3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023

Mereka menjadi andalan klubnya di EPL 2023/2024

Piala Afrika 2023 bakal segera bergulir mulai 14 Januari 2024 mendatang. Turnamen yang digelar di Pantai Gading itu akan mempertemukan 24 timnas negara Afrika yang akan saling berebut gelar juara. Salah satunya Ghana, negara yang pernah menjuarai Piala Afrika sebanyak empat kali.

Meski punya sejarah bagus, Timnas Ghana sudah lama tak berjaya di Piala Afrika. Prestasi mereka justru terus merosot dalam tiga edisi terakhir. Di Piala Afrika 2021 lalu, timnas berjuluk Black Stars itu bahkan gagal lolos dari fase grup. Maka, Ghana dituntut mempersiapkan diri dengan baik demi meningkatkan prestasi di Piala Afrika 2023.

Timnas Ghana sendiri telah mengumumkan daftar pemain yang mereka bawa ke Piala Afrika 2023. Sesuai dugaan, daftar tersebut didominasi penggawa klub-klub Eropa. Itu termasuk tiga pemain yang sedang membela klub English Premier League (EPL) pada 2023/2024.

1. Jordan Ayew layak diandalkan Ghana di Piala Afrika 2023

3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023Jordan Ayew (instagram.com/jordanayew9)

Pertama, ada Jordan Ayew, penyerang senior Ghana yang bermain di Crystal Palace. Ayew sudah menjadi andalan Crystal Palace sejak bergabung pada 2019. Pada 2023/2024,  Ayew pun menjadi salah satu pemain Crystal Palace yang paling sering tampil. Performa terkini Ayew membawanya masuk skuad Ghana yang berangkat ke Piala Afrika 2023.

Selain itu, Ayew juga memang sangat diandalkan negaranya. Pemain berusia 32 tahun itu sudah mengantongi 95 caps sejak debutnya pada 2010. Jumlah itu membuat Ayew menjadi salah satu pemain dengan penampilan terbanyak di Timnas Ghana. Ia juga punya koleksi 19 gol hingga menjadi pemain aktif Ghana dengan gol terbanyak kedua saat ini.

Aset berharga lain yang dimiliki Ayew adalah pengalamannya di Piala Afrika. Ayew telah tampil dalam 5 edisi Piala Afrika dan mencatat total 22 penampilan. Itu termasuk edisi 2015 saat Ghana sukses mencapai final tetapi gagal juara. Sederet keunggulan tersebut membuat Jordan Ayew layak jadi andalan Timnas Ghana di Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023

2. Mohammed Kudus sedang naik daun bersama West Ham United dan Timnas Ghana

3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023Mohammed Kudus (instagram.com/kudus_mohammed)

Timnas Ghana juga membawa serta Mohammed Kudus ke Piala Afrika 2023. Keputusan itu amat masuk akal karena Kudus sedang naik daun di level klub dan timnas. Winger 23 tahun itu baru bergabung ke West Ham United pada musim panas 2023. Ternyata, ia langsung gacor. Kudus sudah tampil 24 kali bareng West Ham dan mencetak 9 gol, termasuk 6 gol di EPL.

Selain itu, Kudus juga sudah mulai mematenkan posisinya di skuad inti Timnas Ghana. Ia dibawa ke Piala Dunia 2022 dan tampil cemerlang dengan torehan dua gol. Setelah itu, Kudus hampir tak pernah absen bermain bagi negaranya. Ia selalu tampil dalam 9 laga terakhir Ghana di semua ajang dan menyumbang 2 gol.

Kemungkinan besar, Kudus pun bakal jadi andalan Timnas Ghana di Piala Afrika 2023. Itu akan menjadi penampilan perdana Kudus di ajang tersebut. Sebelumnya, ia sempat hampir dibawa ke Piala Afrika 2021, tetapi batal karena cedera.

3. Antoine Semenyo dibawa Timnas Ghana karena apik bersama Bournemouth di EPL 2023/2024

3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023Antoine Semenyo (instagram.com/antoinesemenyo42)

Satu lagi penggawa klub EPL yang masuk skuad Ghana ke Piala Afrika 2023 adalah Antoine Semenyo. Ia adalah winger 24 tahun yang saat ini berseragam Bournemouth. Semenyo baru didatangkan Bournemouth pada Januari 2023. Namun, ia sudah cukup diandalkan dengan total 29 penampilan di semua ajang sejauh ini.

Semenyo adalah salah satu pemain kunci yang membawa Bournemouth tampil luar biasa dalam 2 bulan terakhir. Ia selalu jadi starter saat The Cherries tak terkalahkan dalam tujuh laga beruntun di EPL. Tak heran jika Semenyo dinilai layak mewakili Ghana di Piala Afrika 2023.

Semenyo sendiri baru debut membela Timnas Ghana pada pertengahan 2022. Sejauh ini, ia baru mencatat 14 caps dan belum pernah berlaga di Piala Afrika. Namun, ia sempat dua kali bermain bagi Ghana di Piala Dunia 2022. Pengalaman itu bisa menjadi bekal bagi Semenyo untuk berkontribusi di Piala Afrika 2023.

Selain tiga pemain di atas, sebenarnya masih ada beberapa pemain top Ghana yang sedang membela klub EPL pada 2023/2024. Contohnya adalah Thomas Partey dan Tariq Lamptey. Sayangnya, mereka tidak dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023 karena cedera. Dengan komposisi skuad yang tersedia, seberapa jauh Ghana bisa melaju di Piala Afrika 2023?

Baca Juga: 4 Pemain EPL yang Dibawa Nigeria ke Piala Afrika 2023, Ada Iwobi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya