5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama Liverpool

Liverpool kini mengandalkan striker asing

Dalam beberapa dekade terakhir, Liverpool memiliki sejumlah striker yang sukses bersinar. Namun, kebanyakan dari mereka berasal dari luar Inggris. Misalnya, Fernando Torres, Luis Suarez, Mohamed Salah, dan Sadio Mane.

Sementara, para striker lokal sering kali melempem bersama The Reds. Nama-nama striker Inggris, seperti Andy Carroll, Rickie Lambert, dan Danny Ings gagal tampil tajam.

Sudah lama tak ada striker Inggris milik Liverpool yang menonjol. Inilah lima nama striker Inggris terakhir yang bersinar bersama Liverpool.

1. Robbie Fowler

5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama LiverpoolRobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Robbie Fowler adalah salah satu striker terhebat yang pernah dimiliki Liverpool. Bahkan, Fowler menjadi pencetak gol terbanyak keenam dalam sejarah The Reds.

Striker Inggris ini mencetak total 183 gol dalam 369 penampilan di semua ajang. Jumlah itu ia torehkan dalam dua periode berbeda.

Lulus dari akademi Liverpool pada 1993, Fowler sempat membela The Reds hingga 2001. Ia lalu comeback ke Liverpool pada 2006. Selama membela Liverpool itu, Fowler sukses meraih lima trofi.

2. Michael Owen

5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama LiverpoolMichael Owen (twitter.com/LFC)

Michael Owen adalah striker jebolan akademi yang sukses bersinar bersama Liverpool. Performa Owen bahkan sudah menonjol sejak promosi ke tim senior pada 1997.

Musim kedua dan ketiganya membela Liverpool langsung berbuah gelar top skor English Premier League (EPL). Ia memang cukup tajam.

Owen membela Liverpool hingga 2004 dengan mencetak total 158 gol dalam 297 penampilan di semua ajang. Ia juga sukses meraih enam trofi kolektif serta memenangi Ballon d'Or 2001. Uniknya, Owen pernah meraih trofi Premier League bersama Manchester United, rival abadi Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Bernama Depan 'Michael', Owen Hingga Ballack

3. Emile Heskey

5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama LiverpoolEmile Heskey (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada Emile Heskey, striker Inggris yang didatangkan Liverpool dari Leicester City pada awal 2000. Heskey sukses membangun duet mematikan bersama Michael Owen di lini depan The Reds.

Meski torehan golnya tak sebanyak Owen, Heskey juga punya andil dalam banyak gol yang dibuat timnya. Ia membela Liverpool selama total 4 musim dan mencetak 60 gol dalam 223 penampilan di semua ajang.

Heskey turut meraih enam trofi bersama Owen. Selain bersinar dengan Liverpool, ia juga cukup diandalkan Timnas Inggris dan mencatat banyak penampilan di level internasional.

4. Peter Crouch

5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama LiverpoolPeter Crouch (liverpoolfc.com)

Peter Crouch adalah mantan striker Inggris yang terkenal memiliki postur tinggi langsing. Ia pernah membela banyak klub dalam kariernya, termasuk Liverpool pada 2005–2008.

Crouch cukup bersinar bersama The Reds. Ia cemerlang dengan torehan 42 gol dalam 135 laga di semua kompetisi.

Crouch bahkan sempat mencetak hattrick untuk Liverpool ke gawang Arsenal. Ia bahkan sukses meraih dua trofi bersama The Reds berupa Piala FA dan Community Shield. Ketajaman Crouch juga terbukti bersama Timnas Inggris dengan torehan 22 gol dalam 42 caps.

5. Daniel Sturridge

5 Striker Inggris Terakhir yang Bersinar Bersama LiverpoolDaniel Sturridge (liverpoolfc.com)

Daniel Sturridge adalah striker Inggris terakhir yang sukses bersinar bersama Liverpool. Ia membela Liverpool pada 2013–2019.

Ketajamannya tampak pada musim pertamanya pada 2013/2014. Saat itu, Sturridge membentuk duet mematikan bersama Luis Suarez di lini depan The Reds.

Sturridge mencetak 24 gol sepanjang musim 2013/2014 dan nyaris membawa Liverpool juara Premier League. Setelah itu, ketajamannya memang menurun, tetapi statistik totalnya tetap terbilang apik. Dalam 160 penampilan, ia mencetak 67 gol sebelum akhirnya hengkang dari Anfield pada 2019.

Liverpool makin jarang mengandalkan striker Inggris untuk mencetak gol. Menjelang musim 2022/2023, semua penyerang di skuad The Reds berasal dari luar negeri. Kapan Liverpool bisa memiliki striker lokal yang tajam lagi seperti lima pemain di atas?

Baca Juga: Klopp Bongkar Alasan Sadio Mane Tinggalkan Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya