5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga Inggris

Liverpool menangi edisi teranyar

Community Shield adalah partai tahunan yang mempertemukan juara divisi utama Liga Inggris dengan juara Piala FA. Setiap tahun, laga Community Shiled digelar sepekan sebelum dimulainya Liga Inggris. Pemenang laga akan mendapat trofi Community Shield yang berbentuk seperti perisai.

Trofi Community Shield sendiri tidak dianggap sebagai trofi mayor. Namun, tentu memenangi trofi tersebut tetap merupakan kebanggaan tersendiri karena bertajuk pertemuan dua juara kompetisi domestik. Inilah lima klub terakhir yang sukses memenangi Community Shield.

1. Manchester United (2016)

5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga InggrisManchester United menjuarai Community Shield 2016. (twitter.com/ManUtd)

Pada tahun 2016, partai Community Shield mempertemukan Leicester City dengan Manchester United. Leicester berstatus juara Premier League 2015/2016, sementara United adalah sang pemenang Piala FA. Dalam laga yang digelar di Wembley tersebut, United mengalahkan Leicester dengan skor 2-1.

Manchester United pun memenangi trofi Community Shield yang ke-21 sehingga makin kokoh sebagai klub tersukses di ajang ini. Dari jumlah tersebut, empat trofi di antaranya dimenangi bersama-sama dengan klub lain. Setan Merah juga paling sering tampil di Community Shield, yaitu tiga puluh kali.

2. Arsenal (2017 dan 2020)

5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga InggrisArsenal menjuarai Community Shield 2020. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal sukses memenangi Community Shield tahun 2017 dan 2020. Dalam kedua edisi tersebut, The Gunners tampil sebagai kampiun Piala FA dan harus berhadapan dengan juara Premier League.

Pada 2017, Arsenal mengalahkan Chelsea, sang juara Premier League 2016/2017. Sementara itu, pada 2020, Meriam London menaklukkan juara Premier League 2019/2020, Liverpool. Uniknya, kedua kemenangan tersebut mereka raih melalui adu penalti.

The Gunners pun kini memiliki koleksi enam belas trofi Community Shield, rekor terbaik kedua setelah Manchester United. Arsenal juga sedang memiliki rekor bagus di ajang ini. Dalam sedekade terakhir, Arsenal tampil empat kali di Community Shield dan selalu jadi pemenang.

Baca Juga: Kekuatan Arsenal yang Tercermin Selama Pramusim

3. Manchester City (2018 dan 2019)

5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga InggrisManchester City menjuarai Community Shield 2019. (mancity.com)

Berikutnya ada Manchester City yang menjuarai Community Shield secara beruntun pada 2018 dan 2019. City saat ini sedang dominan di Premier League dengan 4 kali juara dalam 5 musim terakhir. Mereka pun berhak tampil empat kali di Community Shield.

Pada 2018, City sukses mengalahkan Chelsea di Community Shield, disusul Liverpool pada 2019. Namun, mereka justru selalu kalah dalam dua edisi Community Shield terbaru melawan Leicester City dan Liverpool. Koleksi trofi Community Shield milik City pun sejauh ini masih tertahan di angka enam.

4. Leicester City (2020)

5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga InggrisLeicester City menjuarai Community Shield 2021. (lcfc.com)

Setelah gagal pada edisi 2016, Leicester City kembali tampil di Community Shield 2021. Saat itu mereka berstatus juara Piala FA 2020/2021 dan harus berhadapan dengan Manchester City yang menjuarai Premier League. Secara mengejutkan, Leicester sukses jadi pemenang dengan skor 1-0.

Trofi Community Shield 2021 sendiri ternyata bukan yang pertama bagi Leicester. Mereka sudah pernah memenangi ajang tersebut pada 1971 saat masih bernama Charity Shield. Dengan demikian, Leicester sudah pernah 2 kali menang dalam 3 penampilan di Community Shield.

5. Liverpool (2022)

5 Klub Terakhir Pemenang Community Shield, Trofi Pembuka Liga InggrisLiverpool menjuarai Community Shield 2022. (twitter.com/MoSalah)

Klub pemenang edisi teranyar Community Shield adalah Liverpool. The Reds berhasil meraih trofi usai mengalahkan Manchester City di King Power Stadium dengan skor 3-1. Liverpool sendiri tampi di Community Shield 2022 sebagai juara Piala FA 2021/2022, sementara City adalah juara Premier League.

Bagi Liverpool, itu adalah trofi Community Shield ke-16 bagi mereka, sama dengan perolehan Arsenal. Selain itu, trofi tersebut juga spesial karena melengkapi trofi domestik yang diraih Liverpool era Jurgen Klopp. Plus, The Reds juga sukses memberi sinyal bahwa mereka masih patut disegani pada musim 2022/2023.

 

Meski bukan merupakan trofi mayor, memenangi Community Shield tetap membanggakan bagi sebuah klub. Liverpool yang sukses menjuarai edisi 2022 pasti terpacu untuk meraih lebih banyak trofi pada musim 2022/2023. Sanggupkah The Reds melakukannya?

Baca Juga: Deretan Klub dengan Trofi FA Community Shield Terbanyak

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya