6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah Kesehatan

Ada Sergio Aguero hingga Fabrice Muamba

Menjadi pemain sepak bola memang membutuhkan fisik prima. Pasalnya, pemain bola memerlukan energi yang besar agar dapat tampil bagus di lapangan.

Umumnya, para pemain bola akan memutuskan pensiun pada usia tua. Hal tersebut dilakukan karena pada usia tua, stamina mereka sudah tak lagi prima.

Meski begitu, ada juga beberapa pemain sepak bola yang memilih pensiun lebih awal dengan beberapa alasan, salah satunya masalah kesehatan. Bahkan, saat pensiun, usia mereka terbilang masih cukup muda.

Lantas, siapa saja pemain bola yang pensiun lebih awal karena masalah kesehatan?

1. Sergio Aguero (33 tahun) 

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanSergio Aguero (twitter.com/aguerosergiokun)

Sergio Aguero termasuk pemain bola asal Argentina terbaik di English Premier League (EPL). Pasalnya, ia pernah menjadi salah satu pencetak gol terbanyak saat masih membela Manchester City.

Meski begitu, pada Desember 2021, Aguero memutuskan untuk menyudahi karier sepak bolanya. Saat itu, ia tengah bermain di salah satu klub raksasa Spanyol, Barcelona.

Aguero pensiun pada usianya yang masih terbilang cukup muda (33 tahun). Hal itu disebabkan ia menderita aritmia.

2. Stuart Holden (29 tahun) 

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanStuart Holden (twitter.com/stuholden)

Selanjutnya, ada pemain bola asal Amerika Serikat, Stuart Holden. Ia telah berkarier di dunia sepak bola sejak 2005. Namun, pada 2014, Holden sudah tak lagi bermain bola.

Hal tersebut disebabkan ia mengalami cedera lutut saat membela Bolton Wanderers. Ia memutuskan pensiun lebih awal dari karier sepak bolanya pada 2016. Saat itu, Holden pensiun pada usia 29 tahun.

3. Jack Collison (28 tahun) 

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanJack Collison (instagram.com/official_jackcollison)

Jack Collison merupakan pemain bola asal Inggris yang lahir di Watford pada 2 Oktober 1988. Ia memulai karier sepak bolanya pada 1998 bersama Peterborough United.

Pada 2016, Collison terpaksa pensiun lebih awal. Saat itu, ia berhenti bermain pada usia 28 tahun. Hal itu disebabkan Collison mengalami cedera lutut saat membela West Ham United.

Baca Juga: 5 Pemain Bola Ini Memutuskan Pensiun pada Pertengahan 2022

4. Alvaro Dominguez (27 tahun) 

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanAlvaro Dominguez (kanan) (instagram.com/a.dominguez18)

Alvaro Dominguez berkarier di dunia sepak bola mulai 2007. Selama kariernya, pemain bola asal Spanyol ini hanya pernah membela dua tim, Atletico Madrid dan Borussia Moenchengladbach.

Tahun 2016, Dominguez memutuskan untuk pensiun lebih awal pada usia 27 tahun. Hal itu disebabkan ia mengalami penyakit punggung kronis saat membela Borussia Moenchengladbach.

5. Ryan Mason (26 tahun)  

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanRyan Mason (twitter.com/SpursOfficial)

Ryan Mason merupakan pemain bola asal Inggris. Ia berkarier di dunia sepak bola selama 10 tahun pada 2008—2018.

Pada 2017, Mason mengalami cedera tulang tengkorak. Hal tersebut terjadi setelah ia menjalani pertandingan Premier League bersama Hull City melawan Chelsea. Saat itu, Mason terlibat benturan kepala dengan salah satu bek Chelsea, Gary Cahill.

Akibat cedera tersebut, Mason terpaksa pensiun pada Februari 2018. Saat itu, usianya masih 26 tahun.

6. Fabrice Muamba (24 tahun) 

6 Pemain Bola yang Pensiun Lebih Awal karena Masalah KesehatanFabrice Muamba (instagram.com/fmuamba6)

Pemain bola terakhir yang memutuskan pensiun lebih awal ialah Fabrice Muamba. Ia merupakan pemain bola termuda yang harus pensiun dari kariernya.

Pada 2012, Muamba mengalami serangan jantung saat sedang membela Bolton Wanderers melawan Tottenham Hotspur di Piala Football Association (FA). Saat itu, jantungnya dikabarkan sempat berhenti berdetak selama 78 menit.

Usai insiden tersebut, pihak medis menganjurkan Muamba untuk tak lagi bermain bola. Akibatnya, pemain bola asal Inggris/Republik Demokratik Kongo ini memutuskan untuk pensiun pada usia 24 tahun.

Selain keenam pemain bola di atas, ada juga Jamie Redknapp dan Michael Johnson. Mereka menjadi pemain bola yang pensiun lebih awal karena masalah kesehatan.

Baca Juga: 5 Istilah Jumlah Gol dalam Sepak Bola, Pecinta Bola Harus Tau!

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya