4 Tim yang Bisa Menjegal Leverkusen pada Sisa Bundesliga 2023/2024

Mereka bisa menghambat mimpi juara Leverkusen

Langkah Bayer Leverkusen menjadi juara Bundesliga Jerman 2023/2024 tampaknya tak bakal tertahan. Hingga pekan ke-25, Leverkusen kokoh di puncak klasemen. Mereka unggul sepuluh poin dari Bayern Munich di peringkat kedua. Leverkusen bahkan masih belum terkalahkan musim ini, tak hanya di Bundesliga, tetapi juga di semua ajang.

Meski demikian, berbagai kemungkinan tentu masih bisa terjadi. Dalam 9 pekan Bundesliga yang tersisa, Leverkusen tetap harus waspada. Pasalnya, mereka masih harus bertemu beberapa tim yang bisa menyulitkan. Empat tim berikut ini khususnya bisa jadi batu sandungan, bahkan mungkin menggagalkan Leverkusen juara.

1. SC Freiburg punya rekor berimbang kontra Bayer Leverkusen dalam lima laga terakhir

4 Tim yang Bisa Menjegal Leverkusen pada Sisa Bundesliga 2023/2024pertemuan pertama Bayer Leverkusen dan SC Freiburg di Bundesliga 2023/2024 (twitter.com/bayer04fussball)

Pertama, ada SC Freiburg yang akan menjamu Bayer Leverkusen pada pekan ke-26 mendatang. Freiburg memang hanya menghuni peringkat delapan klasemen Bundesliga saat ini. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menjadikan mereka ancaman bagi Leverkusen.

Rekor pertemuan kedua tim menunjukkan bahwa Freiburg kerap menyulitkan Bayer Leverkusen. Dalam lima duel terbaru, Freiburg dan Leverkusen saling mengalahkan masing-masing dua kali. Leverkusen bahkan sempat kalah di kandang sendiri pada periode tersebut.

Selain itu, faktor tuan rumah membuat Freiburg layak diwaspadai Leverkusen. Tim sekelas Bayern Munich saja tak mampu menang di kandang Freiburg pada pekan ke-24 lalu. Maka, kans Freiburg cukup terbuka untuk setidaknya menahan imbang Leverkusen.

2. Borussia Dortmund siap patahkan rekor tak terkalahkan Leverkusen pada 2023/2024

4 Tim yang Bisa Menjegal Leverkusen pada Sisa Bundesliga 2023/2024pertemuan pertama Bayer Leverkusen dan Borussia Dortmund di Bundesliga 2023/2024 (twitter.com/bayer04fussball)

Bayer Leverkusen akan kembali mendapat tantangan berat pada pekan ke-30. Mereka harus bertandang ke markas salah satu tim besar, Borussia Dortmund. Jika saat itu Leverkusen masih belum terkalahkan, Dortmund siap mematahkan rekor tersebut.

Sejarah membuktikan bahwa laga antara kedua tim lebih sering dimenangi Dortmund. Dalam 6 pertemuan teranyar, Dortmund bahkan menang 4 kali atas Leverkusen dan hanya kalah 1 kali. Duel pertama di Bundesliga 2023/2024 sendiri berakhir imbang. Saat nanti bermain di kandang, peluang Dortmund untuk menang tentu lebih besar.

Baca Juga: 4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Bayer Leverkusen

3. VfB Stuttgart bakal ngotot melawan Leverkusen demi tiket ke Liga Champions

4 Tim yang Bisa Menjegal Leverkusen pada Sisa Bundesliga 2023/2024pertemuan pertama Bayer Leverkusen dan VfB Stuttgart di Bundesliga 2023/2024 (twitter.com/VfB)

Sepekan setelah melawan Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen harus menghadapi VfB Stuttgart. Laga itu juga berpotensi menyulitkan bagi Leverkusen. Keberhasilan Stuttgart nangkring di tiga besar klasemen sementara Bundesliga membuktikan kualitas mereka. Jika terus bertahan, Stuttgart bakal lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

Demi mengejar target tersebut, Stuttgart dipastikan bakal ngotot pada sisa musim. Apalagi, konsentrasi Stuttgart bakal terpusat ke Bundesliga karena sudah gugur di ajang lain. Hal itu berbeda dengan Leverkusen yang masih berkompetisi di Liga Europa dan DFB-Pokal. Stuttgart juga bisa memanfaatkan faktor tersebut untuk mencuri poin dari Leverkusen.

4. Eintracht Frankfurt selalu menang saat menjamu Bayer Leverkusen sejak 2017

4 Tim yang Bisa Menjegal Leverkusen pada Sisa Bundesliga 2023/2024pertemuan pertama Bayer Leverkusen dan Eintracht Frankfurt di Bundesliga 2023/2024 (twitter.com/bayer04fussball)

Jelang akhir Bundesliga 2023/2024, ujian bagi Bayer Leverkusen belum akan usai. Pada pekan ke-32, mereka harus bertandang ke markas Eintracht Frankfurt. Dalam pertemuan pertama musim ini, Leverkusen memang menang telak 3-0 atas Frankfurt. Namun, hasil itu terbilang wajar karena Leverkusen bermain di kandang sendiri.

Saat gantian menjadi tamu, Leverkusen bisa menjadi mangsa empuk bagi Frankfurt. Hal itu sudah terbukti dari statistik pertemuan kedua tim. Lima lawatan terakhir Leverkusen ke markas Frankfurt selalu berakhir dengan kekalahan. Bahkan, tiga kekalahan di antaranya dialami Leverkusen dengan skor telak.

Kali terakhir Leverkusen berhasil mencuri poin di kandang Frankfurt adalah pada 2017. Saat itu pun Leverkusen hanya menang tipis 1-0. Maka, meski Leverkusen sedang gacor musim ini, tak akan jadi kejutan jika nanti mereka kalah di markas Frankfurt.

Bayer Leverkusen berpeluang besar menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024. Namun, empat tim di atas bisa menggagalkan impian tersebut. Leverkusen harus tampil maksimal melawan mereka jika tak ingin kehilangan gelar di depan mata.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Leverkusen Ditahan Qarabag

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya