5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk Daftar

Sergio Aguero masih memimpin

Ketajaman Erling Halaand pada 2023/2024 sedikit menurun jika dibandingkan dengan musim lalu. Namun, bukan berarti Haaland hanya mampu memproduksi sedikit gol. Striker Manchester City itu masih tetap lebih subur daripada banyak striker lain di Eropa. Khusus di English Premier League (EPL), Haaland bahkan masih memimpin daftar top skor sementara.

Hingga pekan ke-36 EPL musim ini, Haaland sudah mencetak 25 gol. Jika digabung dengan musim lalu, koleksi Haaland di Premier League sudah mencapai 61 gol. Jumlah itu membuat Haaland masuk daftar lima pencetak gol terbanyak Manchester City di EPL. Inilah lima pemain yang mengisi daftar tersebut.

1. Sergio Aguero masih menjadi pemain tersubur Manchester City di EPL dengan 184 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk DaftarSergio Aguero (mancity.com)

Predikat pemain Manchester City tersubur di EPL masih dipegang oleh Sergio Aguero. Eks striker asal Argentina itu mencetak total 184 gol dalam 275 penampilan di EPL. Semuanya ia torehkan selama membela Manchester City pada 2011–2021.

Kesuburan Aguero menghasilkan sejumlah prestasi individu maupun kolektif. Misalnya, Aguero adalah pemain asing tersubur dalam sejarah Premier League. Ia juga punya koleksi lima trofi EPL dan pernah meraih gelar top skor. Plus, Aguero masih berstatus pencetak gol terbanyak Manchester City dengan 260 gol di semua ajang.

2. Raheem Sterling mencetak 91 gol di EPL bagi Manchester City

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk DaftarRaheem Sterling (mancity.com)

Raheem Sterling juga subur di EPL selama membela Manchester City. Sterling berseragam The Citizens pada 2015–2022. Koleksi totalnya adalah 131 gol dalam 339 penampilan di semua ajang. Itu termasuk torehan 91 gol dalam 225 laga Premier League.

Sterling pun turut andil dalam empat gelar juara EPL yang diraih Manchester City. Namun, ia sudah meninggalkan Manchester City dan pindah ke Chelsea sejak 2022. Sejauh ini, kiprah Sterling bersama Chelsea belum secemerlang saat membela Manchester City.

Baca Juga: 3 Klub yang Pernah Diperkuat Raheem Sterling

3. Kevin De Bruyne sudah mengoleksi 68 gol di Premier League

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk DaftarKevin De Bruyne (mancity.com)

Pemain aktif Manchester City yang tersubur di Premier League sejauh ini adalah Kevin De Bruyne. Sebagai gelandang, De Bruyne memang lebih dikenal sebagai produsen assist. Ia bahkan punya koleksi assist terbanyak ketiga dalam sejarah EPL dengan 110 assist. Namun, De Bruyne juga piawai membobol jala lawan.

De Bruyne telah mencetak total 102 gol bagi Manchester City di semua ajang. Itu termasuk 68 gol dalam 254 penampilan di Premier League. Karena masih aktif, koleksi gol De Bruyne masih bisa terus bertambah. Begitu pula dengan medali juara EPL miliknya yang saat ini berjumlah lima buah.

4. Yaya Toure membuat 62 gol di EPL bersama Manchester City

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk DaftarYaya Toure (premierleague.com)

Berikutnya, ada Yaya Toure, pemain Afrika tersubur dalam sejarah Manchester City. Meski berposisi gelandang, Toure sempat bercita-cita menjadi striker pada masa remaja. Tak heran jika ia memiliki naluri mencetak gol yang luar biasa. Selama berbaju Manchester City pada 2010–2018, Toure mencetak 81 gol di semua ajang.

Khusus di Premier League, koleksi Toure adalah 62 gol dalam 230 penampilan. Toure bahkan sempat menjadi pemain tersubur Manchester City di EPL 2013/2014 dengan 20 gol. Sementara itu, prestasi kolektif Toure bersama Manchester City mencakup tiga trofi Premier League.

5. Erling Haaland sudah mencapai 61 gol meski belum genap 2 musim bermain di Premier League

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk DaftarErling Haaland (mancity.com)

Erling Haaland sudah masuk daftar ini meski belum genap 2 musim bermain di Premier League. Jumlah 61 golnya di EPL pun tercipta hanya dalam 63 penampilan saja. Hampir bisa dipastikan, angka itu masih akan terus bertambah. Selain masih muda, Haaland juga masih memiliki kontrak hingga 2027 bersama Manchester City.

Ketajaman Haaland telah menghasilkan banyak prestasi baginya di Manchester City. Jelang akhir 2023/2024, prestasi itu bisa bertambah lagi. Haaland berpeluang menjadi pemain pertama yang merebut gelar top skor dalam 2 musim perdana di EPL. Plus, dua gelar Premier League beruntun pun masih amat mungkin ia raih.

Ketajaman Erling Haaland di EPL memang fantastis. Jika terus konsisten, masih akan ada banyak rekor yang ia pecahkan bersama Manchester City. Jumlah gol Sergio Aguero di Premier League pun mungkin akan dilewati Haaland suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Britania Tertajam bagi Manchester City, Ada Haaland

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya