5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen Klopp

Mulai dari Xabi Alonso sampai Roberto De Zerbi

Juergen Klopp akan hengkang dari kursi manajerial Liverpool setelah musim 2023/2024 berakhir. Ia mengungkapkan keputusan sensasional itu pada 26 Januari 2024 lalu. Keputusan tersebut menuai banyak perhatian karena Klopp sudah cukup lama bersama The Reds.

Berbagai nama manajer pun dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Merseyside itu belakangan ini. Siapa saja nama-nama mereka? Berikut ini manajer yang bisa dibidik Liverpool untuk gantikan Juergen Klopp.

1. Xabi Alonso bersinar bersama Bayer Leverkusen di Bundesliga 2023/2024

5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen KloppXabi Alonso (twitter.com/bayer04_en)

Xabi Alonso tengah menjadi perhatian publik pada 2023/2024 ini. Ia sukses membawa Bayer Leverkusen berada di peringkat pertama klasemen sementara Bundesliga Jerman. Alonso mampu membuat klub berjuluk Neverkusen itu unggul sepuluh poin dari pesaing terdekatnya, Bayern Munich, per 7 Maret 2024. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi juara andai konsisten.

Bahkan, jika Bayer Leverkusen tidak meraih apa pun pada 2023/2024 ini, Xabi Alonso tetap bisa menjadi rebutan klub-klub besar Eropa. Liverpool adalah salah satu yang dikaitkan dengan sang pelatih. Terlebih lagi, ia pernah memiliki kenangan manis saat membawa Liverpool menjuarai UEFA Champions League (UCL) 2005.

2. Julian Nagelsmann menjadi pelatih muda potensial yang saat ini menangani Timnas Jerman

5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen KloppJulian Nagelsmann (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Julian Nagelsmann adalah salah satu pelatih muda yang cukup potensial. Ia terlihat menjanjikan saat masih melatih Bayern Munich. Nagelsmann memimpin 84 laga untuk Bavarian dan memenangkan 60 pertandingan. Namun, sang pelatih harus didepak karena terlibat masalah internal yang membuat beberapa pemain kunci kehilangan kepercayaan kepadanya.

Julian Nagelsmann kini ditunjuk sebagai pelatih Timnas Jerman. Namun, kontraknya akan habis pada 31 Juli 2024 atau setelah Euro 2024 berakhir. Liverpool bisa mengambil kesempatan ini untuk menggaet sang pelatih sebagai manajer menggantikan Juergen Klopp pada bursa transfer musim panas 2024.

Baca Juga: Xabi Alonso Bisa Jadi Pelatih Termahal di Dunia

3. Unai Emery bersinar bersama Aston Villa di Premier League 2023/2024

5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen KloppUnai Emery (twitter.com/AVFCOfficial)

Unai Emery juga merupakan salah satu manajer yang menarik perhatian pada 2023/2024 ini. Ia membawa Aston Villa berada di posisi keempat klasemen sementara Premier League. Jika bisa konsisten, sang manajer mungkin mampu membawa The Villans lolos ke zona UCL.

Unai Emery sendiri tidak asing dengan EPL. Ia sebelumnya menukangi Arsenal pada 2018--2019. Pengalaman tersebut bisa dipertimbangkan Liverpool untuk merekrut sang manajer. Namun, Aston Villa pasti tidak akan mudah melepasnya. Apalagi, mereka mulai memasang target serius pada 2023/2024 ini.

4. Jose Mourinho memiliki pengalaman yang tinggi di berbagai liga

5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen KloppJose Mourinho (twitter.com/OfficialASRoma)

Jose Mourinho adalah pelatih yang sudah tidak asing dengan sepak bola Eropa. Pelatih yang kerap dipanggil The Special One itu adalah salah satu pelatih yang cukup berpengalaman melatih klub-klub besar Eropa. Kemampuannya membaca situasi dalam lapangan telah membawa banyak klub yang pernah dilatihnya meraih gelar juara.

Klub terakhir yang dibela Mourinho sebagai pelatih adalah AS Roma. Ia sukses memberikan gelar juara UEFA Europa Conference League kepada I Giallorossi. Torehan tersebut tentu spesial. AS Roma tidak pernah memenangkan trofi apa pun sejak meraih gelar juara Coppa Italia pada 2008.

Kebersamaan Jose Mourinho bersama AS Roma harus berakhir pada Januari 2024 ini. Ia diberhentikan AS Roma karena performa tim yang menurun. Mourinho yang sedang tidak melatih bisa menjadi opsi bagi Liverpool untuk menggantikan Juergen Klopp yang hengkang akhir musim nanti.

5. Roberto De Zerbi menunjukkan potensinya bersama Brighton & Hove Albion

5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen KloppRoberto De Zerbi (twitter.com/OfficialBHAFC)

Roberto De Zerbi juga merupakan manajer fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Ia dan Brighton & Hove Albion mampu bersaing di papan atas EPL. De Zerbi bahkan membawa Brighton lolos ke UEFA Europa League (UEL) pada 2022/2023 lalu.

Melihat pengalamannya di EPL, De Zerbi bisa menjadi pilihan bagi Liverpool. Terlebih lagi, The Reds kini memiliki beberapa aset muda potensial dalam skuadnya, seperti Conor Bradley, Jarel Quansah, dan Harvey Elliott. Kondisi tersebut selaras dengan visi sang manajer yang menyukai bakat-bakat muda. Sebelumnya, De Zerbi mengorbitkan bakat-bakat muda Brighton, seperti Julio Enciso, Evan Ferguson, dan Jack Hinshelwood.

Tentu tidak mudah bagi Liverpool untuk kembali menemukan sosok seperti Juergen Klopp, seorang manajer yang mampu meraih trofi-trofi bergengsi dengan skuad yang tidak terlalu mewah. Menurutmu, siapakah yang akan menjadi juru taktik Liverpool selanjutnya? Adakah lima nama di atas dalam daftar favoritmu?

Baca Juga: Roberto De Zerbi Jadi Rebutan Bayern Munich dan Barcelona

Ridwan Photo Verified Writer Ridwan

Zzz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya