5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore Terbaru

Hamed Traore bergabung pada Januari 2024

Napoli melewati musim terbaik mereka pada 2022/2023 lalu. Il Partenopei berhasil merengkuh gelar juara Serie A Italia kala itu. Prestasi tersebut menjadi magnet tersendiri bagi pemain-pemain di luar Eropa. Beberapa dari mereka jadi tertarik bermain di Italia.

Napoli belakangan juga sering terpincut kepada pemain Afrika. Lima pemain di bawah ini adalah pemain Afrika terakhir yang membela Napoli. Siapa saja para pemain tersebut?

1. Kalidou Koulibaly pernah menjadi andalan di lini pertahanan Napoli

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore TerbaruKalidou Koulibaly (twitter.com/EuropaLeague)

Kalidou Koulibaly adalah bek tengah asal Senegal yang direkrut Napoli pada 2014 dari KRC Genk. Ia bermain untuk Napoli pada 2014--2022. Koulibaly tampil sebanyak 317 laga dengan mengemas 14 gol dan 8 assist bagi Napoli.

Sang pemain pernah mempersembahkan trofi Supercoppa Italia pada 2014/2015 dan Coppa Italia pada 2019/2020. Sayangnya, ia harus hengkang pada Juli 2022 untuk bergabung dengan Chelsea. Jika saja Koulibaly bertahan, maka mungkin dia akan mendapatkan gelar juara Serie A yang didapat Napoli pada 2022/2023 lalu.

2. Karim Zedadka dipromosikan dari tim junior Napoli

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore TerbaruKarim Zedadka (instagram.com/k.zedadka)

Karim Zedadka adalah pemain Aljazair yang dipromosikan dari tim junior Napoli. Pemain yang saat ini berusia 23 tahun ini juga menjadi bagian dari skuad Napoli yang meraih gelar juara Serie A 2022/2023 lalu. Saat itu, ia tampil sebanyak tiga kali untuk Il Partenopei.

Sayangnya, Karim Zedadka kesulitan menembus skuad utama Napoli. Persoalan itu membuatnya harus rela hengkang secara gratis pada bursa transfer musim panas 2023 lalu. Klub yang merekrutnya adalah klub asal Luksemburg, Swift Hesperange.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Perpanjang Kontrak di Napoli

3. André-Frank Zambo Anguissa masih bermain untuk Napoli

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore TerbaruFrank Zambo Anguissa (sscnapoli.it)

Zambo Anguissa adalah gelandang asal Kamerun yang bergabung dengan Napoli pada Agustus 2021 lalu dari Fulham. Saat itu ia masih berstatus pinjaman hingga akhirnya dipermanenkan pada Juli 2023. Sang pemain membuktikan kelayakannya setelah dipermanenkan Napoli.

Secara keseluruhan, Anguissa sudah memainkan 97 laga dengan mengoleksi 5 gol serta 10 assist untuk Il Partenopei. Ia juga menjadi andalan Napoli saat meraih scudetto atau gelar juara Serie A Italia pada 2022/2023 lalu. Saat itu, sang pemain tampil 45 kali dengan mengemas 4 gol dan 8 assist.

4. Victor Oshimen menjadi mesin gol Napoli saat ini

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore TerbaruVictor Oshimen (twitter.com/en_sscnapoli)

Dalam daftar ini, Victor Oshimen mungkin pemain yang paling berpengaruh untuk Napoli. Ia menjadi salah satu rekrutan tersukses klub berjuluk Il Partenopei itu. Pemain asal Nigeria ini dibeli dari LOSC Lille pada September 2020 lalu.

Secara keseluruhan, Oshimen tampil sebanyak 119 kali dengan mencetak 67 gol serta 17 assist. Salah satu musim terbaiknya terjadi pada 2022/2023. Kala itu, ia mencetak 31 gol dan 5 assist dari 39 laga di semua kompetisi. Torehan tersebut sekaligus menjadikannya top scorer Serie A 2022/2023. Prestasi tersebut disempurnakan melalui raihan scudetto untuk tim yang bermarkas di Diego Armando Maradona Stadium itu.

5. Hamed Traore bergabung dengan Napoli pada Januari 2024

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Napoli, Traore TerbaruHamed Traore (instagram.com/officialsscnapoli)

Hamed Traore adalah nama terbaru dalam daftar ini. Ia bergabung dengan Napoli pada 17 Januari 2024 lalu. Napoli merekrut sang pemain dengan status pinjaman. Masa peminjamannya baru akan berakhir pada Juni 2024 nanti. Il Partenopei juga memiliki opsi pembelian permanen dengan mahar 25 juta euro atau sekitar Rp 426 miliar.

Hamed Traore sebelumnya bermain untuk AFC Bournemouth. Gelandang serang berkebangsaan Pantai Gading itu tampil 6 kali dengan mengemas 1 gol untuk Bournemouth di semua kompetisi pada 2023/2024 ini. Meski tidak terlalu menonjol, Napoli tetap merekrut Traore sebagai salah satu pemain muda berbakat. Italia sendiri bukan negara yang asing bagi sang pemain. Traore sebelumnya pernah membela Empoli dan Sassuolo.

Dengan bergabungnya Hamed Traore, Napoli kini memiliki tiga pemain dari Afrika. Para pemain tersebut tentu diharapkan memenuhi ekspektasi. Terlebih lagi, Napoli tampil inkonsisten pada 2023/2024 ini.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub Lain

Ridwan Photo Verified Writer Ridwan

Zzz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya