3 Penampilan PSG di Semifinal Liga Champions Eropa sebelum 2023/2024

PSG sempat mencapai babak final

Intinya Sih...

  • PSG mencapai babak final Liga Champions sebanyak 3 kali, namun baru sekali berhasil melaju ke final.
  • Pada tahun 1994/1995, PSG kalah di semifinal dari AC Milan. Pada tahun 2019/2020, PSG kalah di final dari Bayern Munich.
  • Tahun ini, PSG kalah 0-1 dari Borussia Dortmund pada leg pertama semifinal Liga Champions 2032/2024.

Paris Saint-Germain (PSG) adalah salah satu klub kaya dengan skuad bertabur pemain bintang. Sejak kedatangan investor Qatar pada 2011, PSG mulai membangun hegemoni, terutama di kancah lokal. Namun, Les Parisiens belum pernah berjaya di Liga Champions Eropa.

Upaya PSG untuk menjuarai Liga Champions sebenarnya sempat beberapa kali hampir berhasil. Sepanjang sejarah, PSG pernah empat kali menembus semifinal. Itu termasuk keberhasilan mereka pada 2023/2024 ini. PSG kini hanya perlu melewati adangan Borussia Dortmund untuk mencapai partai puncak.

Menilik kekuatan kedua tim, kans PSG menembus babak final musim ini cukup terbuka. Les Parisiens berpeluang memperbaiki rekor penampilan di semifinal Liga Champions yang tidak impresif. Inilah hasil yang mereka terima dalam tiga penampilan sebelumnya.

1. PSG kalah dari AC Milan dalam dua laga semifinal Liga Champions 1994/1995

3 Penampilan PSG di Semifinal Liga Champions Eropa sebelum 2023/2024PSG melawan AC Milan di semifinal Liga Champions 1994/1995. (psg.fr)

Penampilan perdana PSG di semifinal Liga Champions Eropa terjadi pada 1994/1995. Saat itu, PSG belum menjadi klub kaya seperti sekarang. Namun, mereka sudah memiliki beberapa pemain top yang tampil gemilang. Hasilnya, PSG meraih dua trofi di kancah lokal serta finis di tiga besar Ligue 1 musim tersebut.

Di Liga Champions, PSG juga trengginas. Les Parisiens menyapu bersih enam laga fase grup dengan kemenangan. Babak perempat final pun dilewati PSG dengan menyisihkan Barcelona. Namun, PSG akhirnya tak berkutik di hadapan AC Milan di semifinal. Wajar saja, skuad AC Milan saat itu lebih sarat pemain kelas dunia.

Pada pertemuan pertama di kandang sendiri, PSG kalah 0-1 dari AC Milan. Saat ganti bertamu pun PSG kembali keok. Kali itu dengan skor 0-2. Langkah PSG pun terhenti di fase tersebut. AC Milan sendiri akhirnya gagal juara setelah dikalahkan Ajax Amsterdam di final.

Baca Juga: 3 Pemain Capai 150 Penampilan Liga Champions Bersama Satu Klub

2. PSG mencapai final Liga Champions 2019/2020 usai menyingkirkan RB Leipzig

3 Penampilan PSG di Semifinal Liga Champions Eropa sebelum 2023/2024PSG melawan RB Leipzig di semifinal Liga Champions 2019/2020. (psg.fr)

Setelah 1994/1995, PSG kerap hanya menjadi penggembira setiap kali tampil di Liga Champions. Selang 25 tahun kemudian, barulah Les Parisiens muncul lagi sebagai kandidat juara. Mereka berhasil menembus babak semifinal Liga Champions 2019/2020. Pada momen kali ini, PSG bertemu RB Leipzig, wakil Jerman yang baru kali itu mencapai semifinal.

Liga Champions 2019/2020 sendiri sempat menerapkan perubahan format. Karena pandemik COVID-19, babak perempat final dan semifinal hanya terdiri dari satu laga. PSG dan RB Leipzig pun bertemu di tempat netral, yaitu Portugal. Hasilnya, PSG menang 3-0 melalui gol-gol dari Marquinhos, Angel Di Maria, dan Juan Bernat.

PSG pun berhasil menyabet tiket ke final Liga Champions untuk pertama kalinya. Namun, mereka diadang Bayern Munich yang sukses membantai Barcelona 8-2 di perempat final. Sesuai dugaan, Bayern Munich pun akhirnya terbukti lebih unggul. PSG kalah 0-1 hingga harus menunda impian meraih trofi Liga Champions perdana.

3. Langkah PSG dihentikan Manchester City di semifinal Liga Champions 2020/2021

3 Penampilan PSG di Semifinal Liga Champions Eropa sebelum 2023/2024PSG melawan Manchester City di semifinal Liga Champions 2020/2021. (psg.fr)

Sempat gagal di final tak membuat semangat PSG untuk menjuarai Liga Champions mengendur. Tak perlu menunggu lama, PSG kembali mencapai semifinal pada musim berikutnya alias 2020/2021. Perjalanan Les Parisiens ke babak empat besar pun impresif. Mereka sukses menyingkirkan Barcelona dan Bayern Munich pada fase sebelumnya.

Di semifinal, PSG bersua Manchester City yang juga tengah mengincar trofi Liga Champions perdana. Namun, meski punya target yang sama, PSG akhirnya terbukti kalah kualitas. Pada pertemuan pertama di Paris, PSG menyerah 1-2. Sang tuan rumah sempat unggul lebih dulu, tetapi gagal mempertahankan skor pada babak kedua.

PSG makin tak berdaya saat bertandang ke Manchester pada laga kedua. Tampil tanpa Kylian Mbappe, Les Parisiens kalah 0-2. PSG pun kembali gagal memenuhi target juara Liga Champions. Hasil itu juga membuat PSG punya rekor negatif di semifinal Liga Champions. Dalam 3 kesempatan, PSG hanya 1 kali berhasil melaju ke final.

PSG kalah 0-1 dari Borussia Dortmund pada leg pertama semifinal Liga Champions 2032/2024. Namun, Kylian Mbappe dan kolega berpeluang membalikkan keadaan pada laga kedua di Prancis. Bisakah mereka melakukannya sekaligus mencapai final Liga Champions untuk kedua kali?

Baca Juga: Perjalanan Thomas Mueller Ukir Rekor 150 Penampilan di UCL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya