5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen Klopp

Trofi apa lagi yang bakal menyusul?

Liverpool baru saja berhasil menjuarai Carabao Cup alias Piala Liga Inggris 2021/2022. The Reds sukses menaklukkan Chelsea melalui adu penalti di partai final. Selain menjadi trofi Piala Liga kedelapan sepanjang sejarah mereka, trofi tersebut adalah trofi kelima Liverpool pada era pelatih Jurgen Klopp.

Ya, sejak mulai menangani Liverpool pada 2015, Jurgen Klopp sudah berhasil membawa Liverpool memenangi lima trofi berbeda. Inilah lima trofi yang sudah dimenangi Liverpool bersama pelatih asal Jerman tersebut.

1. Liga Champions 2018/2019

5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen KloppLiverpool menjuarai Liga Champions 2018/2019. (twitter.com/premierleague)

Sebelum ditangani oleh Jurgen Klopp, Liverpool sempat mengalami periode minim trofi, bahkan kerap puasa gelar. Karena itu, Klopp pun tak serta-merta bisa langsung membawa Si Merah menjadi juara. Setelah menunggu sekitar 4 tahun, Klopp akhirnya sukses mempersembahkan trofi pertama bagi Liverpool, yaitu Liga Champions 2018/2019.

Itu merupakan trofi Liga Champions keenam Liverpool sepanjang sejarah, sehingga makin memperkokoh status mereka sebagai klub Inggris tersukses di kancah Eropa. Hebatnya lagi, Liverpool memenangi Liga Champions musim tersebut dengan gaya. Mereka sempat mengalahkan Bayern Munchen dan Barcelona dalam perjalanan ke final.

Laga semifinal melawan Barcelona khususnya akan selalu dikenang sebagai salah satu yang paling dramatis sepanjang sejarah. The Reds membukukan comeback gemilang atas Barca setelah sempat kalah telak pada leg pertama. Sementara partai final mereka menangi dengan menundukkan sesama wakil Inggris yaitu Tottenham Hotspur.

2. Piala Super UEFA 2019

5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen KloppLiverpool menjuarai Piala Super UEFA 2019. (liverpoolfc.com)

Status juara Liga Champions 2018/2019 membuat Liverpool berhak berlaga di partai perebutan Piala Super UEFA 2019. Kebetulan, lawan yang mereka hadapi lagi-lagi adalah klub Inggris. Chelsea jadi penantang Liverpool berkat keberhasilan mereka juara Europa League 2018/2019.

Hasilnya, Klopp sukses memimpin anak asuhnya meraih trofi kedua setelah menaklukkan Chelsea melalui adu penalti. Laga 120 menit berakhir imbang 2-2, sementara adu penalti menjadi milik The Reds dengan skor 5-4. Bagi Liverpool, itu adalah trofi Piala Super UEFA mereka yang keempat sepanjang sejarah.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Usai Liverpool Jadi Juara Piala Liga Inggris

3. Piala Dunia Antarklub 2019

5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen KloppLiverpool menjuarai Piala Dunia Antarklub 2019. (liverpoolfc.com)

Selain Piala Super UEFA, klub juara Liga Champions tentu juga berhak ikut serta dalam Piala Dunia Antarklub. Liverpool pun jadi wakil Eropa dalam edisi tahun 2019. Itu adalah kesempatan mereka meraih gelar Piala Dunia Antarklub untuk pertama kali. The Reds sebenarnya sempat tampil pada edisi 2005, tetapi gagal jadi juara.

Bersama Klopp, Liverpool tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Mereka jadi juara setelah menakulukkan Monterrey di semifinal serta Flamengo di partai final. Dengan demikian, Liverpool pun sukses melewati tahun 2019 dengan tiga trofi internasional.

4. Premier League 2019/2020

5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen KloppLiverpool menjuarai Premier League 2019/2020. (skysports.com)

Musim berikutnya, Liverpool kembali berhasil memenangi trofi. Kali ini, trofi yang meraka raih adalah trofi yang sudah lama diidam-idamkan oleh fans, yaitu Premier League. The Reds berhasil menjuarai Premier League 2019/2020, yang merupakan trofi liga domestik pertama mereka dalam 30 tahun.

Puasa gelar liga selama 30 tahun tersebut dituntaskan dengan gemilang, karena The Reds juga sempat memecahkan sejumlah rekor. Mereka jadi tim yang paling awal memastikan gelar juara, yaitu saat masih tersisa tujuh pertandingan. Selisih 25 poin dengan tim runner-up pun adalah yang terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris.

Tak mengherankan jika Jurgen Klopp pun terpilih jadi pelatih terbaik Premier League musim tersebut. Klopp bahkan sempat lima kali meraih penghargaan Manager of the Month sepanjang musim. Trofi Premier League itu juga membuat koleksi gelar Liga Inggris Liverpool bertambah menjadi 19 trofi.

5. Piala Liga 2021/2022

5 Trofi yang Diraih Liverpool Sejak Ditangani Jurgen KloppLiverpool menjuarai Piala Liga 2021/2022. (thisisanfield.com)

Inilah trofi kelima sekaligus teranyar yang sukses diraih Liverpool pada era Jurgen Klopp. Liverpool sukses menjuarai Piala Liga 2021/2022 setelah mengalahkan Chelsea di final. Dalam perjalanan ke partai puncak, The Reds juga sempat menyingkirkan Arsenal di semifinal.

Liverpool pun masih menjadi tim tersukses di ajang Piala Liga dengan delapan trofi. Mereka unggul satu trofi dari Manchester City yang sempat dominan di ajang ini dalam sedekade terakhir. Pastilah, trofi Piala Liga bakal menambah semangat pasukan The Reds dalam memburu tiga trofi tersisa pada musim ini.


Jurgen Klopp sudah berhasil membawa Liverpool menjuarai lima trofi di atas. Praktis, hanya tinggal Piala FA serta Community Shield yang belum berhasil dimenangi Si Merah bersama Klopp. Apakah Klopp bisa membawa Liverpool memenangi dua trofi tersebut suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Liverpool Era Jurgen Klopp, Banjir Gol!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya