Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko 

City harus bergerak cepat untuk datangkan Matviyenko

Manchester City sedang mengincar pemain belakang Ukraina Mykola Matviyenko di bursa transfer Januari ini. Matviyenko hadir melalui jajaran sistem pemain muda Shakhtar Donetsk dan awalnya gagal masuk ke tingkat senior. Kemudian, masa peminjaman di Karpaty dan Vorskla membantunya mendapatkan kepercayaan diri.

Sejak kembali ke Shakhtar Donetsk, ia telah menjadi anggota yang konsisten di tim. Musim ini, ia menjadi pemain reguler di bawah Luis Castro, bermain di 14 pertandingan Liga Ukraina, dan 6 pertandingan di babak grup Liga Champions, termasuk dua pertandingan melawan tim Pep Guardiola.

1. Musim ini City hampir kehilangan peluang untuk mempertahankan gelar Liga Premier

Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko manchestereveningnews.co.uk

Sementara itu, City hampir kehilangan peluang untuk mempertahankan gelar Liga Premier dan terpaut 14 poin dari pemimpin liga, Liverpool. Posisi City di klasemen saat ini berada di tempat ke-3. Kekalahan The Citizens dari Wolves bulan lalu telah membuat 5 kekalahan bagi mereka dalam kompetisi yang sedang berlangsung, sebuah pengingat bahwa mereka belum dominan seperti dalam dua musim terakhir.

2. Sepeninggal Kompany, jantung pertahanan City terlihat rapuh

Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko theguardian.com

Salah satu alasan utama menurunnya mereka adalah lini belakang yang rapuh sepanjang musim. Guardiola gagal mencari pengganti Vincent Kompany yang pensiun musim panas lalu dan cedera Aymeric Laporte membuat mereka hancur berkeping-keping. Mereka mencetak banyak gol dengan kecepatan yang konsisten, namun kesengsaraan mereka tampaknya juga berlanjut tanpa kemitraan yang solid di jantung pertahanan.

Baca Juga: Manchester City Sukses Tumbangkan Sheffield, Ini Fakta Menariknya! 

3. Guardiola incar Matviyenko untuk memperkuat lini belakang The Citizens

Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko sportarena.com

City sangat lemah, dengan inkonsistensi John Stones dan Nicolas Otamendi yang sering membuat kesalahan sendiri, belum bisa meyakinkan Guardiola untuk memainkannya secara teratur. Sebuah lini belakang yang rapuh telah terlihat ketika lawan mempermalukan City, seperti Wolves yang melakukannya dua kali berturut-turut.

Permasalahan ini harus segera ditangani oleh Guardiola pada bulan ini dan Mykola Matviyenko masuk dalam rencananya. Kontraknya dengan Shakhtar akan berakhir pada musim 2021 dan dia bersedia direkrut The Citizens jika kedua tim saling bersepakat.

4. Guardiola senang mengembangkan bakat pemain muda

Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko football.ua

Pria asal Ukraina ini telah mengambil langkah besar dalam perkembangannya dan di bawah bimbingan Guardiola, yang dikenal senang mengembangkan bakat muda menjadi prospek masa depan, ia dapat dengan sempurna mempertajam keterampilannya setiap hari.

Mykola Matviyenko memiliki kemampuan untuk bermain di mana saja di lini belakang dan fleksibilitasnya ini akan membantu City mendapatkan yang terbaik darinya dalam situasi sulit. Pemain berusia 23 tahun ini sangat dihormati di klubnya dan pindah ke Stadion Etihad akan membantunya terhubung kembali dengan rekan satu tim nasionalnya Oleksandr Zinchenko, yang juga pemain berkualitas dengan bakat besar.

5. Mykola Matviyenko bisa menjadi solusi bagi lini belakang Manchester City

Krisis Lini Belakang, Guardiola Buru Mykola Matviyenko footballua.tv

Pada usia 23 tahun ini, Matviyenko mungkin belum bisa menempatkan dirinya sebagai salah satu pemain yang terbaik, tetapi ia pasti dapat tumbuh menjadi anggota penting bagi City mengingat bakat dan potensinya. Pengalaman internasionalnya tentu akan membantunya dalam perkembangannya. Karena itu, City harus berusaha sekuat tenaga untuk mengamankan jasanya dan jika dibimbing ke arah yang benar, bakat pemuda kelahiran Saky ini dapat mewakili The Citizens dalam jangka panjang.

Baca Juga: Comeback Gemilang, Wolves Hajar 10 Pemain Manchester City!

Ronggo Dhewangkoso Photo Verified Writer Ronggo Dhewangkoso

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya