6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di Eropa

Son Heung Min dan Lee Kang In tertajam

Mimpi Korea Selatan untuk menjuarai Piala Asia 2023 sudah kandas. Langkah Taegeuk Warriors terhenti di semifinal usai kalah 0-2 oleh Yordania yang menjadi kuda hitam. Korea Selatan pun dipaksa meneruskan puasa gelar juara Piala Asia yang mereka alami sejak 1960.

Kiprah Korea Selatan di Piala Asia 2023 sendiri terbilang kurang meyakinkan. Sepanjang turnamen, Korea Selatan hanya meraih satu kemenangan dalam waktu normal. Lini pertahanan yang rapuh menjadi salah satu kelemahan terbesar mereka. Dalam 6 laga, gawang Korea Selatan jebol 10 kali.

Karena banyak kebobolan, ketajaman lini serang Korea Selatan pun jadi seolah tak berarti. Padahal, enam pemain Korea Selatan sukses mengakumulasi total sebelas gol. Uniknya, keenam pemain tersebut merupakan penggawa klub Eropa.

1. Son Heung Min sang kapten Korea Selatan mencetak tiga gol di Piala Asia 2023

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaSon Heung Min (the-afc.com)

Dua pemain Korea Selatan mencetak masing-masing tiga gol di Piala Asia 2023, salah satunya sang kapten, Son Heung Min. Penyerang Tottenham Hotspur itu mencetak dua gol pada fase grup, keduanya melalui eksekusi penalti. Son lalu membuat gol ketiganya pada laga perempat final kontra Australia lewat tendangan bebas.

Dengan tambahan 3 gol, koleksi total Son Heung Min bagi negaranya kini menjadi 44 gol. Ia masih tertinggal 14 gol dari Cha Bum Kun sebagai top skor sepanjang masa Timnas Korea Selatan. Soal prestasi bersama timnas, Son juga belum melampaui Cha. Son dan Cha sama-sama tak pernah juara Piala Asia. Capaian terbaik mereka hanyalah menjadi runner-up.

2. Lee Kang In juga membuat tiga gol, semuanya di fase grup

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaLee Kang In (instagram.com/thekfa)

Lee Kang In juga membuat tiga gol di Piala Asia 2023. Gelandang yang membela Paris Saint-Germain itu mencetak ketiga golnya pada fase grup. Lee menjadi pahlawan Korea Selatan saat mengalahkan Bahrain 3-1 dengan dua golnya. Ia membuat gol lagi saat Korea Selatan bermain imbang 3-3 dengan Malaysia pada laga terakhir grup.

Pada fase knockout, Lee Kang In juga selalu tampil penuh. Namun, ia gagal menambah gol. Secara keseluruhan, Lee kini sudah mengoleksi 7 gol dalam 25 caps bersama timnas. Jumlah itu masih bisa terus bertambah karena Lee baru berusia 23 tahun.

3. Hwang In Beom mencetak gol perdana Korea Selatan di Piala Asia 2023

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaHwang In Beom (instagram.com/thekfa)

Berikutnya ada empat pemain Korea Selatan yang masing-masing membuat satu gol di Piala Asia 2023. Yang pertama adalah Hwang In Beom, gelandang berusia 27 tahun. Hwang menjadi pencetak gol perdana negaranya di Piala Asia 2023. Ia membuka skor saat Korea Selatan mengalahkan Bahrain 3-1 pada matchday pertama Grup E.

Bagi Hwang In Beom, itu adalah gol perdananya di Piala Asia. Penggawa Red Star Belgrade itu juga tampil di Piala Asia 2019 tetapi tidak mencetak gol. Statistik total Hwang bersama Korea Selatan sejauh ini adalah 56 penampilan dengan 6 gol.

Baca Juga: 6 Fakta Hwang In Beom, Pemain Korsel yang Tinggalkan Rubin Kazan 

4. Jeong Woo Yeong membuat satu gol ke gawang Malaysia pada laga fase grup

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaJeong Woo Yeong (instagram.com/jeong_wooyeong)

Jeong Woo Yeong juga membuat satu gol bagi Korea Selatan pada fase grup Piala Asia 2023. Tepatnya, Jeong mencetak gol pertama timnya ke gawang Malaysia pada laga terakhir grup. Gelandang VfB Stuttgart itu menyambut tendangan pojok Lee Kang In dengan sundulan yang menembus gawang Malaysia.

Jeong pun sukses menghiasi edisi Piala Asia pertamanya dengan satu gol. Sepanjang turnamen, ia memang lebih sering turun sebagai pemain pengganti. Namun, Jeong masih punya banyak waktu untuk berkembang karena baru berusia 24 tahun.

5. Cho Gue Sung menjadi penyelamat Korea Selatan di babak 16 besar

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaCho Gue Sung (instagram.com/thekfa)

Pada fase gugur, Korea Selatan sempat dua kali nyaris tersingkir. Mereka butuh gol-gol pada menit akhir untuk bisa melaju hingga semifinal. Pada babak 16 besar, Korea Selatan sempat tertinggal 0-1 dari Arab Saudi hingga injury time babak kedua. Beruntung, Cho Gue Sung menyelamatkan timnya dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-99.

Cho Gue Sung sendiri adalah striker jangkung Korea Selatan yang berkarier di Denmark bersama FC Midtjylland. Pada laga melawan Arab Saudi, ia memanfaatkan tinggi badannya untuk mencetak gol melalui sundulan. Aksi Cho pun membuat laga berakhir imbang 1-1. Korea Selatan lalu keluar sebagai pemenang setelah unggul adu penalti 5-3.

6. Hwang Hee Chan ganti menjadi pahlawan Korea Selatan pada babak perempat final

6 Pencetak Gol Korea Selatan di Piala Asia 2023, Semua Main di EropaHwang Hee Chan (instagram.com/thekfa)

Pada babak perempat final, giliran Hwang Hee Chan yang menjadi pahlawan Korea Selatan. Ia mencetak gol penalti ke gawang Australia pada menit ke-96 untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Sebelumnya, Korea Selatan sempat terancam pulang usai tertinggal 0-1 sejak menit ke-42.

Bagi Hwang, itu adalah kali kedua ia sukses mengeksekusi penalti di Piala Asia 2023. Saat melawan Arab Saudi, ia menjadi penentu kemenangan Korea Selatan pada babak adu penalti. Sayangnya, penyerang Wolverhampton Wanderers itu tak bisa berbuat banyak saat timnya gugur di semifinal.

Korea Selatan tampil tajam di Piala Asia 2023. Mereka menghasilkan 11 gol melalui 6 pemain berbeda. Sayangnya, Taegeuk Warriors hanya mampu mencapai babak semifinal. Sampai kapan Korea Selatan harus menunggu untuk bisa juara Piala Asia lagi?

Baca Juga: 5 Klub Sudah Dibobol Hwang Hee Chan di EPL 2023/2024, Ada Tim Besar!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya