5 Pemain Serbia dengan Market Value Termahal

Tidak ada nama Aleksandar Mitrovic

Serbia baru saja membuat kejutan dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A zona Eropa. Serbia berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 pada Senin dini hari (15/11/2021).

Portugal sempat unggul cepat pada menit ke-2 setelah Renato Sanches mencetak gol ke gawang Serbia yang dijaga Predrag Rajkovic. Serbia membalas pada menit ke-33 lewat gol Dusan Tadic. Gol yang ditunggu Serbia akhirnya datang pada menit ke-90 setelah Aleksandar Mitrovic mencetak gol penentu kemenangan Serbia. 

Dengan hasil tersebut, Serbia berhak lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 Qatar. Sedangkan, Portugal harus mengamankan tiket Piala Dunia 2022 lewat jalur playoff setelah finis di peringkat dua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A zona Eropa.

Kemenangan Serbia tak lepas dari kerja keras para pemainnya. Dilansir Transfermarkt, berikut lima pemain Serbia dengan banderol termahal saat ini.

1. Sergej Milinkovic-Savic

5 Pemain Serbia dengan Market Value TermahalSergej Milinkovic-Savic bermain untuk Lazio. (instagram.com/sergej___21)

Sergej Milinkovic-Savic merupakan pemain timnas Serbia dari klub SS Lazio. Pemain berusia 26 tahun ini dibeli Lazio dari KRC Genk dengan harga 12 juta euro atau Rp194 miliar. Ia sudah memperkuat Biancoceleste sejak 2014 dan telah memainkan 263 pertandingan dengan mencetak 50 gol dan 45 assist di semua kompetisi.

Milinkovic-Savic dibanderol dengan harga 70 juta euro atau Rp1,1 triliun. Liverpool dikabarkan tertarik untuk mendatangkan gelandang Serbia dengan 28 caps ini. The Reds memproyeksikan Milinkovic-Savic untuk memperkuat lini tengah setelah mereka ditinggal Georginio Wijnaldum ke Paris Saint-Germain musim panas lalu.

2. Dusan Vlahovic

5 Pemain Serbia dengan Market Value TermahalDusan Vlahovic beraksi di lapangan hijau bersama Fiorentina. (instagram.com/vlahovicdusan)

Nama Dusan Vlahovic sedang naik daun seiring penampilan impresifnya bersama Fiorentina. Hingga pekan ke-12 Serie A, Vlahovic telah mencetak delapan gol dan menjadi top skor untuk La Viola. Vlahovic menempati posisi ketiga capocannoniere Serie A di bawah Ciro Immobile dengan 10 gol dan Giovanni Simeone dengan 9 gol.

Dalam laga Portugal melawan Serbia, Vlahovic diturunkan dari menit pertama dan memaksa Aleksandar Mitrovic memulai laga dari bangku cadangan. Kini striker berusia 21 tahun ini memiliki harga pasaran sebesar 50 juta euro atau Rp811 miliar. Menjelang jendela transfer musim dingin, harga Vlahovic diprediksi akan terus naik karena banyak klub yang berminat. Kontraknya akan habis pada Juni 2022.

Baca Juga: Tak Terkalahkan, 5 Pemain Kunci Serbia Lolos ke Piala Dunia 2022

3. Nikola Milenkovic

5 Pemain Serbia dengan Market Value TermahalNikola Milenkovic berseragam Fiorentina di Serie A. (instagram.com/milenkovicn_4)

Nikola Milenkovic merupakan andalan timnas Serbia di lini belakang. Pemain dari klub Fiorentina ini sudah mengkoleksi 32 caps untuk timnas Serbia. Milenkovic dibeli La Viola dari Partizan Belgrade dengan harga 5,1 juta euro atau Rp82 miliar.

Kini pemain bertinggi 195 cm ditaksir memiliki banderol sebesar 25 juta euro. Sejumlah klub besar pernah tertarik untuk membeli Milenkovic. Pada bursa musim panas lalu, AC Milan dan Manchester United dikabarkan tertarik untuk membeli Milenkovic.

4. Filip Kostic

5 Pemain Serbia dengan Market Value TermahalFilip Kostic kala merumput bersama timnas Serbia. (instagram.com/filipkostic)

Filip Kostic merupakan pemain yang telah lama berkarier di Bundesliga. Ia telah membela tiga klub di Jerman, yaitu Vfb Stuttgart, Hamburg SV, dan Eintracht Frankfurt.

Bersama Frankfurt, klubnya saat ini, pemain yang menempati posisi sayap kiri ini telah memainkan 140 pertandingan dan mencetak 28 gol serta 53 assist di semua kompetisi. Menginjak usia 29 tahun, pemilik 43 caps untuk timnas Serbia ini memiliki harga pasaran sebesar 20 juta euro atau Rp324 miliar.

5. Luka Jovic

5 Pemain Serbia dengan Market Value TermahalLuka Jovic berseragam timnas Serbia. (instagram.com/lukajovic)

Menit bermain Luka Jovic mulai berkurang saat ia pindah ke Real Madrid. Pada musim pertamanya di Real Madrid, Jovic hanya tampil 17 kali dan mencetak 2 gol di LaLiga. Pada musim keduanya bersama El Real, Jovic justru dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt pada jendela transfer musim dingin 2020/2021 .

Jovic, yang digadang-gadang sebagai pengganti Cristiano Ronaldo yang hijrah ke Juventus satu musim sebelumnya, kini hanya memiliki harga pasaran sekitar 20 juta euro. Padahal saat dibeli Real Madrid dari Eintracht Frankfurt, striker Serbia ini dihargai 63 juta euro atau Rp1,02 triliun. 

Dengan banyaknya pemain berbakat dari Serbia, negara Eropa Timur ini diharapkan mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2022. Mampukah mereka mengangkat prestasi negaranya?

Baca Juga: 10 Potret Aleksandar Mitrovic, Lewandowskinya Divisi Championship

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya