadi memang langkah yang tepat bagi karier Torreira.

2. Gedson Fernandes (6 juta euro)

5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022Gedson Fernandes (instagram.com/gedson_83)

Gedson Fernandes juga diboyong dengan harga 6 juta euro atau Rp89 miliar oleh klub raksasa Super Lig Turki lainnya, Besiktas. Fernandes adalah winger berusia 23 tahun asal Portugal yang sebelumnya membela Benfica. Selama berkostum Benfica, Fernandes mencatatkan 63 penampilan di semua ajang sekaligus turut memenangi satu trofi liga domestik.

Super Lig Turki sendiri bukan liga yang asing bagi Fernanes. Pasalnya, ia sempat dipinjamkan Benfica ke dua klub Super Lig yang berbeda, yaitu Galatasaray dan Rizespor. Sejak bergabung bersama Besiktas, Fernandes telah bermain lima kali pada musim kompetisi 2022/2023 ini.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Chelsea yang Kini Bermain di Liga Turki

3. Diego Rossi (5,5 juta euro)

5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022Diego Rossi (instagram.com/diegorossi9)

Pemain Uruguay yang bergabung ke klub Super Lig pada musim panas 2022 bukan hanya Lucas Torreira. Ada pula Diego Rossi, sosok penyerang berusia 24 tahun yang direkrut Fenerbahce dari Los Angeles FC dengan mahar 5,5 juta euro atau Rp81 miliar.

Rossi sebenarnya sudah bermain bersama Fenerbahce pada musim 2021/2022, tetapi hanya sebagai pemain pinjaman. Sepanjang musim lalu, Rossi bermain sebanyak 39 kali serta membuat 6 gol serta 9 assists. Di sisi lain, di Super Lig 2022/2023 ia memang belum mampu membuat gol dari 10 penampilan, namun, ia telah menyumbangkan 5 assists.

4. Luan Peres (5,23 juta euro)

5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022Luan Peres (instagram.com/luanperes94)

Ada pula nama Luan Peres, sosok bek tengah asal Brasil yang juga bisa bermain sebagai bek kiri. Peres didatangkan Fenerbahce dari Olympique Marseille dengan mahar 5,23 juta euro atau Rp77 miliar. Pemain berusia 28 tahun ini disodori kontrak tiga tahun alias hingga 2025.

Musim kompetisi 2021/2022, Peres sangat diandalkan oleh Marseille. Ia bahkan tampil sebanyak 50 kali di semua ajang. Setelah pindah pun ia masih terus jadi andalan. Kini Peres sudah bermain tujuh kali bersama Fenerbahce sejauh musim kompetisi 2022/2023 berlangsung.

5. Joao Pedro (4,68 juta euro)

5 Pembelian Termahal Klub Super Lig Turki Musim Panas 2022Joao Pedro (fenerbahce.org)

Satu nama lagi adalah Joao Pedro, penyerang Brasil berusia 30 tahun. Joao Pedro diboyong Fenerbahce dari klub Italia, Cagliari.

Fenerbahce mengeluarkan dana 4,68 juta euro atau Rp69 miliar untuk menebusnya. Joao Pedro sendiri akhirnya meninggalkan Cagliari setelah mengabdi sejak 2014.

Musim kompetisi 2021/2022 lalu, Joao Pedro tampil tajam dengan torehan 13 gol di Serie A. Sayangnya, ia gagal menyelamatkan Cagliari dari petaka degradasi ke Serie B.

Bersama Fenerbahce, Joao Pedro baru tampil 2 kali karena sempat mengalami cedera di awal musim. Namun, ia sudah berhasil membuat sebiji gol bagi klub barunya.

Daftar di atas berisikan pemain-pemain yang digaet oleh Galatasaray, Besiktas, dan Fenerbahce. Ketiga klub tersebut memang jadi yang tersukses di Super Lig Turki sepanjang sejarah. Apakah gelar Super Lig 2022/2023 bakal kembali jatuh ke salah satu dari mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele Alli

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya