Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim Terkini

Bayern Munich puasa gelar pada 2023/2024

Intinya Sih...

  • Bayern Munich puasa gelar pada 2023/2024 setelah gagal juara di empat ajang yang mereka ikuti.
  • Meski sempat meraih sukses dengan treble winners pada 2019/2020, koleksi poin Bayern Munich menurun drastis dalam beberapa musim terakhir.
  • Dominasi Bayern Munich di Bundesliga akhirnya terhenti setelah 11 musim beruntun sebagai juara.

Bayern Munich menutup 2023/2024 tanpa raihan trofi. Raksasa Jerman itu gagal menjadi juara di empat ajang yang mereka ikuti. Kegagalan yang terbilang paling mengejutkan dialami Bayern Munich di Bundesliga Jerman. Setelah bertahan selama 11 musim beruntun, dominasi Die Roten di Bundesliga akhirnya runtuh.

Meski mengejutkan, kiprah minor Bayern Munich musim ini sebenarnya bukan tanpa tanda-tanda. Meski sering juara, koleksi poin mereka di Bundesliga memang menunjukkan tren menurun. Raihan Die Roten di ajang lain pun kerap mengecewakan. Beginilah perbandingan prestasi Bayern Munich dalam 5 musim terakhir.

1. Bayern Munich meraih treble winners pada 2019/2020

Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim TerkiniBayern Munich menjuarai Liga Champions 2019/2020. (fcbayern.com)

Musim 2019/2020 adalah salah satu musim tersukses dalam sejarah Bayern Munich. Die Roten mengakhiri musim tersebut dengan raihan tiga trofi alias treble winners. Di Bundesliga, Bayern Munich finis sebagai juara dengan koleksi 82 poin. Mereka unggul 13 angka dari Borussia Dortmund yang jadi runner-up.

Bayern Munich juga berjaya di Liga Champions Eropa dengan hasil luar biasa. Mereka memenangi seluruh laga, termasuk membantai Barcelona 8-2 pada perempat final. TrofI DFB-Pokal pun didapat Bayern Munich dengan meyakinkan. 

Tak lama berselang, Bayern Munich sukses meraih tiga trofi tambahan. Mereka memenangi Piala Super Jerman, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub. Die Roten pun menggenapi raihan enam trofi dalam kurun waktu sekitar 1 tahun.

2. Pada 2020/2021, Bayern Munich hanya mampu mempertahankan gelar juara Bundesliga

Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim TerkiniBayern Munich merayakan kemenangan pada 2020/2021. (fcbayern.com)

Raihan treble winners 2019/2020 membuat ekspektasi tinggi menghinggapi Bayern Munich pada 2020/2021. Namun, pada akhirnya mereka hanya mampu tampil maksimal di Bundesliga Jerman. Die Roten kembali meraih gelar juara dengan jarak yang lebar dari saingan terdekat. Hanya saja, raihan poin mereka menurun menjadi 78 angka.

Sementara, Bayern Munich gagal mempertahankan gelar juara di dua ajang lain. Mereka takluk oleh klub divisi keempat pada putaran kedua DFB-Pokal. Langkah Die Roten di Liga Champions pun hanya sampai perempat final. Mereka digusur Paris Saint-Germain secara menyakitkan karena kalah produktivitas gol tandang.

Baca Juga: 5 Semifinal Terakhir Bayern Munich dan Real Madrid di Liga Champions

3. Raihan poin Bayern Munich di Bundesliga 2021/2022 makin menurun

Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim TerkiniBayern Munich menjuarai Bundesliga 2021/2022. (fcbayern.com)

Koleksi poin Bayern Munich di Bundesliga 2021/2022 kembali menurun. Bersama pelatih Julian Nagelsmann, Die Roten finis dengan 77 angka. Beruntung, gelar juara Bundesliga belum lepas dari genggaman. Mereka unggul delapan poin atas Borussia Dortmund yang jadi runner-up.

Trofi Piala Super Jerman juga berhasil diraih Bayern Munich pada awal musim. Namun, dua trofi lain kembali luput. Mereka dihajar Borussia Moenchengladbach dengan skor 0-5 pada putaran kedua DFB-Pokal. Di Liga Champions, Bayern Munich secara mengejutkan keok oleh Villarreal pada perempat final.

4. Bayern Munich juara Bundesliga 2022/2023 hanya karena unggul selisih gol atas Borussia Dortmund

Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim TerkiniBayern Munich bersaing ketat dengan Borussia Dortmund di Bundesliga 2022/2023. (fcbayern.com)

Pada 2022/2023, penurunan performa Bayern Munich makin terlihat jelas. Die Roten memang masih mampu menjuarai Bundesliga. Namun, prosesnya tidak meyakinkan. Koleksi poin Bayern Munich lagi-lagi menurun jadi 71 angka. Bahkan, mereka jadi kampiun hanya karena unggul selisih gol atas Borussia Dortmund.

Keberhasilan Bayern Munich pun terbilang sarat keberuntungan. Jelang pekan terakhir, mereka tertinggal dua poin dari Borussia Dortmund yang memuncaki klasemen. Namun, Bayern Munich sukses menyalip karena Dortmund tersandung pada laga penutup. Die Roten menang atas FC Koln, sedangkan Dortmund ditahan imbang Mainz 05.

Sementara, nasib Bayern Munich di DFB-Pokal dan Liga Champions tak seberuntung itu. Mereka gugur di perempat final DFB-Pokal karena kebobolan pada menit akhir. Liga Champions pun gagal dimenangi usai kalah dari Manchester City di perempat final.

5. Bayern Munich menutup 2023/2024 tanpa trofi

Prestasi Bayern Munich dalam 5 Musim TerkiniBayern Munich menutup 2023/2024 tanpa trofi. (x.com/FCBayern)

Bayern Munich terus mendominasi Bundesliga meski koleksi poin mereka konsisten menurun. Namun, dominasi mereka akhirnya terhenti pada 2023/2024. Die Roten kalah bersaing dengan Bayer Leverkusen yang menjadi juara. Bahkan, anak asuh Thomas Tuchel juga dikangkangi VfB Stuttgart di klasemen akhir.

Bayern Munich pun harus puas menutup Bundesliga 2023/2024 di peringkat ketiga. Sudah begitu, mereka juga gagal di tiga ajang lain. Die Roten pun merasakan musim tanpa gelar juara untuk pertama kalinya sejak 2012.

Kegagalan Bayern Munich meraih trofi pada 2023/2024 memang mengejutkan. Namun, tanda-tandanya sebenarnya sudah terlihat dalam beberapa musim terakhir. Mampukah Bayern Munich bangkit ke kejayaan mereka musim depan?

Baca Juga: Nestapa Harry Kane yang Masih Nihil Trofi Bersama Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya