5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023

Dortmund konsisten menciptakan pemain berkualitas

Borussia Dortmund salah satu klub sukses di Bundesliga Jerman. Mereka selalu menjadi kandidat juara tiap musim. Klub berjuluk Die Borussen ini bahkan mampu berada di peringkat pertama Bundesliga 2022/2023 hingga pekan ke-33.

Borussia Dortmund bisa begitu karena kualitas pemain yang mumpuni. Mereka terbiasa mendidik pemuda dari berbagai belahan dunia menjadi pemain besar di Jerman. Beberapa pemain Dortmund musim ini juga berasal dari akademi yang mereka besarkan sendiri.

Inilah jebolan akademi Borussia Dortmund di skuad utama pada 2022/2023 itu.

1. Youssoufa Moukoko

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023Youssoufa Moukoko (instagram.com/youssoufa_10)

Youssoufa Moukoko adalah pemain pertama dalam daftar ini sekaligus pemain termuda Borussia Dortmund saat ini. Pemain kelahiran 20 November 2004 ini sudah masuk ke tim utama sejak 2020/2021. Artinya, ia sudah menjajal skuad senior sejak berumur 16 tahun. Moukoko pun mencatatkan namanya sebagai debutan termuda dalam sejarah tim pada usia 16 tahun 1 hari saat itu.

Pada usia 18 tahun, Moukoko sendiri menjadi pemain rotasi yang penting di skuad utama Borussia Dortmund. Ia bersaing dengan pemain senior di posisi penyerang tengah. Pada 2022/2023 ini, pemain berkewarganegaraan Jerman tersebut berhasil turun dalam 34 pertandingan dan menorehkan 7 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

2. Jamie Bynoe-Gittens

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023Jamie Bynoe-Gittens (instagram.com/jbgittens)

Jamie Bynoe-Gittens adalah pemain akademi Borussia Dortmund yang ditransfer dari akademi Manchester City. Bakatnya sudah terlihat sejak berada di tim kelompok umur di Inggris. Bynoe-Gittens terus diasah sehingga berhasil masuk tim senior Dortmund di Jerman.

Bynoe-Gittens masuk skuad utama pada 2022/2023 ini. Ia mewujudkan mimpinya bermain di kasta tertinggi pada umur yang tergolong muda, yakni 18 tahun. Walaupun baru melewati musim pertama, Bynoe-Gittens mampu merasakan atmosfer pertandingan sebagai pemain pengganti yang potensial. Diturunkan di posisi sayap kanan, ia bermain 20 kali dengan mencetak 3 gol di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund dari Klub Non-Jerman

3. Tom Rothe

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023Tom Rothe (instagram.com/tom_rth)

Menjadi salah satu pemain asuhan akademi Borussia Dortmund, Tom Rothe kini bermain untuk tim senior pada umur 18 tahun. Ia mendapat kontrak profesional pertamanya pada musim panas 2022. Sering berpindah tim kelompok umur saat remaja, Tom Rothe akhirnya berada pada performa terbaiknya saat berada di akademi Dortmund.

Meski berhasil promosi ke tim utama, Rothe masih sering diturunkan di tim kelompok umur agar mendapatkan jam terbang. Pada musim pertamanya mentas di Bundesliga, ia sendiri sempat turun dalam 2 pertandingan dengan mencetak 1 assist. Dipasangkan di posisi bek kiri, Rothe juga pernah merasakan ketegangan Liga Champions Eropa sebanyak tiga kali.

4. Giovanni Reyna

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023Giovanni Reyna (instagram.com/gioreyna)

Giovanni Reyna sudah tergabung dengan tim senior sejak musim dingin 2020. Ia dipercaya sebagai pemain pengganti di Borussia Dortmund. Dengan penampilan impresifnya, pemain kelahiran 2002 tersebut pun sempat dipanggil Timnas Amerika Serikat ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Giovanni Reyna tentu mendapatkan jam terbang yang cukup bersama Dortmund sampai-sampai dipanggil Timnas AS. Bermain dalam 29 pertandingan di semua ajang pada 2022/2023, ia menorehkan 7 gol dan 2 assist. Hasil itu ia peroleh di posisinya sebagai gelandang serang.

5. Luca Unbehaun

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Skuad Utama pada 2022/2023Luca Unbehaun (instagram.com/lucaunbehaun25)

Sebelum turun di tim utama pertama kali pada 2019/2020, Luca Unbehaun terlebih dahulu menimba ilmu di akademi Borussia Dortmund. Berposisi sebagai kiper, ia harus bersaing dengan pemain senior yang lebih berpengalaman. Namun, Unbehaun masih punya masa depan walau kontraknya bersama tim akan habis pada musim panas 2023.

Pemain kelahiran 27 Februari 2001 ini belum mendapatkan kesempatan bermain sama sekali pada 2022/2023 ini. Walaupun sudah tergabung dengan skuad utama sejak 2019, ia selalu mentok di bangku cadangan. Unbehaun juga hanya sempat turun di tim kedua Dortmund yang bermain di kasta ketiga Liga Jerman musim ini.

Pemain akademi yang promosi ke tim utama biasanya mendapatkan keuntungan untuk berlatih bersama pemain berpengalaman lainnya. Mereka diharapkan bisa berkembang lebih cepat. Namun, ada juga pemain yang stagnan bersama tim senior karena kekurangan menit bermain.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top Eropa

Rasya Alfarizi Photo Verified Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya