3 Bintang Baru yang Bawa Arsenal Menangi Community Shield 2023

Arsenal juara setelah mengalahkan Manchester City

Arsenal berhasil menjuarai Community Shield 2023. Mereka juara setelah mengalahkan tim besutan Pep Guardiola, Manchester City. The Gunners menang lewat adu penalti (4-1) usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2023) waktu setempat.

Arsenal merengkuh kesuksesan ini dengan susah payah. Mereka baru mencetak gol pada menit akhir babak kedua. Itu pun gol penyama kedudukan setelah tertinggal lebih dahulu dari Manchester City. Namun, Arsenal tetap keluar sebagai juara.

Arsenal terlihat memainkan semua pemain baru di final Community Shield 2023. Menariknya, The Gunners langsung memasukkan mereka ke dalam starting lineu-p melawan Manchester City. Lantas, siapa saja bintang baru yang bawa Arsenal menangi Community Shield 2023 itu?

1. Kai Havertz hampir bermain penuh di Community Shield 2023

3 Bintang Baru yang Bawa Arsenal Menangi Community Shield  2023Kai Havertz (instagram.com/kaihavertz29)

Kai Havertz menyabet gelar juara perdana bersama Arsenal setelah memenangi Community Shield 2023. Pemain yang baru dibeli dari Chelsea ini berperan di sektor depan. Melawan Manchester City, ia hampir bermain penuh sebelum akhirnya diganti pada akhir babak kedua.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memberi pujian atas debut impresif Havertz. "Ia adalah pemain hebat yang cerdas memahami ruang tertentu dalam waktu yang tepat. Namun, ia tak beruntung gagal mencetak gol dalam laga final ini," ujarnya seperti dikutip Bein Sports.

Havertz bermain sebagai target man di Community Shield 2023. Ia menggantikan peran Gabriel Jesus yang cedera. Havertz sebenarnya tampil tak terlalu buruk sebagai striker tunggal. Namun, ia masih gagal memanfaatkan tiap peluang menjadi gol.

Havertz diperkirakan akan bermain di posisi asli saat Jesus pulih. Ia biasa bermain di sektor gelandang serang, bersaing dengan Martin Odegaard. Havertz diberi tugas menguasai dua peran ini di Arsenal jelang mengarungi kompetisi panjang.

Baca Juga: 5 Klub yang Terkena Kutukan Community Shield, Arsenal Berikutnya? 

2. Declan Rice berusaha membuktikan harga mahalnya di Arsenal

3 Bintang Baru yang Bawa Arsenal Menangi Community Shield  2023Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Arsenal mendatangkan gelandang bertalenta asal Inggris dengan harga selangit pada 2023. Ia adalah Declan Rice, pemuda 24 tahun yang dibeli seharga 116,6 juta euro (Rp1,9 triliun) dari West Ham United. Arsenal menjadikannya sebagai salah satu sejarah transfer termahal English Premier League (EPL).

Rice berperan atas keberhasilan Arsenal menjuarai Community Shield 2023. Ia bahkan bermain hampir 90 menit sebelum akhirnya diganti melawan Manchester City. Capaian ini jadi kesuksesan kedua Rice setelah merajai UEFA Europa League 2022/2023 bersama West Ham musim lalu.

Dikutip Football London, Rice merasa berkembang usai memenangi trofi Community Shield 2023. Berstatus pemain baru, ia mendapat banyak pelajaran dari sang arsitek, Mikel Arteta. Rice ingin berkembang terus di Arsenal.

Sebenarnya, transfer mahal Rice sempat memunculkan kecaman dari legenda Manchester United, Roy Kane. Ia berkata Arsenal terlalu banyak menggelontorkan uang untuk Rice. Namun, anggapan ini tidak berlaku bagi mantan legenda Timnas Inggris, Stuart Pearce.

"Ia akan menjadi pemain masa depan Arsenal. Ia adalah gelandang bertahan yang ahli, memahami tugasnya sebagai pemutus serangan di garis tengah. Ia bisa berkembang lebih pesat di Arsenal", ujar Stuart Pearce di Talk Sports.

3. Jurrien Timber tampil beda dengan mengisi posisi bek kiri

3 Bintang Baru yang Bawa Arsenal Menangi Community Shield  2023Jurrien Timber (instagram.com/jurrientimber)

Pemain berpaspor Belanda, Jurrien Timber, jadi rekrutan Arsenal terakhir yang berjasa atas trofi Community Shield 2023. Pemain yang baru diboyong dari Ajax Amsterdam ini berkontribusi di lini pertahanan. Perannya krusial di posisi bek sayap kiri.

Menghadapi Manchester City, Timber dipercaya tampil sejak awal laga di final. Pemain berusia 22 tahun ini hampir bermain penuh sebelum akhirnya ditarik keluar pada paruh babak kedua. Itu menandakan debut Timber berjalan positif di Arsenal.

Dilansir Give Me Sports, Mikel Arteta berencana memainkan Timber di pos bek kanan sepanjang 2023/2024. Namun, pelatih The Gunners itu mencobanya di bek kiri saat melawan Machester City di Community Shield 2023. Timber tampak bermain bagus di posisi barunya itu. Maka, ini akan jadi pertimbangan lain bagi Arteta.

Kai Havertz, Declan Rice, Jurrien Timber sukses mempersembahkan trofi Community Shield kedua bagi Arsenal dalam 5 edisi terakhir. Sebelumnya, Arsenal di bawah arsitek Mikel Arteta juga merajai kompetisi ini pada 2020 lalu. Mampukah ketiganya kembali membawa Arsenal menjuarai kompetisi lainnya pada 2023/2024 nanti?

Baca Juga: Daftar Juara Community Shield Sejak Tahun 1908-2023, Terbaru Arsenal

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya