Brasil Juara FIFA Beach Soccer World Cup 2024, Iran Juara Ke-3

Brasil jadi negara dengan koleksi trofi terbanyak

FIFA Beach Soccer World Cup alias Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024 yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, telah rampung digelar. Ada satu negara yang berhasil keluar sebagai juara saat ini. Mereka adalah Brasil.

Tim Negeri Samba juara setelah mengempaskan perlawanan negara Eropa, Italia, pada partai final Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. Mereka menang dengan skor yang meyakinkan. Sementara itu, wakil Asia, Iran, memastikan diri sebagai juara ketiga dalam kejuaraan yang berjalan pada edisi ke-12 tersebut.

1. Brasil juara usai mengempaskan Italia di final Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024

Brasil Juara FIFA Beach Soccer World Cup 2024, Iran Juara Ke-3Brasil juara Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. (dok. instagram.com/fifaworldcup)

Keperkasaan Brasil amat tampak ketika melawan Italia pada partai final Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. Mereka menang dengan kedudukan sengit 6-4 di Stadion Distrik Desain Dubai, Minggu (25/2/2024). Itu membuat Italia keluar sebagai runner-up saja dalam kejuaraan yang berlangsung di Uni Emirat Arab ini.

Rodrigo menjadi bintang kemenangan Brasil dalam pertandingan puncak kontra Italia di Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. Bagaimana tidak, ia berhasil mengukir hattrick untuk Tim Samba. Rodrigo akhirnya dinobatkan sebagai Man of The Match (MoTM) setelah merobek jala Italia sebanyak tiga kali.

Rodrigo pun menangis bahagia atas kontribusi luar biasanya untuk Brasil. "Sulit untuk menggambarkan perasaan saya. Saya sangat emosional, sangat, sangat bahagia," kata Rodrigo menukil situs resmi FIFA.

Di satu sisi, Italia tetap bangga meski gagal mengalahkan Brasil. "Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit dan memang demikian. Kami memberikan segalanya. Namun, saya yakin kini semua orang tahu bahwa timnas Italia adalah kekuatan yang patut diperhitungkan," kata Josep Junior, pemain Timnas Sepak Bola Pantai Italia.

2. Iran keluar sebagai juara ketiga usai melumat Belarus dengan skor menohok 6-1

Brasil Juara FIFA Beach Soccer World Cup 2024, Iran Juara Ke-3Iran (putih) dalam laga perebutan gelar juara ketiga kontra Belarus di Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. (instagram.com/fifaworldcup)

Satu wakil Asia turut meramaikan gelaran partai pamungkas Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. Negara itu adalah Iran. Mereka berhasil merebut gelar juara ketiga dalam kejuaraan dunia ini.

Kesuksesan Iran terjadi setelah menaklukkan perlawanan Belarus tanpa ampun. Mereka mencukur habis negara asal Eropa Timur dengan skor akhir 6-1 di Stadion Distrik Desain Dubai, Minggu (25/2/2024). Itu jelas menjadi prestasi yang diharapkan oleh Iran.

"Kami ingin memenangkan turnamen ini. Kami kesal karena tidak melakukannya, tapi kami berusaha sangat keras untuk finis ketiga hari ini. Kami memiliki pengetahuan yang baik tentang tim Belarusia, yang membantu kami memenangkan pertandingan,” ujar Mohammad Masoumi, pemain Iran.

Menariknya, kemenangan besar Iran atas Belarus ternyata menambah catatan buku sejarah Piala Dunia Sepak Bola Pantai. Ini menjadi salah satu kemenangan terbesar yang pernah tercipta untuk pertandingan perebutan gelar juara ketiga. Itu mengingatkan kemenangan telak Portugal atas Uruguay 14-7 di Dubai kisaran 15 tahun lalu.

3. Brasil mengoleksi total enam trofi dalam sejarah Piala Dunia Sepak Bola Pantai

Brasil Juara FIFA Beach Soccer World Cup 2024, Iran Juara Ke-3Brasil juara Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. (fifa.com)

Brasil menambah pundi-pundi trofinya setelah menjuarai Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024. Kini, mereka telah mengumpulkan total enam trofi. Brasil menjadi negara paling sukses dalam kejuaraan yang berlangsung pada edisi ke-12 tersebut.

"Kami sangat senang bisa memenangkan gelar keenam. Sekarang kami telah memberikan masalah yang bagus kepada federasi: di mana memasangkan bintang keenam di seragam ini," ungkap Rodrigo, bintang kemenangan Brasil atas Belarus.

Bila dirincikan, prestasi pertama Brasil terjadi di Piala Dunia Sepak Bola Pantai edisi ke-2 pada 2006. Mereka berikutnya juara berturut-turut pada 2007, 2008, dan 2009. Sementara itu, dua kemenangan terakhir Basil tercipta pada edisi 2017 dan 2024.

Piala Dunia Sepak Bola Pantai merupakan sebuah kompetisi yang digelar tiap 2 tahun sekali oleh FIFA sejak 2009. Negara manakah yang bakal jadi kampiun pada periode selanjutnya?

Baca Juga: 4 Negara yang Lolos Semifinal Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2024

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya