PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain Baru

Didominasi dengan kedatangan pemain muda

Paris Saint-Germain resmi memperkenalkan Luis Enrique sebagai kepala pelatih baru. Pria asal Spanyol ini menandatangani kontrak selama 2 tahun di Parc des Princes. Enrique direkrut untuk menggantikan Christophe Galtier yang diputus PSG.

Enrique sempat menganggur setelah terakhir melatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, ia sendiri memiliki rekam jejak yang cukup mengesankan dalam kariernya. Enrique pernah meraih treble winners bersama Barcelona pada musim pertamanya sebagai pelatih klub tersebut.

Selama masa kepelatihannya di Catalunya, ia berhasil memenangi total sembilan trofi. Hanya saja, pada 2017, Enrique memutuskan mundur. Kini, kehadirannya diharapkan dapat mengubah PSG menjadi penantang serius dalam meraih trofi Liga Champions Eropa. Trofi itu telah menjadi impian mereka selama ini.

Tantangan besar tentu menanti Luis Enrique untuk membangun skuad baru setelah kehilangan pemain kunci, seperti Lionel Messi dan Sergio Ramos. Saat ini, sudah terdapat delapan pemain yang mengikuti jejaknya bergabung dengan PSG. Siapa sajakah mereka?

1. Lucas Hernandes

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruLucas Hernandez resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

Bek berusia 27 tahun ini telah diperkenalkan sebagai pemain baru PSG. Ia  didatangkan untuk mengisi posisi Sergio Ramos. Ini sekaligus mengisi posisi kosong Presnel Kimpembe yang menepi karena cedera hingga Oktober 2023.

Sebelumnya, Lucas bermain untuk Bayern Muenchen selama 4 musim. Namun, pada musim terakhirnya di Jerman, ia cukup kesulitan mendapatkan menit bermain setelah menderita cedera ACL yang membuatnya absen cukup lama. Pada 2022/2023 lalu, Lucas hanya tampil dalam 11 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

2. Milan Skriniar

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruMilan Skriniar resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

Pemain internasional Slowakia, Milan Skriniar, telah menyelesaikan transfernya ke PSG. Ia bergabung dengan klub Paris tersebut setelah kontraknya dengan Inter Milan berakhir pada musim panas 2023 ini. Selama 6 musim bersama Inter Milan, Skriniar sendiri telah tampil dalam 246 pertandingan dan berkontribusi dalam meraih 1 scudetto, 2 Coppa Italia, dan 2 Supercoppa Italia.

PSG dikabarkan telah mengamankan jasanya secara personal sejak Januari lalu. Ia akan menjadi pemain kunci untuk mengisi lini pertahanan PSG bersama Marquinhos. Lini pertahanan PSG berpotensi makin kuat.

3. Manuel Ugarte

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruManuel Ugarte resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

Gelandang muda yang tengah meroket, Manuel Ugarte, telah mengonfirmasi kepindahannya ke PSG. Mereka setuju mengaktifkan klausul rilis senilai 60 juta euro (Rp997,3 miliar) untuk mendapatkan jasanya. Pemain berusia 22 tahun ini didatangkan dari Sporting CP.

Ia telah menjadi pemain kunci di lini tengah klub Portugal tersebut. Pada 2022/2023 lalu, Ugarte tampil dalam 47 pertandingan. Ia diharapkan dapat menjadi suksesor jangka panjang bagi Marco Verratti, yang masa depannya belum pasti di PSG.

4. Cher Ndour

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruCher Ndour resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

PSG tampaknya mengubah kebijakan transfer mereka pada musim panas ini dengan fokus mendatangkan pemain muda berbakat. Setelah merekrut Manuel Ugarte, PSG telah mengonfirmasi kedatangan wonderkid Italia berusia 19 tahun, Cher Ndour. Ia didatangkan secara gratis setelah kontraknya habis bersama Benfica.

Ndour menandatangani kontrak 5 tahun yang akan mengikatnya hingga musim panas 2028. Ia dianggap sebagai pemain muda yang sangat berpotensi saat bermain di tim cadangan Benfica. Sebagai seorang gelandang, ia tampil impresif dengan Benfica B dalam 36 pertandingan pada 2022/2023 lalu. Ndour mencetak 4 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Kylian Mbappe Pilih Dibekukan PSG Ketimbang Pindah ke Al-Hilal

5. Marco Asensio

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruMarco Asensio resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

Nama besar resmi bergabung dengan PSG. Marco Asensio dikonfirmasi bergabung dengan PSG setelah menolak memperpanjang kontraknya di Real Madrid. Kehadiran Asensio akan menambah opsi lini serang PSG. Terlebih ia sudah terbiasa bermain dengan skema Luis Enrique ketika melatih Timnas Spanyol.

Pemain berusia 27 tahun ini kabarnya mendapatkan kontrak panjang. Itu menunjukkan ia akan menjadi salah satu pemain penting dalam skuad PSG musim depan. Apalagi dengan masalah internal yang tengah dihadapi PSG dengan Kylian Mbappe.

6. Lee Kang In

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruLee Kang In resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG (psg.fr)

Lee Kang In secara resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG. Ia diyakini akan mengisi posisi yang ditinggalkan Lionel Messi, yang memilih untuk meninggalkan klub ke Inter Miami. Bintang muda asal Korea Selatan ini bermain untuk Real Mallorca sebelumnya. Ia mencatatkan 36 penampilan dengan torehan 6 gol dan 7 assist.

Gelandang serang berusia 22 tahun ini sendiri akan mengenakan nomor punggung 19. Ia menjadi pemain Korea Selatan pertama yang bergabung dengan PSG. Kehadiran Lee Kang In melengkapi skuad muda yang sedang dibangun Luis Enrique untuk musim depan.

7. Xavi Simons

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruXavi Simons saat bermain bersama PSG (instagram.com/xavisimons)

PSG secara resmi mengaktifkan klausul untuk memulangkan Xavi Simons dari PSV Eindhoven dengan harga sebesar 6 juta euro (Rp99,7 miliar). PSG tampaknya sangat terkesan dengan perkembangan pesat pemain berposisi gelandang serang tersebut. Simons berhasil membuktikan dirinya memang memerlukan lebih banyak waktu bermain untuk membuktikan kualitasnya.

Dalam semusim bermain di Eredivisie Belanda, ia berhasil masuk jajaran pencetak gol terbanyak pada 2022/2023 dengan mencatatkan 19 gol dan 9 assist dari 34 penampilan. Ia hanya kalah dari top scorer, Anastasios Douvikas, yang mencetak 20 gol. Sayangnya, meski berhasil kembali ke PSG, ia tidak bisa langsung masuk skuad utama. Simons lebih dahulu dipinjamkan ke RB Leipzig untuk 2023/2024.

8. Hugo Ekitike

PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain BaruHugo Ekitike bersama PSG musim 2022/23 (instagram.com/hekitike)

PSG memermanenkan Hugo Ekitike dengan biaya sebesar 34 juta euro (Rp565,3 miliar) setelah masa peminjamannya dari Stade de Reims berakhir. Klausul peminjaman yang disetujui sebelumnya memang mencakup opsi pembelian otomatis apabila PSG berhasil finis di puncak klasemen Ligue 1 Prancis. Mengingat PSG berhasil menjadi juara liga, opsi tersebut pun terealisasi secara otomatis.

Sayangnya, penampilan Hugo Ekitike bersama PSG pada 2022/2023 lalu tidak terlalu istimewa. Penyerang muda itu tampil melempem. Ia hanya mencatat 4 gol dan 4 assist dalam 32 penampilan.

Meski begitu, mengingat masa depan Kylian Mbappe yang masih tanda tanya, membuka peluang Hugo Ekitike untuk mengisi kekosongan peran. Kehadirannya bisa membuat PSG lebih kuat sebagai calon penantang serius dalam perburuan gelar Liga Champions. Dengan Luis Enrique sebagai pelatih yang berpengalaman, akan sangat menarik melihat bagaimana Ekitike dan pemain baru PSG lainnya dalam daftar ini akan tampil dan berkompetisi di panggung Eropa musim depan.

Baca Juga: PSG Mau Diseret ke Meja Hijau Imbas Konflik dengan Mbappe

Puspa Kusuma Photo Writer Puspa Kusuma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya