Comscore Tracker

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!

Minim gol sejak Piala Dunia 2018 Rusia

Timnas Denmark meraih hasil minor pada laga pertama Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. Diunggulkan atas Tunisia, mereka akhirnya harus puas dengan hasil imbang 0-0. Selain gagal menang, hasil tersebut seolah meneruskan tren mandul yang sedang dialami Denmark di Piala Dunia.

Sejak Piala Dunia 2018 Rusia, serangan Denmark kerap buntu hingga sulit mencetak gol. Berdasar statistik, hanya 3 gol yang diciptakan Denmark dalam 5 partai terakhir mereka di Piala Dunia.

Inilah kelima pertandingan terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia.

1. Denmark 1-0 Peru

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!Denmark melawan Peru di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Denmark bermain empat kali di Piala Dunia 2018, tetapi tak sekali pun mencetak lebih dari satu gol. Partai pertama mereka pada fase grup adalah melawan Peru. Denmark dibuat kesulitan oleh Peru, bahkan nyaris kebobolan andai sepakan penalti Christian Cueva tidak melambung.

Secara keseluruhan, Tim Dinamit tampil lebih dominan di laga tersebut. Mereka bahkan membuat 17 percobaan tembakan, tetapi hanya tendangan Yussuf Poulsen yang menjadi gol. Meski susah payah, Denmark pun memenangi laga tersebut dengan skor 1-0.

2. Denmark 1-1 Australia

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!Denmark melawan Australia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Pada laga kedua fase grup Piala Dunia 2018 melawan Australia, situasi sedikit berbalik. Kali itu, giliran Denmark yang lebih tertekan oleh lawan. Namun, mereka tetap bisa membuat 10 tembakan, 5 di antaranya mengarah ke gawang Australia.

Salah satu percobaan Denmark sukses berbuah gol, yaitu sepakan voli kaki kiri Christian Eriksen pada menit ke-7. Setelah itu, Australia menyamakan kedudukan melalui penalti pada menit 38. Tak ada lagi gol tercipta sepanjang sisa laga yang berakhir dengan skor 1-1 tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Bundesliga di Timnas Denmark pada Piala Dunia 2022

3. Denmark 0-0 Prancis

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!Denmark melawan Prancis di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Denmark kemudian gagal mencetak gol pada partai ketiga mereka di Piala Dunia 2018. Menghadapi Prancis, Tim Dinamit memang kesulitan keluar dari tekanan. Hanya 32 persen penguasaan bola dan total 5 tembakan yang mereka buat sepanjang laga.

Beruntung, Prancis juga mengalami kebuntuan dalam membongkar pertahanan Denmark. Laga pun berakhir imbang 0-0. Prancis lolos dari grup sebagai juara, diikuti Denmark yang jadi runner-up. Denmark pun mencapai babak knockout Piala Dunia, kali pertama mereka melakukannya sejak 1998.

4. Denmark 1-1 Kroasia (adu penalti 2-3)

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!Denmark melawan Kroasia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Denmark bertemu Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kroasia secara mengejutkan lolos sebagai juara Grup D mengangkangi Argentina. Namun, Denmark juga sukses membuat kejutan. Mereka langsung membobol Kroasia saat laga baru berjalan kurang dari semenit.

Sayangnya, hanya 3 menit kemudian gawang Denmark kebobolan gol penyama kedudukan. Setelah itu, tak ada gol tambahan hingga 90 menit usai plus babak perpanjangan waktu. Tim Dinamit dipaksa bermain lebih bertahan dan gagal mencuri gol melalui total 14 percobaan tembakan yang mereka buat.

Laga pun terpaksa berlanjut ke adu penalti. Ternyata Denmark tetap saja kesulitan mencetak gol meski melalui penalti. Hanya 2 dari 5 eksekusi mereka yang masuk, sementara Kroasia mengonversi tiga sepakan. Kalah adu penalti 2-3, Denmark gugur pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.

5. Denmark 0-0 Tunisia

5 Pertandingan Terakhir Timnas Denmark di Piala Dunia, Tumpul!Denmark melawan Tunisia di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Selang 4 tahun kemudian, Denmark patut lebih optimis menyongsong Piala Dunia 2022. Mereka melalui babak kualifikasi dengan meyakinkan, bahkan mencetak 30 gol dalam 10 laga. Pada Piala Eropa 2020, Denmark juga tajam dengan torehan 10 gol dalam 5 laga hingga mencapai babak semifinal.

Meski begitu, ternyata tren kesulitan mencetak gol di Piala Dunia berlanjut bagi Denmark. Mereka melalui laga pertama Grup D dengan bermain imbang 0-0 kontra Tunisia. Lagi-lagi, Denmark dominan, membuat cukup banyak percobaan, tetapi tumpul di depan gawang.

Tim Dinamit sebenarnya sempat mencetak satu gol, tetapi dianulir karena offside. Hal yang sama juga sempat dialami Tunisia. Hasil imbang membuat perjuangan Denmark jadi sedikit lebih berat, sementara Tunisia menjaga asa lolos ke babak knocokout Piala Dunia untuk pertama kali.

Berikutnya, Denmark bakal berhadapan dengan Prancis pada matchday kedua Grup D, Sabtu (26/11/2022) malam WIB. Sembari memperkuat pertahanan, Denmark juga mesti bermain lebih tajam di depan gawang lawan. Sanggupkah Tim Dinamit melakukannya?

Baca Juga: Intip Kiprah Timnas Denmark di Ajang Piala Dunia, Sudah 6 Kali Tampil!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya