Akram Afif, Eks Villarreal yang Memukau di Piala Asia 2023

Mesin gol Timnas Qatar

Timnas Qatar gemilang di Piala Asia 2023. Selaku tuan rumah, negara dengan julukan The Maroon ini mampu melenggang ke babak 16 besar. Ini terjadi selepas mereka digdaya dengan menyapu bersih kemenangan pada babak penyisihan Grup A.

Keberhasilan Qatar tentu tidak lepas dari kesolidan antarpemain yang terjalin di atas lapangan. Terutama dalam urusan mencetak gol, cukup banyak pemain mereka yang produktif. Salah satunya adalah Akram Afif, bomber berusia 27 tahun. Eks penggawa Villarreal ini menggila dengan memborong nyaris seluruh gol Qatar di Piala Asia 2023.

1. Jebolan akademi Sevilla dan Villarreal

Akram Afif, Eks Villarreal yang Memukau di Piala Asia 2023Akram Afif (instagram.com/qfa)

Akram Afif merupakan pemain yang lahir di Doha, Qatar. Pemain kelahiran 18 November 1996 itu dikenal sebagai pemain yang andal mengisi sektor striker maupun flank. Akan tetapi, Afif mempunyai posisi favorit sebagai pemain sayap kiri.

Afif mengawal karier junior di Al Sadd SC pada 2012. Setelah berkostum tim jempolan Qatar itu, ia lalu mencari peruntungan di Sevilla U-19. Nahas, sang pemain tidak menjalani perjalanan yang mudah selama meniti karier di Spanyol.

Afif sempat berulang kali pulang pergi dari Spanyol ke Qatar dengan memperkuat Al Sadd SC lagi. Walau demikian, dirinya tetap memperoleh pengalaman positif dari kejadian tersebut. Afif sempat bergabung bersama klub Spanyol lainnya, Villarreal U-19, pada 2019.

2. Melanglang buana ke Liga Qatar, Belgia, dan Spanyol

Akram Afif, Eks Villarreal yang Memukau di Piala Asia 2023Akram Afif (instagram.com/qfa)

Akram Afif dikenal sebagai pemain yang memiliki jam terbang tinggi. Itu terbukti seusai ia pernah berkiprah di beberapa negara sepanjang kariernya. Afif pernah mencicipi atmosfer sepak bola di Liga Qatar, Belgia, hingga Spanyol.

Menariknya, Afif hanya memperkuat satu klub di Qatar. Pengabdiannya ditujukan kepada Al Sadd SC saja. Meski begitu, Afif menjalani periode yang tidak sebentar. Ia berkostum Al Sadd pada 2012, 2014, 2016. Bahkan, ia bertahan lama selama 2 periode pada 2018—2020 dan 2021—2024.

Senada dengan Qatar, Afif juga akrab dengan sepak bola Spanyol. Ini terbukti usai dirinya pernah membela banyak klub, seperti tim akademi Sevilla dan Villarreal. Bahkan, Afif sempat memperkuat tim senior Villarreal dan Sporting de Gijon.

Belgia pun tidak luput menjadi negara pelabuhan karier Afif. Di sana, ia sempat berkiprah bersama KAS Eupen, klub kasta teratas Liga Belgia. Afif sendiri melakoninya dalam 2 periode, pada 2015—2016 dan 2017—2018.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua pada Fase Grup Piala Asia 2023, Kesempatan Terakhir?

3. Pemain hebat yang dibekali segudang prestasi

Akram Afif, Eks Villarreal yang Memukau di Piala Asia 2023Akram Afif (instagram.com/qfa)

Tak hanya kenyang pengalaman, Akram Afif dikenal sebagai pemain yang berprestasi pula. Ia sudah mengoleksi total 14 prestasi, baik dalam level klub, negara, ataupun individu. Afif menjadi salah satu pemain hebat yang dimiliki Qatar.

Setidaknya, Afif telah menyumbang sembilan trofi untuk Al Sadd SC. Rinciannya, ada 3 trofi Liga Qatar, 2 Piala Qatar, 2 Piala Liga Qatar, 1 Piala Bintang Qatar, dan 1 Piala Super Qatar. Afif meraih kesuksesan besar di Al Sadd.

Tidak hanya itu, Afif juga meraup tiga gelar individu bersama Al Sadd. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik sebanyak dua kali pada 2018/2019 dan 2019/2020. Kemudian, merengkuh predikat top skor Liga Qatar pada 2019/2020.

Prestasi Afif tak kalah hebatnya di level timnas. Ia pernah mengantarkan Qatar juara Piala Asia 2019. Di lain sisi, Afif menyabet gelar top skor bersama tim junior Qatar di WAFF U-23 Championship 2014/2015. 

4. Akram Afif jadi mesin gol Qatar di Piala Asia 2023

Akram Afif, Eks Villarreal yang Memukau di Piala Asia 2023Akram Afif (instagram.com/qfa)

Saat ini, Akram Afif sedang berjuang bersama Timnas Qatar di Piala Asia 2023. Hebatnya, mereka jadi salah satu negara yang diunggulkan juara setelah lolos ke babak 16 besar. Capaian itu pun tidak luput dari kontribusi Afif sebagai pemain tersubur Qatar.

Afif menyumbang 3 gol dari total 5 gol yang dibukukan Qatar pada babak penyisihan Grup A Piala Asia 2023. Dirinya menjadi tulang punggung negaranya untuk menorehkan sebuah kemenangan. Kini, torehan Afif itu sudah menambah catatan positifnya bersama Qatar. Ia mengumpulkan sedikitnya 27 gol dari 94 caps di semua ajang internasional.

Akram Afif berkesempatan menggapai prestasi lagi bersama Timnas Qatar di Piala Asia 2023. Hanya saja, mereka harus melewati adangan Palestina pada fase 16 besar, Senin (29/1/2024). Jika menang, maka asa Qatar untuk juara terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Pemain EPL yang Menjadi Kapten Piala Asia dan Piala Afrika 2023

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya