Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024

Berharap mendapat waktu bermain lebih banyak  

Ansu Fati dikabarkan ingin segera meninggalkan Barcelona beberapa waktu lalu. Ia kecewa dengan sang pelatih, Xavi Hernandez, sebab jarang memberinya kesempatan bermain secara penuh.

Harapan Fati untuk meninggalkan Barcelona pun terkabul. Ia bergabung dengan salah satu klub English Premier League (EPL), Brighton & Hove Albion.

Fati akan membela Brighton di EPL 2023/2024 sebagai pemain pinjaman. Dilansir Marca, pemain berusia 20 tahun itu berniat membela The Seagulls selama 1 musim. Masa peminjamannya akan berlangsung hingga Juni 2024 mendatang.

1. Ayah Ansu Fati mendukung keputusan sang anak untuk pindah klub

Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024potret keluarga Fati (instagram.com/borifati)

Keputusan Ansu Fati untuk pindah ke Brighton & Hove Albion rupanya mendapat dukungan dari sang ayah, Bori Fati. Ia sangat mendorong sang anak untuk bisa mendapat nasib yang lebih baik di klub lain. Sebab, Bori Fati juga ikut kecewa lantaran anaknya tak punya banyak waktu bermain di Barcelona.

“Di Barcelona, mereka memberi tahuku bahwa mereka sangat mengandalkan Ansu (Fati). Mereka memberi tahu hal itu dengan sangat jelas. Saat aku duduk bersama Jorge Mendes, dia mengatakan kepadaku bahwa Ansu ingin tetap bermain di Barcelona.

Namun, sebagai seorang ayah, aku malah berpikir sebaliknya dan Ansu pasti tidak setuju dengan itu. Hal yang benar-benar menggangguku adalah saat Ansu diperlakukan selama beberapa menit, seperti 1 menit, 2 menit, atau 3 menit. Itu benar-benar menggangguku,” kata Bori Fati seperti dilansir Daily Mail.

2. Ansu Fati berharap bisa mendapatkan waktu bermain lebih banyak

Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024Ansu Fati (kanan) bersama Luis Enrique (instagram.com/ansufati)

Ansu Fati berharap bisa mendapatkan waktu bermain lebih banyak saat bergabung dengan Brighton & Hove Albion di Premier League 2023/2024. Sebab, saat membela Barcelona di LaLiga Spanyol, Fati jarang bermain secara penuh. Hal itu terbukti di tiga laga pembuka LaLiga musim ini.

Saat Barcelona bersua Getafe pada Senin (14/8/2023), Fati hanya bermain selama 11 menit. Saat bersua Cadiz pada Senin (21/8/2023), Fati hanya bermain selama 22 menit. Terakhir, saat Barcelona bersua Villarreal pada Minggu (27/8/2023), lagi-lagi Fati hanya bermain sebentar (14 menit).

Padahal, Fati sangat ingin dirinya punya waktu bermain lebih lama. Sebab, ia ingin memberi kontribusi lebih di lapangan daripada harus berlama-lama duduk di bangku cadangan. Namun, sang pelatih, Xavi Hernandez, malah memberikan kesempatan tersebut kepada pemain lain.

Baca Juga: Ansu Fati Ingin Segera Tinggalkan Barcelona

3. Ansu Fati sempat diincar Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Borussia Dortmund

Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024potret Ansu Fati (instagram.com/ansufati)

Sebelum dipinjamkan kepada Brighton & Hove Albion, Ansu Fati telah diincar tiga klub Premier League. Mereka adalah Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur. Selain itu, Fati juga diincar salah satu klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Keempat klub tersebut tertarik merekrut Fati sebagai pemain pinjaman. Bahkan, mereka telah berdiskusi dengan Barcelona agar bisa memboyong sang pemain. Namun, Fati menolak semua tawaran itu dan memilih bergabung dengan Brighton di EPL 2023/2024.

4. Ansu Fati kalah saing dengan pemain Barcelona lainnya

Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024potret Ansu Fati (instagram.com/ansufati)

Ansu Fati bergabung dengan Barcelona sebagai pemain sayap di LaLiga 2019/2020. Selama membela Blaugrana, Fati telah bermain dalam 112 pertandingan dengan mencetak 29 gol dan 10 assist. Namun, di LaLiga 2023/2024 ini, ia kurang mendapat kesempatan bermain.

Fati dinilai kalah saing dengan pemain Barcelona lainnya. Sebab, ada banyak pemain Barcelona yang punya kemampuan lebih dibanding Fati. Lamine Yamal, misalnya, sedang naik daun di Spanyol. Ia merupakan seorang pemain sayap asli Spanyol yang masih berusia 16 tahun.

5. Ansu Fati masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga 2027 mendatang

Ansu Fati Siap Bermain dengan Brighton di EPL 2023/2024potret Ansu Fati (kiri) (instagram.com/ansufati)

Ansu Fati sebenarnya masih terikat kontrak dengan Barcelona. Sebab, kurang dari setahun yang lalu, ia mendapat perpanjangan kontrak dari Blaugrana hingga 2027 mendatang. Kontrak tersebut juga dilindungi klausul bernilai 1 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp15,2 triliun.

Meski begitu, klausul kontrak tersebut tidak lagi berlaku pada 2023/2024 ini. Sebab, Fati memutuskan untuk bergabung dengan Brighton & Hove Albion sebagai pemain pinjaman. Namun, Fati dikabarkan akan kembali ke Barcelona pada Juni 2024.

Kini, Ansu Fati siap bergabung dengan Brighton sebagai pemain pinjaman. Ia akan membela tim barunya di Premier League 2023/2024. Bersama The Seagulls, Fati berharap bisa mendapat waktu bermain lebih banyak.

Baca Juga: Wonderkid Barcelona Ansu Fati Menangis saat Diganti

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya