4 Pemain ASEAN di Liga 1 yang Tampil Impresif pada 2023

Pemain ASEAN punya potensi hebat

Liga 1 Indonesia telah menerapkan regulasi baru pada 2023/2024 ini. Slot untuk pemain asing bertambah menjadi 6 pemain dengan 1 di antaranya adalah pemain ASEAN. Regulasi baru tersebut mengharuskan klub-klub yang ada untuk merekrut setidaknya satu pemain dari Asia Tenggara.

Regulasi itu melahirkan beberapa pemain ASEAN yang dianggap sebagai rekrutan terbaik. Kualitas mereka tidak kalah baik dengan pemain asing yang lain. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah empat pemain ASEAN di Liga 1 yang tampil impresif pada 2023.

1. Jacob Mahler menjadi andalan Madura United

4 Pemain ASEAN di Liga 1 yang Tampil Impresif pada 2023Jacob Mahler (instagram.com/jacob.mahler)

Jacob Mahler adalah gelandang bertahan berkebangsaan Singapura yang direkrut Madura United pada Juli 2023 lalu. Pemain 23 tahun ini langsung mendapatkan kepercayaan dari Sang Pelatih. Mahler sejauh ini sudah memainkan 20 pertandingan dan menyumbang 1 gol di Liga 1 2023/2024. 

Performa Jacob Mahler sampai membuat pelatih Timnas Singapura, Takayuki Nishigaya, rela datang ke Indonesia hanya untuk melihat permainannya. Adapun Madura United kini berada di posisi kelima klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 35 poin. Laskar Sape Kerrab sempat menduduki peringkat pertama pada pekan-pekan awal Liga 1 2023/2024 bergulir.

Jacob Mahler sebelumnya bermain bersama klub lokal Singapura, Young Lions. Mahler bermain sebanyak 71 kali dan mencetak 9 gol serta 1 assist untuk klub yang bermain di Singapore Premier League itu. Konsistensinya dianggap sebagai pemicu mengapa Madura United meminatinya.

2. Elias Dolah menunjukkan kematangannya

4 Pemain ASEAN di Liga 1 yang Tampil Impresif pada 2023Elias Dolah (kanan) (twitter.com/BaliUtd)

Elias Dolah adalah bek tengah asal Thailand yang bergabung dengan Bali United pada Juli 2023 lalu. Ia menjadi andalan Serdadu Tridatu sejak awal kedatangannya. Pemain berusia 30 tahun itu sudah memainkan 26 laga dan mencetak 3 gol untuk Bali United di semua kompetisi. 

Bali United kini berada di posisi kedua klasemen sementara Liga 1. Namun, mereka harus terseok-seok di kompetisi AFC Cup. Meskipun begitu, performa Elias Dolah tetap menjanjikan. Pasalnya, ia memiliki pengalaman bersama dua klub Thailand, Songkhla United dan Port FC. Dolah bahkan meraih gelar juara Thailand Cup bersama Port FC pada 2018/2019.

Baca Juga: Liga 1 Belum Pakai VAR di Februari 2024

3. Privat Mbarga subur bersama Bali United

4 Pemain ASEAN di Liga 1 yang Tampil Impresif pada 2023Privat Mbarga (kanan) (twitter.com/BaliUtd)

Berbeda dari dua nama sebelumnya, Privat Mbarga bukanlah pemain yang direkrut Bali United untuk mengisi slot pemain ASEAN. Ia sebelumnya memiliki kewarganegaraan Kamerun. Namun, Sang Pemain memutuskan untuk melakukan naturalisasi menjadi warga negara Kamboja saat Liga 1 2023/2024 berlangsung. 

Privat Mbarga sendiri sudah tidak asing dengan Kamboja. Ia sebelumnya pernah membela enam klub berbeda di sana, yang secara tidak langsung membuatnya memenuhi syarat untuk naturalisasi. Klub-klub Kamboja yang pernah dibela Privat Mbarga adalah Boeung Ket, Phnom Penh, Cambodian Tiger, Nagaworld FC, Asia Euro United, dan Svay Rieng. Dengan kewarganegaraan barunya, ia praktis menjadi salah satu pemain ASEAN yang bersaing di Liga 1 2023/2024. 

Privat Mbarga direkrut Bali United pada Desember 2021. Ia kemudian menjadi pemain penting di lini depan Serdadu Tridatu. Pemain 31 tahun itu sudah mencetak 27 gol dan 21 assist dari 84 pertandingan bersama Bali United. Pada 2023/2024 ini, Mbarga sudah mencetak 6 gol dan 4 assist di semua ajang.

4. Paulo Gali Freitas menjadi idola baru penggemar

4 Pemain ASEAN di Liga 1 yang Tampil Impresif pada 2023Paulo Gali Freitas (twitter.com/psisfcofficial)

Paulo Gali Freitas adalah penyerang asal Timor Leste yang disebut-sebut sebagai wonderkid-nya PSIS Semarang. Tidak berlebihan menyebutnya wonderkid. Pemain 18 tahun itu sudah mengemas 9 gol dan 4 assist dari 21 penampilannya bersama Laskar Mahesa Jenar. 

Dengan torehan tersebut, Gali Freitas membawa PSIS berada di posisi keempat klasemen sementara Liga 1. Jika mampu bertahan di posisi tersebut, Laskar Mahesa Jenar memiliki potensi untuk meraih gelar juara. Liga 1 2023/2024 ini menerapkan format championship series. Format tersebut akan mempertemukan kembali klub-klub empat besar untuk menentukan juara.

Pemain-pemain ASEAN menjadi salah satu andalan untuk klub-klub Liga 1. Tradisi tersebut sudah dimulai sejak dahulu. Nama-nama seperti Safee Sali dan Noh Alam Shah adalah beberapa contohnya. Kini tinggal menunggu ada yang melanjutkan kesuksesan mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Baru di Putaran Kedua Liga 1 2023/2024

Ridwan Photo Verified Writer Ridwan

Zzz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya