4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Absen pada Edisi 2020

Ada yang lolos lagi setelah menunggu puluhan tahun

Gelaran fase grup Kualifikasi Piala Eropa 2024 sudah rampung. Sebanyak 21 negara sudah dipastikan lolos ke turnamen tersebut, termasuk Jerman sang tuan rumah. Ada pula tiga tiket tersisa yang bakal diperebutkan via jalur playoff.

Sejauh ini, daftar tim yang sudah lolos ke Piala Eropa 2024 terbilang minim kejutan. Sebagian besar isinya adalah tim-tim yang memang diunggulkan. Contohnya adalah Prancis, Inggris, Spanyol, Belanda Portugal, hingga sang juara bertahan, Italia.

Namun, ada pula empat negara yang terbilang lolos di luar prediksi. Pasalnya, mereka absen pada gelaran Piala Eropa 2020 lalu. Salah satu dari deretan tim ini bahkan sudah puluhan tahun tidak tampil di Piala Eropa, lho!

1. Albania bakal tampil di Piala Eropa untuk kedua kalinya

4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Absen pada Edisi 2020Timnas Albania merayakan gol (instagram.com/fshforg)

Pertama, ada Albania yang secara mengejutkan jadi juara Grup E. Albania sukses mengungguli dua tim yang lebih berpengalaman, Republik Ceko dan Polandia. Kedua negara tersebut sudah beberapa kali tampil di Piala Eropa.

Di sisi lain, Albania baru satu kali berlaga di Piala Eropa, tepatnya pada 2016. Maka, Piala Eropa 2024 bakal jadi pengalaman kedua bagi mereka. Pada 2020, Albania tidak tampil di Piala Eropa karena tampil buruk di babak kualifikasi.

Perjuangan Albania lolos ke Piala Eropa 2024 sendiri cukup berat. Mereka sempat bersaing ketat dengan Republik Ceko dan Polandia. Namun, Albania akhirnya lolos bersama Republik Ceko. Di sisi lain, Polandia masih harus berebut tiket ke Jerman lewat babak playoff.

Baca Juga: 6 Negara yang Tidak Terkalahkan selama Kualifikasi Euro 2024

2. Serbia lolos ke Piala Eropa untuk pertama kali sejak terpecah dari Yugoslavia

4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Absen pada Edisi 2020Timnas Serbia merayakan kelolosan ke Piala Eropa 2024. (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Sementara, Serbia sudah cukup lama tidak tampil di Piala Eropa. Negara pecahan Yugoslavia itu terakhir kali berlaga di Piala Eropa pada tahun 2000. Saat itu, mereka masih menggunakan nama Republik Federal Yugoslavia.

Maka, Piala Eropa 2024 bakal jadi penampilan perdana mereka dengan nama Serbia. Kepastian itu didapat setelah Serbia mengakhiri babak kualifikasi sebagai runner-up Grup G. Mereka menemani Hungaria yang berstatus juara grup.

Serbia sendiri baru mendapat tiket ke Jerman pada laga terakhir kualifikasi. Hasil imbang 2-2 melawan Bulgaria jadi penentu keberhasilan mereka. Serbia menyisihkan negara tetangga mereka, Montenegro, yang hanya finis di peringkat ketiga grup.

3. Slovenia tampil lagi di Piala Eropa setelah 24 tahun menunggu

4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Absen pada Edisi 2020Timnas Slovenia merayakan gol (instagram.com/nzs_si)

Slovenia juga harus menunggu 24 tahun untuk bisa tampil lagi di Piala Eropa. Pertama kali Timnas Slovenia berlaga di Piala Eropa adalah pada tahun 2000. Sejak itu, mereka selalu mentok di babak kualifikasi sebelum akhirnya lolos lagi tahun ini.

Slovenia lolos ke Piala Eropa 2024 dengan status runner-up Grup H di kualifikasi. Mereka mengoleksi 22 poin, sama dengan Denmark yang jadi juara grup. Itu menjadi pertanda bahwa Slovenia berpotensi mengejutkan pada gelaran putaran final di Jerman nanti.

4. Romania capai edisi Piala Eropa keenam dalam sejarah mereka

4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2024 setelah Absen pada Edisi 2020Timnas Romania merayakan kelolosan ke Piala Eropa 2024. (instagram.com/echipanationala)

Satu negara lagi adalah Romania yang sebenarnya sudah cukup sering tampil di Piala Eropa. Tepatnya, Timnas Romania sudah lima kali berlaga di ajang tersebut. Namun, Romania memang sempat absen pada edisi 2020 lalu. Padahal, saat itu mereka menjadi salah satu negara tuan rumah.

Sejauh ini, raihan terbaik Romania di Piala Eropa adalah babak perempat final pada 2000. Selebihnya, mereka selalu mentok di fase grup. Setelah jadi juara Grup I di babak grup kualifikasi, Romania pasti mengincar hasil lebih baik di Piala Eropa 2024.

Sempat absen pada 2020, empat negara di atas bakal tampil di Piala Eropa 2024. Meski tidak diunggulkan, mereka tetap patut diwaspadai pada gelaran nanti. Apakah kejutan mereka bakal berlanjut hingga putaran final Piala Eropa 2024?

Baca Juga: 5 Tim yang Tak Mendapat Poin di Kualifikasi Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya