7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023

Ada Barcelona hingga Tottenham Hotspur

Intinya Sih...

  • Barcelona memimpin pendapatan penjualan jersey di Eropa pada 2023, berhasil mendulang 179 juta euro atau setara Rp3 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Nike.
  • Real Madrid menempati posisi kedua dengan pendapatan 155 juta euro atau setara Rp2,6 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas, terutama jersey dengan garis hitam dan emas.
  • Berhasil mendulang 147 juta euro atau setara Rp2,5 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas, Bayern Munich masuk dalam klub dengan pendapatan tertinggi dari penjualan jersey pada 2023.

Klub sepak bola punya berbagai cara untuk menghasilkan uang. Beberapa di antaranya adalah dengan cara menjual tiket pertandingan, memperoleh dana dari sponsor, menjual hak siar kepada stasiun televisi, hingga melakukan transfer pemain. Dengan cara-cara tersebut, sebuah klub sepak bola bisa mendulang banyak uang guna mendanai kebutuhan.

Namun, penjualan jersey kepada fans ternyata juga jadi salah satu cara sebuah klub sepak bola untuk mendapatkan banyak uang. Bahkan, pada 2023 lalu, ada klub sepak bola yang mendulang sebagian besar pendapatannya dari hasil penjualan jersey. Berikut ini merupakan klub dengan penjualan jersey tertinggi pada 2023.

1. Barcelona jadi klub sepak bola Eropa dengan pendapatan jersey tertinggi

7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Barcelona berhasil memperoleh banyak uang dari hasil penjualan jersey. Dilansir Sport Brief, tahun lalu, klub berjuluk Blaugrana itu berhasil memperoleh 179 juta euro atau setara Rp3 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Nike. Hasil penjualan jersey itu menjadikan Barcelona sebagai klub sepak bola Eropa dengan pendapatan tertinggi pada 2023.

2. Real Madrid memperoleh pendapatan fantastis dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas

Real Madrid menjadi klub kedua dengan pendapatan tertinggi dari hasil penjualan jersey pada 2023. Tercatat, klub yang telah menjuarai Liga Champions Eropa sebanyak 14 kali itu berhasil memperoleh 155 juta euro atau setara Rp2,6 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas. Jersey dengan garis hitam dan emas menjadi jersey paling terkenal yang laris dijual kepada fans.

3. Bayern Munich berhasil memperoleh Rp2,5 triliun dari hasil penjualan jersey

Salah satu klub raksasa Jerman, Bayern Munich, juga tak mau ketinggalan. Mereka menjadi salah satu klub sepak bola dengan pendapatan terbanyak dari hasil penjualan jersey pada 2023. Dilansir ESPN, klub berjuluk The Bavarian itu berhasil memperoleh 147 juta euro atau setara Rp2,5 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas.

Baca Juga: Roberto De Zerbi Jadi Rebutan Bayern Munich dan Barcelona

4. Liverpool jadi klub Premier League dengan pendapatan jersey tertinggi

7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023Mohamed Salah (instagram.com/mosalah)

Tahun lalu, Liverpool memperoleh pendapatan fantastis dari hasil penjualan jersey. Tercatat, klub asuhan Juergen Klopp itu berhasil memperoleh 132 juta euro atau setara Rp2,2 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Nike. Hasil penjualan tersebut menjadikan Liverpool sebagai klub sepak bola English Premier League (EPL) dengan pendapatan tertinggi pada 2023.

5. Manchester United jadi klub EPL dengan pendapatan jersey tertinggi kedua

7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023Marcus Rashford (instagram.com/marcusrashford)

Manchester United (MU) menjadi klub EPL dengan pendapatan tertinggi kedua pada 2023. Semua itu berkat penjualan jersey mereka yang laris manis di pasaran. Dilansir Daily Mail, MU berhasil memperoleh 130 juta euro atau setara Rp2,2 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas.

6. Paris Saint-Germain (PSG) berhasil memperoleh Rp1,6 triliun dari penjualan jersey

7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Paris Saint-Germain (PSG) juga sukses memperoleh banyak uang dari hasil penjualan jersey. Tercatat, pada 2023, klub berjuluk Les Perisiens itu berhasil memperoleh 97 juta euro atau setara Rp1,6 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Nike. Hasil penjualan tersebut menjadikan PSG sebagai satu-satunya klub sepak bola Prancis dengan penjualan jersey tertinggi berdasarkan laporan Union European Football Association (UEFA).

7. Arsenal memperoleh Rp1,5 triliun dari hasil penjualan jersey bermerek Adidas

7 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi pada 2023Martin Odegaard (instagram.com/odegaard.98)

Arsenal menjadi klub sepak bola EPL dengan pendapatan tertinggi ketiga pada 2023. Sebab, tahun lalu, klub asuhan Mikel Arteta itu berhasil memperoleh 89 juta euro atau setara Rp1,5 triliun dari hasil penjualan jersey. Dilansir ESPN, jersey yang mereka jual merupakan produk dari Adidas.

Selain tujuh klub di atas, ada juga Chelsea, Juventus, dan Tottenham Hotspur. Ketiga klub sepak bola tersebut juga menjadi klub dengan pendapatan tertinggi dari hasil penjualan jersey pada 2023. Masing-masing dari mereka memperoleh 87 juta euro atau setara Rp1,4 triliun dan 74 juta euro atau setara Rp1,2 triliun dari hasil penjualan jersey.

Baca Juga: 3 Pencapaian Spesial Arsenal Usai Kemenangan atas Sheffield United

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya