5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPL

Laga debut Cody Gakpo di EPL?

Laga berat harus dilewati Brighton and Hove Albion saat menjamu Liverpool di Amex Stadium, Sabtu (14/1/2023). Bukan tanpa alasan, keduanya saat ini merupakan penghuni papan menengah ke atas di papan klasemen sementara English Premier League (EPL) 2022/2023.

Brighton berada di peringkat ke-8, sementara Liverpool bertengger di peringkat ke-6. Intip dulu sejumlah catatan menarik jelang duel Brighton and Hove Albion lawan Liverpool lewat ulasan berikut, ya!

1. Penantian debut Cody Gakpo di EPL

5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPLCody Gakpo saat debut bersama Liverpool dalam laga melawan Wolverhampton Wanderers di Piala Carabao 2022/2023. (instagram.com/liverpoolfc)

Bagi penggemar Liverpool, pertandingan menghadapi Brighton and Hove Albion di pekan 20 EPL 2022/2023 jadi momen yang ditunggu-tunggu. Hal ini terjadi lantaran mereka menantikan debut Cody Gakpo di ajang tertinggi Liga Inggris tersebut.

Cody Gakpo sendiri merupakan winger muda berdarah Belanda yang baru direkrut Liverpool pada bursa musim dingin 2022/2023. Ia direkrut berkat performa hebatnya saat unjuk gigi di Piala Dunia 2022 Qatar. Liverpool merekrutnya seharga 42 juta euro (Rp697 juta).

Pastinya, peluang Cody Gakpo untuk debut bersama Liverpool sangat besar ketika bertemu Brighton and Hove Albion nanti. Hal itu didukung lantaran dua winger andalan Liverpool, Luis Diaz dan Diogo Jota, masih mengalami cedera.

2. Tiga bomber Liverpool tersedia

5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPLDarwin Nunez sebagai salah satu striker Liverpool yang mulai tampil hebat pada musim 2022/2023. (instagram.com/liverpoolfc)

Tiga andalan di lini depan Liverpool diprediksi bakal tersedia saat melawat ke markas Brighton and Hove Albion di pekan 20 EPL 2022/2023. Ketiga nama itu di antaranya, Mohamed Salah, Darwin Nunez, serta Roberto Firmino.

Kendati demikian, ketiga mesin gol Liverpool tersebut tak dapat dipastikan apakah bakal dipasang sebagai starter. Namun, ketersediaan Salah, Nunez, dan Firmino tentu bakal melengkapi kekuatan di lini serang Liverpool.

Baca Juga: 5 Kemenangan Brighton di EPL pada Awal 2022/2023, Tampil Mengejutkan!

3. Rekor apik Brighton atas Liverpool belakangan

5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPLBrighton and Hove Albion saat menghadapi Middlesbrough di Piala FA 2022/2023. (instagram.com/officialbhafc)

Brighton and Hove Albion menjadi salah satu klub yang cukup membayang-bayangi ketidakpastian Liverpool belakangan. Dikatakan seperti itu karena The Seagulls sempat menuai rekor apik ketika bertandang ke Anfield Stadium selama di EPL.

Liverpool sendiri gagal mendulang kemenangan sebanyak tiga kali dalam tiga pertemuan terakhir di kandang sendiri atas Brighton and Hove Albion. Terbaru, The Reds bermain imbang 3-3 di putaran pertama EPL musim 2022/2023.

Liverpool kembali meraih hasil cukup buruk setelah bermain imbang 2-2 atas Brighton pada 30 Oktober 2021 dan kalah 0-1 pada 3 Februari 2021. The Seagulls tentunya dapat menggunakan rekor apik itu sebagai modal lebih kala bertemu Liverpool di pekan 20 EPL 2022/2023 nanti.

4. Brighton menang tiga kali saja di kandang

5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPLBrighton and Hove Albion dalam laga menghadapi Middlesbrough di Piala FA 2022/2023. (instagram.com/officialbhafc)

Brighton and Hove Albion sayangnya masih memiliki catatan buruk lain meski menorehkan rekor cukup apik kala bersua Liverpool. The Seagulls diketahui bermain cukup buruk saat tampil di kandang sendiri di EPL 2022/2023.

Terbukti, Brighton and Hove Albion hanya mencatatkan 3 kemenangan, 2 hasil seri, 3 kalah dalam 8 laga terakhir di Amex Stadium. Rekor cukup buruk itu tentu saja harus diatasi apabila tidak ingin makin memburuk hingga akhir musim nanti.

Apalagi, kekalahan The Seagulls di kandang sendiri itu terjadi saat melawan tiga klub besar EPL, seperti Arsenal (2-4), Tottenham Hotspur (0-1), dan Aston Villa (1-2). Fakta itu jelas menjadi pertimbangan sendiri ketika menjamu Liverpool di pekan ke-20 nanti.

5. Prediksi kesebelasan utama

5 Catatan Jelang Brighton Vs. Liverpool di Pekan Ke-20 EPLLiverpool saat meraih kemenangan atas Aston Villa di pekan ke-17 EPL 2022/2023. (instagram.com/liverpoolfc)

Brighton and Hove Albion dan Liverpool pastinya bakal mengusung misi yang sama kala bersua di pekan 20 EPL 2022/2023. Torehan tiga poin sempurna tentu saja menjadi target utama bagi keduanya.

Oleh karena itu, The Seagulls dan The Reds dapat dipastikan bakal mempersiapkan nama-nama terbaik sesuai kebutuhan strategi pelatih. Berikut prediksi kesebelasan utama dan formasi kedua klub saat berhadapan nantinya.

Brighton and Hove Albion (4-2-3-1): Robert Sanchez, Tariq Lamptey, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pervis Estupinan, Solly March, Pascal Grob, Adam Lallana, Kaoru Mitoma, Moises Caicedo, Leandro Trossard.

Liverpool (4-3-3): Alisson, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Joel Matip, Trent Alexander-Arnold, Thiago, Fabinho, Harvey Elliott, Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, Darwin Nunez.

Sektor belakang pastinya harus menjadi perhatian tersendiri bagi Brighton and Hove Albion saat bersua Liverpool di pekan ke-20 EPL 2022/2023. Hal ini lantaran calon lawan punya beberapa bintang produktif ditambah Cody Gakpo sebagai pemain baru yang tengah berada pada top performa.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool Termahal pada 2022/2023, Ada Cody Gakpo

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya